“Kerjalah Ilmu Sampai Ke Negeri Cina”. Sebuah pepatah yang menegaskan bahwa meraih ilmu itu tidak ada batasnya. Raihlah ilmu setinggi-tingginya. Dengan status pendidikan tinggi, kesempatan penghidupan yang layak di masa depan akan diraih. Sekaligus pula menjawab berbagai permasalahan yang sebelum, tengah dan sesudah terjadi.

Pepatah yang pula menjadi motivasi bagi sebagian pelajar untuk mengenyam pendidikan tinggi di negeri orang. Tidak sedikit yang bermimpi untuk bisa kuliah di luar negeri. Namun, tak banyak yang berhasil mewujudkan impian tersebut karena terkendala biaya.

Baca Juga: 9 Negara Paling Populer untuk Melanjutkan Berkuliah

Seperti diketahui bersama bahwa mengenyam pendidikan tinggi itu membutuhkan dana yang jumlahnya begitu banyak. Terlebih lagi, inflasi dana pendidikan terus terjadi setiap tahunnya hingga membuat biaya kuliah di luar negeri bertambah besar.

Namun di era informatika sekarang ini, tidak ada lagi cerita bahwa seorang anak buruh atau anak petani yang tidak bisa kuliah di luar negeri. Semua pelajar dapat mewujudkan impian tersebut, tanpa terkecuali.

Jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan yang selalu hadir. Maksimalkan setiap kesempatan tersebut untuk menggapai cita-cita. Termasuk ketika kesempatan beasiswa kuliah luar negeri datang.

Memang bukan pekerjaan yang mudah untuk meraih beasiswa luar negeri. Tapi dengan menyimak 2 kunci sukses berikut ini, dijamin peluang kamu akan meningkat hingga pada akhirnya dinyatakan lolos beasiswa.

2. Tekad Yang Kuat Jadi Modal Berharga

Tanpa tekad yang kuat, jangan berharap mimpi kamu menjadi sebuah kenyataan. Begitu juga dengan impian kuliah luar negeri dengan beasiswa. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bertekad sungguh-sungguh. Jangan setengah-setengah dalam melakukan sesuatu hal.

Tekad kuat dapat diartikan sebagai pondasi. Tanpa pondasi yang kuat, sebuah bangunan tentu saja akan mudah roboh. Itulah mengapa sangat penting kamu memiliki motivasi besar. Yakinkan diri sendiri bahwa kamu dapat mewujudkan segala impian. Termasuk juga untuk mengenyam pendidikan tinggi di negeri orang dengan bantuan dana pendidikan.

Tekad yang kuat pula menjadi modal berharga ketika menjalani serangkain seleksi beasiswa. Kamu tidak akan mudah goyah ketika menghadapi tantangan demi tantangan dalam menggapai beasiswa kuliah di luar negeri.

Untuk itu, mulailah berlatih untuk meningkatkan motivasi. Caranya, lihatlah ke dalam diri kamu sendiri, sebenarnya apa yang ingin kamu perbuat dan hasilkan untuk lingkungan sekitar, termasuk di dalamnya keluarga, khususnya orang tua.

2. Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Tekad yang kuat tentu saja tidak cukup untuk meraih beasiswa kuliah di luar negeri. Wajib hukumnya untuk dibarengi dengan usaha yang sepadan, salah satunya adalah meningkatkan kemampuan berbahasa asing, dalam hal ini Bahasa Inggris.

Seperti diketahui bersama bahwa Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional, bahasa yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar. Itu artinya, bagaimana kamu dapat memahami materi yang disampaikan dosen di ruangan kelas apabila tidak memahami bahasa yang dosen gunakan.

Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bukan lagi hal yang sulit di era informatika seperti sekarang ini. Kamu dapat memanfaatkan platform Youtube untuk berlatih berbahasa Inggris melalui ragam video-video tutorial. Atau bisa juga mengikuti program les bahasa Inggris yang proses belajarnya akan dibimbing langsung oleh tenaga pengajar profesional.

Untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki, kamu bisa mengikuti tes TOEFL ataupun IELTS. Tes yang menghasilkan sertifikat dan menjadi syarat wajib dalam mengajukan program beasiswa luar negeri, meski ada pula beberapa beasiswa kuliah luar negeri tanpa syarat TOEFL dan IELTS.

Ingin urusan kampus beres hanya dalam genggaman tangan? Langsung saja download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store! Aplikasi yang tidak hanya menyediakan informasi event kampus, magang, dan dana pendidikan saja, tetapi juga seputar beasiswa hingga pendaftaran kuliah. Jadi tunggu apalagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like