seo adalah singkatan dari
Tips Belajar

Jadi Faktor Keberhasilan Bisnis, Apa Sih Singkatan Dari SEO?

Kamu pasti sadar begitu banyak hal menarik yang ada di dunia ini, dan kita bisa mencari tahu semuanya di internet! Hanya tinggal mengetikkan kata kunci di mesin pencari, seperti Google, maka kamu dapat menemukan semua informasi yang kamu butuhkan. Semua informasi yang kamu cari, dalam hitungan detik bisa kamu temukan. Keren banget kan! Tapi gak cuma itu saja, saat ini banyak orang yang memanfaatkan internet untuk membagikan informasi hingga berjualan. Nah, agar kontenmu dapat menjangkau banyak orang, ada triknya loh. Salah satunya dengan penggunaan SEO. SEO adalah singkatan dari “search engine optimization”. Eits tenang, biar gak bingung lagi langsung saja kita kupas tuntas.

Singkatan Dari Search Engine Optimization, Apa Sih Fungsi SEO?

Mungkin kedengarannya rumit, tapi search engine optimization atau SEO memiliki peran yang sangat besar bagi sebuah website loh! Khususnya jika kamu memiliki sebuah brand, dengan SEO orang dapat dengan mudah menemukan situs brand milikmu. SEO sendiri adalah sebuah teknik optimasi website, agar selalu mendapat rangking teratas di halaman utama hasil pencarian Google. Karena selalu di rangking teratas, maka situsmu berpotensi dilihat lebih banyak orang. Audiens yang dijangkau pun akan tepat sasaran sesuai tujuan awal dibuatnya situsmu.

Cara kerja SEO mengoptimasi suatu website berdasarkan kata kunci yang melewati tahap riset dan target. Contoh sederhananya, seperti yang kamu ketahui goKampus memiliki banyak artikel terkait universitas hingga jurusan kuliah, baik IPA maupun IPS. Optimalisasi kata kunci yang adalah “Jurusan IPS Favorit” serta beberapa kata kunci turunan lainnya yang berkaitan. Ketika kamu ketik kata kunci “Jurusan IPS Favorit” di Google, hasil artikel goKampus terkait jurusan IPS akan muncul paling atas pada halaman pertama Google.

SEO ternyata penting dan dibutuhkan, karena umumnya pengguna internet akan cenderung membuka suatu situs, yang terletak paling atas di halaman utama pencarian. Hal ini tentu akan memengaruhi traffic suatu website. SEO sendiri sebagai salah satu digital marketing yang paling murah. Melansir Cognitive SEO, penggunaan SEO adalah investasi yang menjanjikan untuk keberhasilan bisnismu di masa mendatang. Tanpa SEO, maka website akan sulit terlihat dan menjangkau audiensnya.

Tools yang Harus Kamu Kuasai

SEO tools adalah software yang berguna untuk mengoptimasi website-mu. Mulai dari mencari kata kunci yang bagus dan kuat, memantau traffic website, menganalisis kecepatan website, dan sebagainya. Sebagai pemula, ada banyak loh tool yang bisa kamu gunakan untuk belajar SEO. Ada tool yang sifatnya gratis, ada juga yang berbayar. Semua menyesuaikan tergantung kebutuhanmu. Nah, berikut ini beberapa tool yang bisa kamu gunakan untuk SEO sebagai pemula.

1. Google Analytics

2. Google Search Console

3. Google Trends

4. Ahrefs

5. Keyword Planner

6. Keywordtool.io

7. Moz

Ternyata SEO memiliki peran yang sangat penting ya bagi keberhasilan bisnismu. Tentu saja selain meningkatkan banyak pengunjung ke website, SEO juga dapat membantu untuk brand awareness bisnis kamu loh. Karena semakin bagus peringkat website kamu di Google, maka semakin banyak orang yang mengetahui website-mu.

Gimana? Tertarik dan siap meningkatkan bisnismu? Kalau kamu ingin belajar lebih banyak dan meningkatkan skill SEO, kamu bisa ikutan kursus online di goKampus! Kursus online di goKampus, dapat skill, dapat juga sertifikat siap kerja dari Singapura! Penasaran kan? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *