apa itu seminar
Tips Belajar

Apa Itu Seminar? Yuk, Kita Bahas Dari Definisi Hingga Perangkatnya

Mungkin kamu sering menjalani bahkan terlibat langsung sebagai panitia, tapi sebenarnya apa itu seminar? Yuk, langsung saja kita bahas definisi hingga perangkatnya

Seminar adalah sebuah pertemuan yang diadakan untuk membahas sebuah masalah secara ilmiah. Kata “seminar” berasal dari sebuah kata dalam bahasa Latin yaitu “seminarium”, yang berarti tempat menanam benih.

Maksudnya adalah benih-benih kebijaksanaan. Soalnya, sejak zaman dulu penyelenggara seminar umumnya merupakan institusi akademis. Meski begitu, kini organisasi profesional atau perusahaan komersial juga bisa menyelenggarakannya. 

Umumnya, penyelenggaraan ini menampilkan satu atau beberapa pembicara/penyaji materi yang menyiapkan makalah mengenai masalah yang akan dibahas. Di dalamnya akan terjadi tukar pikiran antara penyaji materi dan peserta.

Oleh karena itu, sudah sewajarnya terjadi partisipasi aktif seperti diskusi, pertanyaan, bahkan debat antara pembicara dengan peserta, pembicara dengan sesama pembicara, atau peserta dengan sesama peserta.

Lalu, pada sesi terakhir ditutup dengan kesimpulan atau keputusan-keputusan hasil pendapat bersama yang diikuti dengan resolusi atau rekomendasi. Sebab, tujuannya adalah membahas permasalahan untuk menemukan solusi.

Apa Saja Perangkat Seminar?

Ada beberapa perangkat agar seminar dapat berlangsung dengan lancar. Apa itu perangkat seminar? Untuk menjawab pertanyaan itu, simak langsung pembahasannya.

1. Moderator

Moderator merupakan pemimpin sekaligus menjadi orang yang bertugas mengatur jalannya seminar dari awal, saat diskusi berlangsung, hingga akhir. Awalnya, moderator akan menyampaikan pandangan umum sehingga jalannya akan searah dengan tujuan yang ingin dicapai.

2. Penyaji/Pembicara

Penyaji adalah orang yang bertugas menyampaikan materi pada peserta. Penyaji juga bertugas menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta. Umumnya, penyaji disebut dengan kata “pembicara”.

3. Notulis/Sekretaris

Notulis bertugas mencatat proses dan prosedur berlangsungnya diskusi. Ia juga membantu moderator dalam menyimpulkan dan merumuskan kesimpulannya.

4. Audience/Penonton

Apa jadinya seminar jika gak ada penonton? Kalau gak ada penonton, nanti pembicaranya ngomong sendiri dong. Meski peran peserta sangat terbatas, tapi setiap peserta tentu memiliki hak untuk mendengar jalannya acara dan memberi tanggapan atau pertanyaan terkait presentasi penyaji.

5. Pembawa Acara

Pembawa acara adalah orang yang bertugas sebagai pembuka dan penutup acara. Ia juga memperkenalkan penyaji, moderator, dan notulis pada para peserta.

Selain seminar, ada cara lain untuk mendapatkan ilmu, yaitu dengan mengikuti kelas sertifikasi online. Ada banyak kelas sertifikasi yang bisa kamu ikuti di goKampus. Kamu dapat mengikuti Kelas Sertifikasi di goKampus! Bekerja sama dengan universitas terbaik di Singapura, Nanyang Technological University, membuat kamu bisa mendapatkan sertifikat bisnis profesional langsung dari NTU! Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *