proker kkn
Tips Belajar

Apa Itu Entrepreneur? Simak Pembahasan Dan Tantangannya

Definisi entrepreneur itu sendiri sebenarnya belum pernah ada penjelasannya secara konsisten oleh para ahlinya, loh. Namun, menilik dari sejarah, konsep tersebut sebenarnya sudah ada sejak berabad-abad silam. Di antaranya pernah disinggung oleh para ekonom klasik dan neoklasik. Seiring berkembangnya zaman dan kemunculan tokoh populer sepeti Mark Zuckerberg, ketertarikan menjadi entrepreneur semakin besar. Lalu, sebenarnya apa itu entrepreneur? Cari tahu, yuk.

Apa Sih Definisi Pentingnya?

Entrepreneur atau wirausahawan artinya sebagai seorang individu yang menciptakan bisnis baru, menanggung sebagian besar risiko, dan juga menerima sebagian besar imbalannya. Makna lain juga sebagai seorang individu yang memulai dan menjalankan bisnis dengan keterbatasan sumber daya.

Ide bisnis ini cenderung pada suatu produk atau layanan jasa yang baru atau belum pernah ada. Seorang entrepreneur umumnya dipandang sebagai inovator, sumber ide, barang, jasa, dan bisnis/ prosedur baru. Itulah apa yang menjadikan seorang entrepreneur terdengar hebat.

Pahit Manisnya

Entrepreneur terbilang memainkan berbagai peran kunci dalam bentuk ekonomi apapun. Keterampilan inisiatif ini bisa membantu antisipasi kebutuhan sekaligus membawa ide-ide baru yang bagus ke pasar. Entrepreneur yang berhasil itu, berarti sudah mampu mengatasi berbagai risiko.

Saat entrepreneur sudah berhasil dalam bisnis dan menciptakan startup, maka akan dihargai dengan keuntungan, ketenaran, serta peluang pertumbuhan yang berkelanjutan. Namun, untuk mereka yang gagal akan alami kerugian, hingga ditinggalkan pasar.

Apa Tantangan Terbesar Saat Menjadi Entrepreneur?

Ada banyak tantangan yang harus dilalui seorang entrepreneur. Baik saat baru memulai hingga saat sedang menjalani profesi ini. Namun, tiga tantangan paling besar adalah mengatasi birokrasi, merekrutmen karyawan, dan mendapatkan dukungan dana.

Gimana Cara Menjadi Entrepreneur?

Berbeda dengan pekerjaan umumnya yang kita tahu, gak ada jalan pasti yang bisa ditentukan untuk menjadi entrepreneur. Bahkan, cenderung membingungkan. Soalnya, cara berbisnis yang diterapkan oleh satu orang belum tentu bisa sama berhasilnya ketika diterapkan oleh orang lain. Maka dari itu, ada enam langkah yang sebaiknya diikuti oleh setiap orang yang ingin menjadi entrepreneur sukses. Apa saja? 

1. Sediakan Alokasi Dana Untuk Memulai Bisnis

Langkah satu ini terdengar sedikit menjatuhkan memang. Tetapi juga baik untuk dipertimbangkan. Jika kamu tidak ingin keuangan terkuras habis untuk memulai bisnismu. Coba pastikan dahulu jumlah alokasi dana yang kamu siapkan untuk memulai usaha ini memang ada. Langkah ini bisa bantu kamu lebih leluasa saat ingin fokus pada usaha yang sedang kamu mulai. Sementara menghindari kekhawatiran kondisi keuangan semakin minim.

2. Bekali Diri Dengan Berbagai Keterampilan

Selanjutnya, gunakan juga dana itu sebagai usahamu untuk terus menambah keterampilan. Misalnya, pilih sertifikasi yang sesuai dengan bidang usaha yang ingin mulai kamu kembangkan. Segera terapkan segudang keterampilan yang kamu miliki di dunia nyata. Keahlian yang terasah ini bisa menjadi salah satu penolongmu saat perusahaan yang kamu jalani menghadapi situasi sulit.

3. Update Terhadap Isu Terbaru Lewat Beragam Channel

Seorang entrepreneur harus selalu mengetahui isu up to date dan berbagai bentuk perkembangan yang ada melalui banyak saluran atau channel, baik melalui buku, podcast, artikel, ataupun saat kuliah. Dengan begitu kamu akan lebih mudah menemukan berbagai peluang yang bisa mendatangkan banyak ide untuk dikembangkan.

4. Selalu Temukan Cara Mengidentifikasi Suatu Masalah

Temukan cara mengidentifikasi sebuah masalah layaknya perusahaan startup. Mereka melahirkan produk atau layanan dari sebagai bentuk solusi yang lahir dari masalah yang dihadapi masyarakat. Maka dari itu, mereka harus bisa menemukan value dari sebuah problem. Memecahkan masalah tersebut dengan cara fresh melalui proses identifikasi yang tepat.

5. Perluas Jejaring Pertemanan

Menjadi seorang social butterfly bagi entrepreneur itu penting. Sebab, kebanyakan tak ada entrepreneur yang bisa sukses dengan hanya berdiri sendiri. Butuh dukungan dari berbagai pihak jika ingin terus berkembang lebih pesat.

Contohnya, seperti kamu pasti harus temukan distributor yang tepat, pengelola keuangan yang andal, bahkan mentor yang bisa membimbingmu melewati kegagalan. Termasuk di antaranya aktif berinteraksi dalam konferensi dan kesempatan serupa. Tidak ada yang tahu, jika ternyata suatu saat cara inilah yang akan mengantarkanmu pada investor yang tertarik dengan bisnismu.

6. Jadi Pemimpin Yang Menginspirasi

Maksudnya, saat kamu memimpin perusahaan sebagai entrepreneur. Tunjukanlah sikap dan sifat yang membuat karyawanmu layak menjadikanmu contoh. Pegang prinsip untuk selalu bekerja keras dan jadilah motivator bagi karyawan. Kamu bisa mempelajari apa itu entrepreneur yang memiliki jiwa kepemimpinan baik melalui para pengusaha sukses internasional seperti Steve Jobs dari Apple, Bill Gates dengan Microsoft, atau Bob Iger dengan Disney dan masih banyak lagi.

Gimana? Kamu tertarik untuk menjadi salah satu entrepreneur sukses di masa mendatang? Kamu bisa mulai dengan membekali dirimu dengan banyak sertifikasi keahlian khusus untuk memulai usaha. Misalnya kelas Managing Business Strategy di goKampus.  

Bekerja sama dengan universitas terbaik di Singapura, Nanyang Technological University, kamu bisa memperbesar peluang menjadi entrepreneur andal serta mendapatkan sertifikat profesional langsung dari NTU! Penasaran? Cari tahu di link ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *