prospek kerja agroteknologi
Upskill

Apa Itu Tes Potensi Skolastik Buat UTBK?

Calon mahasiswa yang sudah siap-siap belajar pagi sampai malam buat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), mana suaranya? Sudah siap untuk menghadapi Tes Potensi Skolastik? Ujian seleksi masuk universitas negeri memang bikin deg-degan! Apalagi kalau persiapanmu Sistem Kebut Semalam (SKS). Wah, bakal heboh banget tuh! Namun, kamu masih bisa berjuang untuk mempersiapkan materi Tes Potensi Skolastik ini loh! Yuk, simak penjelasan tentang Tes Potensi Skolastik di artikel ini!

Pengertian Tes Potensi Skolastik (TPS)

UTBK kayaknya bukan hal yang asing lagi dan pastinya akan sangat identik dengan Tes Potensi Skolastik (TPS). Mungkin beberapa dari kamu, ada yang masih bingung dengan apa sebenarnya TPS itu? Tes Potensi Skolastik adalah tes yang mengukur kemampuan kognitif yang mencakup penalaran umum dan kemampuan pemahaman. Jadi, pada dasarnya materi Tes Potensi Skolastik UTBK masih dalam ruang lingkup keduanya.

Jenis-Jenis Soal Tes Potensi Skolastik

Setelah mengetahui apa itu TPS, pertanyaan selanjutnya, apa saja sih jenis-jenis soalnya? Buat yang belum tahu, ada 4 pembagian sub tes pada Tes Potensi Skolastik (TPS), yaitu:

1. Penalaran Umum

Penalaran Umum terdiri dari tiga subtopik di antaranya:

  • Kesesuaian pernyataan, dimana kita harus memahami isi tabel/ teks/ grafik/ diagram sesuai dengan konteks pada teks.
  • Simpulan logis, dimana kita harus membuat kesimpulan logis akan sesuatu yang akan mungkin terjadi berdasarkan teks
  • Penalaran Analitik, dimana kita harus menganalisis dan menjawab soal berdasarkan pada data yang telah disediakan.

2. Pengetahuan Kuantitatif

Ada empat jenis soal TPS untuk pengetahuan kuantitatif, yaitu:

  • Pilihan ganda, berlaku untuk soal logika dasar atau matematika level dasar.
  • Pertanyaan dengan informasi pilihan (1), (2), (3), dan (4).
  • Pertanyaan dengan dua informasi, dimana kita wajib melakukan analisis informasi (analisis kecukupan data) yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan.
  • Analisis perbandingan dua nilai, ini merupakan suatu informasi dengan dua variabel, dimana kita harus menentukan hubungan antara kedua variabel tersebut (jadi kita harus mencari nilai salah satu variabel berdasarkan variabel yang lainnya dan informasi yang diberikan).

3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Ada empat jenis soal Tes Potensi Skolastik di bagian ini dengan dua jenis soal dalam Bahasa Inggris dan ada dua jenis soal lainnya dalam Bahasa Indonesia.

  • Pada soal Bahasa Inggris, kita wajib untuk memahami inti bacaan dan membuat kesimpulan berdasarkan pada informasi di sebuah teks.
  • Pada soal Bahasa Indonesia, kita menghadapi berbagai soal tentang ide pokok, kelebihan, kelemahan paragraf, simpulan, penulisan kata, hubungannya antar paragraf, makna kata, tanda baca, kata ganti, konjungsi, dan kalimat efektif.

4. Memahami Bacaan dan Menulis

Jenis soal TPS UTBK di bagian ini terdiri dari dua topik yaitu:

  • Pemahaman isi bacaan, dimana kemampuan kita untuk membaca dan memahami teks secara utuh untuk diuji.
  • Penalaran kebahasaan yang menguji pemahaman kita terkait dengan kaidah penulisan dalam Bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Sesuai

Buat kamu yang mungkin masih ragu-ragu mengikuti TPS dan ingin mencari cadangan kuliah di universitas swasta, kamu bisa mencari beberapa universitas swasta di Indonesia dan menentukan jurusan kuliah sendiri. Nah, goKampus akan kasih tahu kamu tips memilih jurusan kuliah yang sesuai buat kamu calon mahasiswa baru. Yuk, simak!

1. Riset mengenai kemampuan dan skill diri sendiri

Tips memilih jurusan kuliah yang pertama adalah kamu harus ketahui dulu sebenarnya kamu senang dan paling oke di bidang apa. Kemampuan dan skill-mu harus kamu ketahui dulu nih. Misalnya, kalau kamu senang dengan hal-hal yang berbau komunikasi, seperti pelajaran bahasa, sosiologi, bahasa asing, dan lain-lainnya, kamu harus meyakinkan diri dulu apakah kamu benar-benar ingin melanjutkan kuliah di bidang yang sama seperti yang kamu suka sekarang. Kamu bisa mengetahui itu dengan melakukan riset juga kepada senior ataupun di internet tentang jurusan yang ingin kamu ambil khususnya yang memang berhubungan dengan pelajaran yang kamu suka.

2. Ketahui nilaimu di sekolah

Kamu harus membuka kembali rapormu untuk melihat di mata pelajaran apa kamu mendapatkan nilai yang baik dan konsisten. Cara ini merupakan cara yang objektif untuk bisa membuat kamu menemukan jurusan yang sebenarnya kamu senangi.

3. Cari tahu keuntungan dan konsekuensinya

Dalam memilih sebuah jurusan, pastikan kalau kamu tahu secara jelas apa yang akan kamu hadapi saat perkuliahan nanti. Misalnya nih, kalau kamu sudah siap dengan hal tersebut, maka kamu pasti tetap akan bertanggung jawab untuk menerima konsekuensinya. 

Memahami dan mengetahui konsekuensi itu merupakan poin yang paling penting sebagai salah satu tips memilih jurusan kuliah yang sesuai karena kalau kamu sudah tahu hal-hal yang akan menjadi konsekuensi kamu. Kamu pasti akan jauh lebih siap untuk menerima seluruh pembelajaran apapun nantinya. Kamu juga akan lebih termotivasi karena merasa memiliki tantangan selama perjalanan kuliah nantinya. 

4. Skeptis memilih kampus

Kamu harus pilih kampus yang menawarkan jurusanmu dengan kualitas dan akreditasi yang terbaik. Nah, kalau kualitasnya baik pastinya kamu akan dilengkapi dengan fasilitas serta program yang bisa meningkatkan kemampuanmu. 

Memilih kampus ini penting banget menjadi salah satu cara menentukan jurusan kuliah, karena kalau reputasi atau fasilitas di kampus yang kamu pilih gak bisa menunjang pembelajaranmu, maka itu akan berdampak untuk prospek kerja maupun langkah selanjutnya yang kamu pilih loh

5. Durasi program studi

Pertimbangkan durasi program studi yang akan kamu pilih. Hal ini dikarenakan setiap program studi pastinya punya durasi yang berbeda-beda, misalnya nih kalau kamu ambil kuliah di luar negeri khususnya di Inggris, biasanya kamu akan menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun aja, atau gak kalau kamu mengambil pendidikan di Australia, ada juga beberapa program studi yang menawarkan durasi program hanya satu sampai dua tahun saja.

6. Konsultasi dengan orang terdekat atau yang berpengalaman

Kamu bisa berkonsultasi dengan orang tua atau orang-orang sekitarmu yang lebih berpengalaman. Misalnya, guru-guru di sekolah atau senior yang kamu kenal dan memiliki bidang yang sama.

Berkonsultasi dengan orang tua bisa membuat kamu lebih spesifik untuk menentukan dan mengetahui minat yang tepat untuk kamu sekaligus mendapatkan support dan motivasi agar kamu siap memilih jurusan kuliah tersebut. Yang penting adalah jangan pernah ikut-ikutan teman, ya! 

Nah, gimana? Sudah tahu apa itu tes potensi skolastik? Kalau kamu enggan mengikuti ujian tersebut dan memilih kuliah di kampus swasta, pastikan kamu sudah melakukan tips memilih jurusan kuliah di atas, ya!

Oh iya, kamu bisa dapat beasiswa senilai total Rp10 miliar cukup dengan download aplikasi goKampus di Play Store atau App Store. Buat kamu yang gak mau ribet ikut ujian, kamu daftar kuliah 1 jam diterima melalui instant approval melalui aplikasi goKampus. Yuk, cobain!

Buat yang mau langsung belajar online di goKampus, kamu bisa menggunakan voucher GKFREE. Daftar 1 kelas gratis, dapat 3 kelas premium. Lihat promo di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *