hukum sikat gigi saat puasa
Tips Belajar

Bagaimana Hukum Sikat Gigi saat Puasa? Yuk, Cari Tahu!

Saat menjalankan ibadah puasa, salah satu hal yang mungkin membuat kita khawatir ialah bau mulut. Hal inilah yang juga membuat kita ingin sekali menyikat gigi agar napas kembali segar. Namun, ada keraguan muncul dalam hati, terlebih saat kita berpuasa. Sebenarnya bolehkah kita menyikat gigi saat berpuasa? Apa hukum sikat gigi saat puasa? Agar lebih jelas, yuk baca artikel ini sampai habis!

Hukum Sikat Gigi saat Puasa, Apakah Membatalkan Puasa?

Mengutip dari Kompas.com, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang dakwah dan ukhuwah, Cholil Nafis menjelaskan jika sikat gigi pada pagi hari sebelum waktu zuhur gak membatalkan puasa. Justru orang yang berpuasa perlu membersihkan mulutnya. Namun, jika sikat gigi setelah waktu zuhur, maka hukum puasa menjadi makruh. Artinya, gak dianjurkan untuk dilakukan, namun jika dilakukan gak berdosa. Kamu bisa sikat gigi 30 menit setelah sahur dan berbuka agar kesegaran mulut tetap terjaga. Selain itu, saat menyikat gigi saat berpuasa, kamu harus berhati-hati saat berkumur. Jika ada sedikit air yang tertelan, maka puasamu akan batal. Sebaiknya jika kumur-kumur, usahakan gak terlalu lama dan dalam sehingga gak akan ada air yang tertelan.

Cara Mencegah Bau Mulut saat Puasa

Mengutip dari Halodoc, penyebab bau mulut adalah berkurangnya produksi air liur dalam tubuh karena gak adanya cairan yang masuk selama berpuasa sehingga mulut menjadi kering dan menjadi tempat bakteri pada lidah, gigi dan mulut. Untuk mencegah bau mulut saat puasa, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti mengutip dari Hello Sehat. Berikut cara mencegah bau mulut saat puasa yang harus kamu perhatikan!

1. Sikat gigi setelah sahur dan sebelum tidur. Hal ini untuk membersihkan bakteri dari sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Kamu juga bisa memilih pasta gigi yang terbuat dari bahan-bahan herbal. Agar mulut terasa lebih segar, setelah menggosok gigi kamu bisa berkumur dengan obat kumur atau mouthwash.

2. Bersihkan lidah dengan alat pembersih lidah. Lidah merupakan tempat berkumpulnya bakteri-bakteri sehingga kamu harus rajin untuk membersihkannya agar gak mengganggu kesehatan mulutmu.

3. Perbanyaklah minum air putih saat sahur, berbuka dan sebelum tidur. Kamu juga bisa rutin untuk meminum jus buah tanpa gula. Hindari makanan dan minuman yang memiliki kadar gula tinggi.

4. Bersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi atau flossing. Terkadang setelah menyikat gigi, masih ada sisa kotoran yang menyangkut pada sela-sela gigi. Agar gak ada bakteri yang menjadikan gigimu berlubang atau bau mulut, maka dianjurkan untuk membersihkan kotoran tersebut menggunakan benang gigi.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan hukum sikat gigi saat puasa? Kamu juga gak perlu ragu lagi untuk menyikat gigi saat berpuasa. Bau mulut gak hanya karena kurangnya cairan loh, bisa juga dari gigimu yang berlubang. Makanya nih, penting juga menjaga kesehatan mulut dan gigi saat berpuasa.

Baca Juga: Menu Buka Puasa Sehat Agar Tetap Fit Selama Ramadan

Oh iya, selama bulan puasa ini, kamu juga bisa mengisi waktumu dengan ikutan kelas yang bersertifikat di goKampus, loh. Agar gak bosan menunggu waktu berbuka puasa atau bingung melakukan kegiatan apa setelah sahur, yuk cari kelas yang kamu minati dan ikutan kelasnya dengan klik di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *