menu sahur simple
Tips Belajar

Menu Sahur Simple dan Sehat Untuk Menjalani Puasa

Saat menyiapkan sahur, kita cenderung mengonsumsi menu sahur yang simple. Saat kita telat bangun dan terburu-buru menjalani sahur, kita cenderung memakan makanan olahan dan menu cepat saji agar tidak memakan waktu banyak. 

Misalnya, mi instan, sarden kalengan, hingga memesan makanan dari gerai cepat saji (fast food). Namun, jenis makanan ini sebenarnya kurang pas untuk menjadi menu sahur. Kandungan gizinya kurang bagus, sehingga tubuhmu bisa gak kuat dalam menjalani puasa selama belasan jam berikutnya.

Baca Juga: Sejarah dan Arti Sahur, Bagian Penting Dalam Ibadah Puasa

Beberapa Menu Sahur Simple, Tapi Tetap Menyehatkan

Oatmeal Kurma Pisang

Oatmeal adalah salah satu jenis makanan yang cocok saat berpuasa. Sebab, oatmeal memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang diserap lebih lambat oleh tubuh, sehingga kita gak cepat lapar saat berpuasa selama belasan jam. Tapi makan oatmeal saja rasanya mungkin membosankan, sehingga kamu bisa menambahkan kurma dan pisang sebagai pelengkap.

Sup Kacang Merah

Sup kacang merah merupakan menu sahur yang memiliki kandungan lengkap. Menu ini memiliki kandungan protein dan karbohidrat untuk menjaga tubuh dari rasa lapar. Sup kacang merah juga memiliki kandungan protein, karbohidrat, vitamin c, vitamin b, dan folat. Lengkap banget, kan.

Telur Gulung

Fungsi protein adalah cadangan energi pada tubuh. Jadi, protein harus ada dalam menu sahur agar kamu gak lemas saat berpuasa. Telur merupakan salah satu sumber protein yang murah dan mudah mengolahnya. Untuk melengkapi menu sahurmu, kamu bisa membuat telur gulung sebagai variasi lauk yang kaya akan protein. 

Salad

Sebelum salat Subuh, ada baiknya kamu mengonsumsi salad. Isi salad bisa bermacam-macam, dari sayur, buah-buahan, hingga sumber protein seperti telur rebus dan dada ayam rebus. Agar rasa salad lebih enak, kamu bisa menambahkan dressing seperti minyak zaitun, minyak wijen, honey mustard, hingga thousand island.

Bubur Ayam

Menyiapkan bubur rasanya cukup mudah, kamu tinggal menggunakan nasi sisa berbuka puasa. Jangan lupa tambahkan topping yang sehat seperti dada ayam rebus agar kandungan protein juga tetap terjaga.

Nah, menu-menu sahur tersebut simple dan tetap sehat kan? Jangan lupa untuk menyalakan alarm dan bangun tepat waktu, agar kamu tidak terburu-buru dan terpaksa memakan makanan yang kurang menyehatkan.

Mari kita selalu bersiap untuk sahur setiap hari agar tubuh senantiasa sehat selama menjalani ibadah. Bagi kamu yang menjalani puasa Ramadhan, semoga puasanya lancar ya! Jangan lupa untuk selalu meningkatkan skill dan menambah ilmu meski di bulan Ramadhan ya.

Kamu bisa mendapatkan kemudahan belajar secara online di goKampus. Dengan ikutan kursus online di goKampus, skill meningkat, dapat sertifikat siap kerja. Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *