Menjadi mahasiswa jurusan psikologi memang sering banget dianggap seperti cenayang, kamu sering diminta untuk membaca pikiran bahkan membaca garis tangan oleh teman-temanmu.. Ini sebenarnya jurusan Psikologi atau Peramal sih? Jurusan psikologi merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh mahasiswa baru di Indonesia loh! Selain kamu bisa mempelajari tingkah laku manusia, jurusan psikologi juga memiliki prospek karir yang cemerlang di masa depan. Penasaran apa aja sih yang akan kamu dapat saat menempuh kuliah psikologi? goKampus akan mengupas tuntas ilmu yang akan kamu dapat di jurusan psikologi serta prospek karir kedepannya, ini dia!

1. Kenapa milih jurusan psikologi?

Jurusan psikologi bisa dikatakan sebagai salah satu jurusan favorit yang ada di Indonesia, bahkan setiap tahunnya peminat jurusan psikologi semakin meningkat di universitas negeri maupun swasta nih guys. Kok bisa gitu ya?

Kalau berdasarkan sejarahnya, akar psikologi berasal dari filosofi manusia dimulai dari tipe-tipe kepribadian manusia, bagaimana manusia berperilaku, serta sifat-sifat manusia, karena itulah ilmu psikologi merupakan ilmu yang mudah diaplikasikan di kehidupan sehari-hari, sehingga kamu akan mendapatkan banyak sekali ilmu yang membuatmu mengenal diri sendiri, mengenal orang lain, dan mempelajari cara berinteraksi satu sama lain sesuai dengan kepribadian masing-masing. Oleh karena itu, gak sedikit mahasiswa psikologi yang akhirnya jatuh cinta banget sama ilmu yang dipelajarinya setelah masuk kuliah!

kuliah jurusan psikologi

2. Selama kuliah nanti belajarnya apa aja?

Selama 4 tahun kamu kuliah, kamu akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan perilaku, pola pikir, dan mental manusia secara ilmiah. Kamu akan belajar beberapa mata kuliah seperti filsafat, psikologi kepribadian, psikologi klinis, dan banyak mata kuliah lainnya. 

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak sekali kemampuan dan pengetahuan loh, salah satunya adalah pengetahuan membaca data, melakukan analisis, komunikasi, dan mengelola empati. Hmm.. gak kebayang betapa serunya belajar di kelas psikologi deh!

Baca Juga : 3 Keuntungan Magang di Startup Bagi Mahasiswa

3. Kerjanya bisa jadi apa dan dimana aja?

Banyak sekali peluang kerja yang bisa diambil oleh mahasiswa psikologi, contohnya saja jika kamu ingin berkarir di dunia pemerintahan atau perusahaan swasta, biasanya mereka mencari lulusan psikologi untuk menjadi Human Resources (HR) di perusahaan tersebut. Tugasmu adalah mengelola Sumber Daya Manusia (SDM), melakukan penerimaan karyawan baru serta menyelenggarakan berbagai program pelatihan. 

Selain itu, kamu juga bisa bergabung ke perusahaan konsultan dan menjadi bagian dari HR konsultan di perusahaan tersebut. Gak cuman itu, kamu juga bisa berkarir di berbagai kantor Kementerian di Indonesia. Wah.. peluang kerjanya banyak banget ya!

Gimana? Udah kebayang kan bagaimana jurusan psikologi dan prospek kerjanya? Yang paling penting adalah pilihlah jurusan yang kamu suka ya! Semoga artikel dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like