contoh proposal penelitian
Tips Belajar

Begini Contoh Proposal Penelitian, Mahasiswa Yuk Merapat!

Bagi sebagian besar mahasiswa yang menuju semester akhir maupun mahasiswa tingkat akhir, membuat proposal penelitian yang menarik mungkin bikin kepala pusing. Hal ini karena kita harus mencari topik penelitian yang menarik dan baru, mengetahui cara penulisan proposal hingga harus bisa memahami setiap bagian dari proposal agar penelitian tergambarkan dengan jelas. Daripada terus-terusan pusing, mending langsung lihat contoh proposal penelitian dan penulisannya di artikel ini. Semoga bisa menjadi panduan untuk penelitianmu, ya!

Apa Itu Proposal Penelitian?

Sebelum mengetahui contoh proposal penelitian, kamu perlu memahami terlebih dahulu apa itu proposal penelitian. Mengutip dari buku Metode Penelitian Kuantitatif karya Adhi Kusumastuti, Ahmad Mustamil Khoiron, dan Taofan Ali Achmadi (2020), penelitian adalah kegiatan ilmiah untuk mengetahui kebenaran dari sebuah permasalahan, sedangkan proposal penelitian adalah rancangan penelitian atau rencana prosedur penelitian yang meliputi latar belakang, asumsi secara general, dan metode pengumpulan data beserta analisisnya. Tentunya, pemilihan topik penelitian harus berdasarkan isu yang ingin peneliti kaji, pengalaman pribadi peneliti, dan sasaran pembacanya. Jika proposal penelitian sudah dosen pembimbing dan penguji setujui, maka kamu bisa melanjutkan penelitian dan menyusun laporannya dalam bentuk skripsi maupun tesis.

Apa Saja Isi Proposal Penelitian?

Perlu kamu ingat, struktur penulisan proposal penelitian dapat berbeda-beda sesuai dengan kebijakan program studi dan tiap universitas. Namun, umumnya proposal penelitian memiliki struktur penulisan sebagai berikut:

  1. Cover yang berisi nama dan judul proposal
  2. Abstrak
  3. Daftar isi, gambar, tabel, dan lampiran
  4. BAB I Pendahuluan yang berisi latar belakang, rumusan masalah, pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan keterbatasan penelitian
  5. BAB II Kerangka Penelitian yang berisi penelitian terdahulu, kajian teori, dan kerangka/alur penelitian
  6. BAB III Metodologi Penelitian yang berisi paradigma penelitian, jenis dan sifat penelitian, metode penelitian, sumber informasi, teknik pengumpulan data, teknik penentuan sampel dan populasi, validitas data, serta teknik analisis data
  7. Kesimpulan
  8. Daftar Pustaka
  9. Lampiran

Contoh Proposal Penelitian

Yuk, lihat contoh proposal penelitian dengan pendekatan kualitatif di bawah ini! Contoh proposal penelitian ini bisa kamu gunakan sebagai panduan untuk penelitianmu.

Contoh Judul Proposal Penelitian:

Analisis Potensi Limbah Tebu Sebagai Bahan Bakar Pembangkit Listrik Energi Biomassa Di Pabrik Gula

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Seiring waktu, sangat mudah menemukan industri baru di Indonesia walau lokasinya berdekatan dengan pemukiman padat penduduk. Namun, lokasi tersebut dapat menimbulkan dampak buruk, seperti limbah padat, cair maupun gas. Limbah tersebut membutuhkan tempat penampungan yang cukup besar.

Limbah atau sampah yang pengelolaannya tidak benar menjadi tidak berarti dan tidak berharga. Namun, jika pengelolaannya benar, limbah bisa menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat. Beberapa pabrik di Indonesia kini sudah mulai menerapkan sistem pengolahan limbah untuk mengurangi dampak polusi dari limbah tersebut. Beberapa di antaranya bahkan ada yang memanfaatkan limbah pabrik sebagai produk yang berguna. Tentunya, pengolahan ini melalui proses tertentu. Salah satu contoh pengolahan limbah ialah dari sisa pembuatan gula menjadi kompos, batako, dan sebagainya. Pemanfaatan limbah sangat penting, terutama untuk mengatasi masalah penumpukan sampah di kota-kota besar.

Sistem pembangkit listrik (generator biomass) yang paling optimal adalah sistem pembangkit listrik (grid-connected). Perhitungan hasil potensi biomassa tebu (feedstock biomass) bisa dengan memanfaatkan ampas tebu sebagai sumber energi generator 1, generator 2, generator 3, dan perhitungan konsumsi daya pada industri secara menyeluruh. Sistem tersebut merupakan bantuan perangkat lunak, yaitu HOMER versi 2.68. Hasil simulasi dan optimasi berbantuan software HOMER menunjukkan bahwa secara keseluruhan sistem yang paling optimal untuk diterapkan di PT. Madubaru (PG/PS Madukismo) adalah sistem pembangkit listrik (100%) dengan Grid PLN (0%). Dihitung 0% karena langganan dari PLN tidak dimanfaatkan dalam sistem pembangkit. Karena pembangkit mampu menampung daya konsumsi seluruh sektor industri. Hasil total daya dari pembangkit 1,2 dan 3 sebesar 15,024,411 kWh/tahun dari hasil analisis Homer Energy.

1.2 Rumusan Masalah

Agar memudahkan penyusunan tugas akhir ini, penulis merumuskan masalah menjadi beberapa bentuk kalimat pernyataan sebagai berikut:

  1. Potensi ampas tebu dalam penyediaan energi listrik.
  2. Analisis penerapan ampas tebu di pabrik gula.

1.3 Batasan Masalah

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka pembahasan tugas akhir ini terbatas pada:

  1. Pengambilan data, yaitu pada Pabrik Gula Madukismo Yogyakarta.
  2. Analisis perhitungan daya dan beban hanya terpusat melalui Homer.

1.4 Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian ini meliputi:

  1. Perhitungan potensi ampas tebu dalam penyediaan energi listrik.
  2. Mengetahui hasil analisis energi biomasa tebu sebagai sumber energi listrik yang ramah lingkungan di masyarakat.

1.5 Manfaat Penelitian

Penelitian ini dapat memberikan manfaat ke beberapa pihak, antara lain:

Manfaat bagi penulis

Dapat menambah wawasan bagi peneliti dan menjadi pedoman untuk menghadapi masalah bahan bakar yang saat ini dalam kondisi mengkhawatirkan.

Bagi Universitas

Penulisan tugas akhir ini dapat menjadi referensi akademis dan keinsinyuran untuk pengembangan jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta selanjutnya.

Manfaat bagi Masyakarat dan Industri

Dapat menyediakan energi listrik terbarukan yang ramah lingkungan, energi alternatif yang mandiri dan tidak tergantung pada energi fosil, dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam bidang energi alternatif untuk daerah yang tertinggal agar lebih maju dan sejahtera.

BAB 2 KERANGKA PENELITIAN

Bab ini berisi berbagai penelitian terdahulu yang dapat mendukung penelitianmu, kajian teori berisi pemikiran atau teori-teori yang melandasi penelitian. Selain itu, kerangka atau alur penelitian juga tertulis pada bab ini.

BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN

Penulisan tugas akhir ini menggunakan metode penelitian:

Studi Pustaka (Study Research)

Studi ini dengan cara melihat dan mencari literatur yang sudah ada untuk memperoleh data yang berhubungan dengan analisis pada penulisan tugas akhir.

Penelitian Lapangan (Field Research)

Meninjau langsung ke lokasi dan berdiskusi dengan pihak-pihak terkait untuk mendapatkan data. Setelah melakukan pengujian, data dan analisis akan peneliti susun dalam laporan tertulis.

Baca Juga: Info Lengkap seputar Penelitian buatmu yang Mau Cepat Lulus

Itulah contoh proposal penelitian yang mungkin bisa menjadi panduanmu dalam menulis nanti! Oh iya, tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020? Nah, supaya skill yang kamu miliki relevan dengan kebutuhan industri, yuk persiapkan dirimu dengan cari kelas yang sesuai minatmu di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *