manfaat organisasi himpunan mahasiswa
goKampus Tips Belajar Upskill

Yuk Uji Coba Tes Kecerdasan Manusia

Kamu pernah mendengar tentang tes kecerdasan manusia kan? Tes kecerdasan manusia bisa dikategorikan dan diartikan berbeda-beda loh guys. Ada yang menyebut tes kecerdasan manusia itu adalah tes kepribadian psikologi, ada juga yang menganggap tes kecerdasan manusia itu adalah berbagai jenis kecerdasan yang ada di manusia. Nah, daripada kamu bingung, gimana kalau kita bahas dua-duanya aja? Udah siap? Yuk, baca artikel di bawah ini.

Untuk pertama, kita bahas mengenai macam-macam kecerdasan yang ada di manusia, beberapa dari kamu mungkin masih asing mendengar tentang hal ini, namun kalau kamu perhatikan ke dirimu kembali, kamu bisa cek loh kamu tipe yang mana ya?

1. Kecerdasan Logis-Matematis

Tipe kecerdasan yang pertama adalah kecerdasan logis-matematis, orang yang memiliki kecerdasan ini memungkinkan mereka untuk unggul di bidang yang berhubungan dengan angka dan rumus. Mereka akan sangat senang dengan angka dan sangat mudah menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan hitungan dan angka. 

2. Kecerdasan Linguistik

Tipe kecerdasan yang kedua adalah kecerdasan linguistik. Kecerdasan linguistik ini unggul di bahasa, jadi orang yang memiliki kecerdasan linguistik akan lebih mahir mengaplikasikan bahasa, mereka biasanya memiliki kemampuan untuk mempersuasi orang lain. Orang yang kecerdasan ini juga gemar membaca dan menulis.

3. Kecerdasan Visual-Spasial

Tipe kecerdasan yang ketiga adalah kecerdasan visual-spasial. Orang yang memiliki jenis kecerdasan ini akan mudah mengimajinasikan sesuatu dalam bentuk visual. Mereka juga lebih peka terhadap lingkungan sekitar serta memiliki daya imajinasi yang tinggi. Biasanya orang dengan kecerdasan spasial mudah mengingat arah dan gemar menggambar.

4. Kecerdasan Kinestetik

Kamu pasti pernah melihat seseorang yang dengan mudah menangkap gerakan tarian dengan cepat? Nah, besar kemungkinannya kalau dia memiliki kecerdasan jenis kinestetik. Kecerdasan manusia yang satu ini memungkinkan pemiliknya menangkap gerakan dengan cepat. Mereka bisa meniru gerakan tersebut hanya dengan satu atau dua kali melihat.

5. Kecerdasan Eksistensial

Kalau orang yang memiliki tipe kecerdasan ini adalah orang yang sering mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang cukup dalam. Mereka kerap kali sering bertanya mengenai kehidupan, kematian, dan lain-lainnya. Nah, orang dengan kecerdasan eksistensial ini sensitif dengan hal-hal yang berhubungan dengan eksistensi manusia.

Baca Juga: Apa Itu Passing Grade Dan Bagaimana Menghitungnya?

6. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan interpersonal ini adalah kecerdasan manusia dalam berkomunikasi. Ini juga meliputi kemampuan adaptasi dan bekerja sama dengan orang lain. Orang dengan kecerdasan interpersonal ini akan lebih peka dengan orang sekitar sehingga mereka bisa dan mampu membaca situasi dan nyaman berada di tengah-tengah kebanyakan orang.

7. Kecerdasan Musikal

Macam-macam kecerdasan yang selanjutnya adalah kecerdasan musikal. Di mana ada beberapa orang yang mampu menangkap nada dan ritme musik hanya dengan mendengar. Orang-orang tersebut memiliki kecerdasan manusia jenis musikal. Biasanya orang-orang dengan kecerdasan ini senang dengan bernyanyi dan musik. Mereka juga cukup tertarik dengan ritme hingga bunyi-bunyian.

8. Kecerdasan Naturalis

Tipe yang satu ini adalah kecerdasan naturalis, di mana orang yang memiliki kecerdasan ini akan lebih senang untuk bermain dengan alam dan mereka mampu membaca lingkungannya terutama di alam bebas. Kebanyakan orang yang memiliki kecerdasan ini akan senang melakukan aktivitas di luar rumah dan mereka senang dengan kegiatan yang melibatkan alam dan binatang.

9. Kecerdasan Intrapersonal

Nah, tipe kecerdasan yang terakhir adalah kecerdasan intrapersonal. Di mana kecerdasan ini merupakan kemampuan untuk memahami diri sendiri dan mampu memahami kondisi mental dan emosinya sehingga mampu mengendalikannya dengan baik.  Mereka bisa memotivasi diri sendiri dan gak mudah menyerah nih.

Setelah membahas mengenai tes kecerdasan dan tipe-tipenya di manusia, sekarang waktunya kita membahas mengenai tes kepribadian psikologi yang pastinya kamu sering ngeliat atau bahkan kamu udah pernah punya pengalaman mengikuti tes ini. Tes kepribadian psikologi yang biasa diambil calon seorang karyawan seperti:

1. Tes Grafis

Tes kepribadian psikologi yang pertama adalah tes grafis. Tes grafis dapat mengungkapkan keadaan dalam diri seorang calon karyawan dengan melakukan penggambaran. Biasanya calon karyawan akan disuruh menggambar dengan tangannya sendiri. Contohnya, menggambar orang (draw a person/DAP), menggambar pohon (tree test), atau tes grafologi (mempelajari tanda tangan). Biasanya tes ini banyak sekali digunakan karena mudah, hanya diperlukan sebuah kertas dan pensil. Dari tes grafis ini akan dapat menggambarkan intelegensia, gambar atau citra diri orang yang dites.

2. Tes DISC (Dominance (D), Influence (I), Steadiness (S), and Compliance (C))

Tes kepribadian psikologi yang kedua adalah tes DISC. Tes DISC adalah tes psikologi yang mudah diaplikasikan di dunia kerja, sangat berguna untuk merekrut karyawan baru. Tes DISC merupakan rangkaian tes di mana calon karyawan harus mengisi jawaban dari lembaran tes yang sesuai dengan karakternya. 

Sekarang ini tes DISC sudah banyak dilakukan online. Tes DISC tergolong mudah dilakukan, karena hasilnya segera bisa didapat. Selain karakter calon karyawan, tes DISC juga mengupas cara orang berkomunikasi dengan orang lain, kepribadian yang ada dalam dirinya, dan tingkat stres saat menghadapi tekanan.

3. Tes Papikostik

Tes kepribadian psikologi yang selanjutnya adalah tes papikostik. Untuk mengetahui sifat atau kepribadian calon karyawan, tes ini sangat mudah dilakukan. Banyak perusahaan yang menggunakan tes papikostik untuk merekrut calon karyawan.

Calon karyawan hanya mengisi jawaban dari pertanyaan yang diajukan pada selembar kertas, jawabannya harus sesuai apa yang dirasakan atau dipikirkan. Kemudian dengan ini tim HR dapat melihat sifat atau kepribadian calon karyawan.

4. Tes SSCT (Sack’s Sentence Completion Test)

Tes kepribadian psikologi yang selanjutnya adalah tes SSCT. Tes ini adalah tes kepribadian digunakan di bidang psikologi dan kedokteran umum. Peserta tes atau calon karyawan harus mengisi jawaban dari soal tes sesuai dengan kondisi pikiran dan perasaan mereka saat mereka sedang mengikuti tes.

Tes ini dapat menguak isi pemikiran seseorang dengan keadaan yang sedang terjadi di sekitarnya, seperti dengan keluarga, teman kerja, atasan dan hubungan sosial lain. Karena sangat mudah dilakukan dan dianalisis, banyak perusahaan menggunakannya untuk mengetes calon karyawan.

5. EEPS (Edward’s Personal Preference Scale)

Tes kepribadian psikologi yang satu ini mampu menjawab mengenai kebutuhan seseorang dalam berprestasi, berorganisasi, dan memimpin. Tes ini mampu membuat penilaian apakah peserta tes atau calon karyawan mampu bersosialisasi dan memiliki kemampuan menyelesaikan masalah. Di dalam tes ini bisa menguji jiwa kepemimpinan seseorang.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

1. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

2. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

3. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

4. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa loh klik halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *