tips belajar
Kategori Kelas

Intip Prospek Kerja Teknik Informatika Yuk!

Seiring dengan perkembangan teknologi, jurusan teknik informatika pasti sudah gak asing lagi dong buat kamu? Bahkan, jurusan teknik informatika menjadi jurusan terketat di prodi Sains dan Teknologi (Saintek) di ujian masuk perguruan tinggi negeri! Memangnya apa saja sih yang akan kita pelajari di jurusan teknik informatika? Kenapa banyak yang minat, ya? Nah, goKampus akan mengupas tuntas semua yang kamu tanyakan hingga mengenai prospek kerja teknik informatika. Kepoin, yuk!

Apa Itu Jurusan Teknik Informatika?

Teknik informatika adalah ilmu yang menggabungkan serta mempelajari prinsip terkait teknologi komputer dan matematika untuk pembuatan, pengembangan, dan pengujian perangkat lunak atau software, aplikasi, sistem operasi beserta kerja komputer. Kurang lebih, selama kamu kuliah, akan belajar dari pembuatan aplikasi hingga pengujiannya. Buat kamu yang punya ketertarikan di bidang teknologi, jurusan ini cocok banget buat kamu.

Di jurusan ini, skamu akan belajar algoritma, coding, pemrograman, sistem jaringan, kriptografi, dan lain-lain. Nah, setidaknya kamu menyukai dan memahami logika serta matematika sebagai dasar pembelajarannya. Kedengarannya memang rumit, tapi semua akan kamu pelajari dari awal, kok!

Apa Prospek Kerja Teknik Informatika?

Prospek kerja teknik informatika banyak banget, loh! Kamu punya kesempatan besar untuk bisa kerja di startup, perusahaan BUMN, swasta, atau instansi pemerintah. Berikut prospek kerja yang perlu kamu ketahui!

1. Software engineer

Prospek kerja teknik informatika yang pertama adalah sebagai software engineer. Kamu bekerja untuk merancang, mengelola, menguji, dan mengevaluasi software atau sistem komputer secara menyeluruh.

2. Software developer

Prospek kerja yang kedua adalah menjadi software developer yang menjalankan rancangan oleh software engineer. Berbeda dengan software engineer yang mengerjakan sistem secara keseluruhan, software developer berfokus pada pengembangan satu bagian dari sistem komputer.

3. Data scientist juga salah satu prospek kerja teknik informatika

Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi data scientist yang tugasnya adalah menganalisa data dengan menggunakan statistika dan algoritma. Data diolah dengan menggunakan teknik pemrograman untuk “menerjemahkan” bentuk data yang rumit menjadi bahasa yang mudah kita pahami.

4. IT consultant

Lulusan teknik informatika bisa juga jadi Konsultan IT. Kamu bisa jadi perantara antara pelaku usaha dan teknisi teknologi. Konsultan bekerja untuk memberi saran, membuat perencanaan atau rancangan dan memasang sistem IT untuk klien.

Baca Juga: Prospek Kerja Teknik Industri Yang Wajib Kamu Ketahui!

Daftar kuliah dengan aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah dengan aplikasi goKampus, cukup download aplikasi goKampus bisa dapat:

  1. Cek 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi.
  2. Daftar kuliah gak sampai 3 menit.
  3. Tinggal upload rapor, 1 jam udah langsung diterima!
  4. Gak hanya kita yang daftar kuliah, ajak teman daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu.
  5. Banyak student promo dan event yang bisa kamu explore.

Cobain deh, daftar kuliah di 5 kampus swasta di atas dengan instant approval goKampus. Jangan lupa download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliaha. Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *