kota jakarta
Tips Belajar

Hal-Hal Unik Kota Jakarta yang Gak Ada di Kota Lain!

Orang boleh banyak mengeluh dengan padatnya Kota Jakarta. Tapi soal daya tarik, selalu ada alasan untuk mengunjungi kota ini. Maklum, kota yang hampir berusia 5 abad ini memang punya begitu banyak hal unik yang gak ada di kota lain.

Secara resmi kota ini bernama Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta. Kota ini memiliki luas sekitar 664,01 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 10.562.088 jiwa (2020). Selain sebagai pusat bisnis, politik, dan kebudayaan, Jakarta juga jadi pusat kantor pemerintahan dan swasta, termasuk perusahaan asing dan kantor kedutaan. 

Dalam hal pendidikan, berdasarkan data 2020, Jakarta memiliki 288 perguruan tinggi, dengan rincian 284 perguruan tinggi swasta (PTS) dan 4 perguruan tinggi negeri (PTN). Jakarta Selatan jadi wilayah yang paling banyak memiliki perguruan tinggi, yakni 96 unit (94 PTS, 2 PTN). Sedangkan sisanya 87 perguruan tinggi di Jakarta Timur (86 PTS, 1 PTN), 56 perguruan tinggi di Jakarta Pusat (55 PTS, 1 PTN), 33 Perguruan Tinggi di Jakarta Barat, dan 16 Perguruan Tinggi di Jakarta Utara.

Banyaknya kantor-kantor dan perguruan tinggi tersebut membuat tinggal di Jakarta jadi impian banyak orang. Nah, hal ini tak lepas dari beberapa hal unik lainnya yang cuma ada kota ini.

Baca Juga: Anak Daerah Mau Internship Di Jakarta? Yuk, Simak Tips Ini Dulu 

Hal Unik Seputar Kota Jakarta

1. Kota Berstatus Provinsi

Sejak Indonesia merdeka hingga 1958, Jakarta masih bagian dari Jawa Barat. Tapi statusnya berubah saat Presiden Soekarno menunjuk Soemarno Sosroatmodjo jadi Gubernur Jakarta pada 1959. Dua tahun kemudian, status Jakarta berubah menjadi DKI. 

Nah, dalam 5 tahun, perkembangan Jakarta sebagai pusat bisnis begitu pesat. Bahkan 70 persen perputaran uang negara terjadi di Jakarta. Hal ini membuat DKI jadi satu-satunya kota yang memiliki status setingkat provinsi.

2. Paling Sering Ganti Nama

Sekurangnya Jakarta sudah berganti nama sebanyak 10 kali. Sumber lain bahkan ada yang menyebutnya 13 kali. Terlepas dari itu, Jakarta jadi satu-satunya kota di Indonesia yang berganti nama sebanyak itu. Beberapa kota lain di Indonesia yang pernah berganti nama misalnya Bogor, Banda Aceh, Bukittinggi, dan lain-lain.

3. Punya Stadion yang Pernah Jadi yang Terbesar di Dunia

Pada masa Presiden Soekarno, Jakarta melakukan pembangunan besar-besaran seperti Gelora Bung Karno, Masjid Istiqlal, Monumen Nasional, dan lain-lain. Stadion GBK pada 1962 bahkan sempat berstatus stadion terbesar di dunia dengan kapasitas 100 ribu orang.

4. Mal Terbanyak

Gak usah bingung cari mal kalau di Jakarta. Di sini, ada sekitar 173 pusat perbelanjaan yang tersebar di seluruh Jakarta dengan spesifikasi dan keunikan tersendiri. Namun untuk ukuran luasnya, dua mal terbesar saat ini ada di Surabaya, yakni Pakuwon Mall dan Tunjungan Plaza. Sedangkan di urutan 3 sampai 5 barulah ada 3 mal Jakarta, yaitu Sumarrecon Kelapa Gading, Grand Indonesia, dan Mal Taman Anggrek.

5. Festival Terbesar Se-Asia Tenggara

Jakarta punya pameran tahunan dan terbesar di Asia Tenggara, yaitu Pekan Raya Jakarta (PRJ). Pameran yang terkenal dengan Jakarta Fair ini biasanya berjalan sebulan penuh, berbarengan dengan Ulang Tahun Jakarta.

6. Stasiun Kereta Api Terbesar se-ASEAN

Berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 475 Tahun 1993, stasiun Jakarta telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Stasiun ini dinilai punya ejarah yang panjang sejak zaman kolonial Belanda. Ada sekitar 580 kereta api yang datang dan pergi setiap harinya.

7. Paling Banyak Gedung Pencakar Langit

Sebagai pusat bisnis dan perekonomian, nggak perlu heran di Jakarta ada banyak banget gedung pencakar langit yang punya ketinggian di atas 150 meter. Malahan dari sekitar 87 kota di seluruh dunia, Jakarta berada diurutan ke-10, Guys. Data 2019, total sudah ada 90 gedung pencakar langit di Jakarta. 

Nah itulah 7 hal unik tentang Jakarta yang nggak ada di kota-kota lain di Indonesia. Tentunya masih banyak keunikan lain yang belum disebutkan. Namun ketujuh hal di atas sudah cukup membuat banyak orang ingin datang ke Kota Jakarta, baik untuk tinggal, bekerja, menjalani pendidikan, ataupun berwisata. 

Kapan Waktu Terbaik Datang ke Kota Jakarta?

Bila kamu bukan orang Jakarta, ada waktu-waktu terbaik yang bisa kamu manfaatkan untuk menikmati liburan di Jakarta. Kapan saja? 

1. Ulang Tahun Jakarta

Nomor satu tentu saja saat Ulang Tahun Jakarta yang jatuh setiap tanggal 22 Juni. Seperti disebutkan tadi, biasanya, menjelang dan sesudah tanggal tersebut, ada PRJ yang menyediakan berbagai macam produk lokal dan internasional. Kamu bisa berbelanja apapun mulai dari keperluan rumah tangga, fashion, hingga kulineran. Selain itu, setiap harinya juga ada konser musik yang makin membuat PRJ semakin meriah dan menarik untuk dikunjungi. 

2. Saat Ada Gelaran Olahraga

Saat ada gelaran olahraga semisal Asian Games, Jakarta selalu jadi salah satu tuan rumah. Maklum, kota ini memang memiliki paling banyak venue. Saat ada gelaran olahraga, biasanya kamu juga bisa belanja merchandise menarik yang cuma bisa dibeli saat event berlangsung. 

3. Akhir Pekan

Setiap akhir pekan, di daerah Senayan dan sekitarnya biasanya mengadakan car free day. Saat itulah kamu benar-benar bisa menikmati kerennya kota Jakarta tanpa banyak kendaraan lalu lalang. Kamu bisa berolahraga atau sekadar berfoto sambil menikmati sajian kuliner yang juga banyak dijajakan di sekitar kawasan Senayan. 

4. Lebaran

Sebagian besar penduduk Jakarta adalah pendatang. Saat Idulfitri atau Lebaran, para pendatang biasanya pulang ke kampung halaman atau yang biasa disebut mudik. Nah, di saat itu, tidak ada kemacetan di Jakarta. Kamu bisa menikmati perjalanan dengan santai sambil memandangi wajah ibu kota.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Penetapan Hari Ulang Tahun Jakarta!

Tempat-tempat Wisata di Kota Jakarta

Meski menjadi pusat bisnis dengan banyaknya perkantoran, bukan berarti kota Jakarta nggak punya tempat wisata ya, Guys. Ada banyak kok tempat wisata baik yang bernuansa alam, budaya, edukasi, kuliner, atau bahkan wisata religi. Di mana saja? 

1. Taman Bermain

Ada cukup banyak taman bermain di Jakarta, misalnya yang ada di komplek Taman Impian Jaya Ancol seperti Dunia Fantasi, SeaWorld, Atlantis, dan lain-lain. 

2. Wisata Pendidikan dan Budaya

Wisata yang banyak memberikan edukasi meliputi Taman Mini Indonesia Indah dan berbagai museum di dalamnya, Monumen Nasional, Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Aquarium, Planetarium, Setu Babakan, Kota Tua, Gedung Pinisi, Rumah Si Pitung, Kali Besar, dan lain-lain. 

3. Wisata Alam

Jakarta juga punya kok wisata bernuansa alam seperti Taman Mangrove dan Kepulauan Seribu. 

4. Wisata Kuliner

Untuk kamu yang suka kulineran, Jakarta punya pusat-pusat kuliner yang kerap diserbu wisatawan seperti kawasan Blok M, Cibubur, Kalibata, Kelapa Gading, Sabang, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Dapat Cuan Jutaan Rupiah? Gampang, Yuk Ikutan goKampus Writing Competition!

Itu tadi beberapa hal yang unik dan perlu kamu ketahui soal Kota Jakarta. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Dapatkan topik-topik menarik lainnya hanya di goKampus. Di goKampus kamu juga bisa daftar kuliah sekaligus beasiswa senilai total Rp10 miliar dan CASHBACK up to 65% bagi kamu yang daftar Instant Approval melalui Aplikasi goKampus. Menarik kan? Cek selengkapnya di link ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *