contoh entrepreneur
Tips Belajar

6 Contoh Entrepreneur Inspiratif! Kisahnya Abadi Dalam Buku Loh

Ada banyak contoh entrepreneur inspiratif yang kisahnya abadi di dalam sebuah buku. Nah, cerita bagaimana mereka membangun bisnis dari awal hingga sukses bisa jadi pelajaran berharga buat kamu. Sebab seperti kata pepatah klasik, jika ingin sukses, belajarlah pada yang sudah berhasil mendapatkannya. 

Belajar menjadi entrepreneur memang bukan sekadar memahami apa saja prinsip, karakteristik, atau mindset seorang entrepreneur. Lagipula sekarang banyak kok buku mengenai entrepreneurship dan biografi-biografi khusus yang enak dibaca. Kamu bisa belajar dari tips dan trik yang mereka berikan.

Contoh Entrepreneur WOW Yang Abadi Dalam Buku

1. Richard Branson – Losing My Virginity

Nama Richard Branson dalam dunia usaha memang sudah populer, terutama di negeri asalnya Inggris. Ia memulai usahanya sejak usia yang terbilang masih belia. Nah, kisah Richard Branson yang nekat berbisnis dari usia 16 tahun ini bisa kamu baca di buku biografinya yang berjudul Losing My Virginity.

Buku ini cocok untuk kamu yang masih ragu untuk memulai bisnis. Di sini kamu bisa melihat sifat tak segan ambil risiko, mendedikasikan hidup pada bisnis dengan sungguh-sungguh, hingga mendahulukan keberanian daripada ketakutan. Berkat strategi berpikirnya, Branson berhasil memiliki 360 perusahaan.  Di buku ini ia juga membahas soal entrepreneur sukses lainnya, seperti Elon Musk.

2. Yvon Chouinard – Let My People Go Surfing

Kata siapa hobi dan profesi tidak bisa berjalan beriringan? Yvon Chouinard adalah salah satu contoh entrepreneur yang berhasil merealisasikan kecintaannya pada panjat tebing untuk menjadi ide bisnis yang kemudian sukses besar. Sangat menyukai kegiatan yang berkaitan dengan alam, pemanjat tebing Amerika Serikat ini justru terinspirasi untuk terjun ke dunia bisnis dari hobinya itu. Alasannya sederhana, bermula dari keinginan untuk bisa memiliki pakaian panjat tebing yang sesuai seperti yang ia mau.

Di sisi lain, Yvon juga seorang pencinta lingkungan. Ia ingin membuktikan bahwa seorang entrepreneur juga bisa membangun kerajaan bisnis tanpa mengganggu kelestarian lingkungan. Perusahaannya yakni Patagonia yang menyediakan perlengkapan olahraga ini telah menjadi salah satu contoh perusahaan paling berkelanjutan.

3. Marc Randolph – That Will Never Work

Netflix & Chill, mungkin menjadi jargon yang paling melekat di kalangan generasi milenial saat ini. Nah mungkin kamu perlu berterima kasih nih sama sosok CEO pertama dari platform nonton streaming terpopuler yang tayang di sekitar 40 negara ini. Marc Randolph sudah mulai mencetuskan Netflix sejak tahun 1999, kamu akan melihat konsistensi Randolph dalam mengembangkan bisnisnya di buku That Will Never Work ini.

Di buku ini Randolph menekankan bahwa untuk membangun sebuah bisnis, jangan hanya terus menunggu ide datang dengan rebahan santai saja. Kuncinya, lakukan saja dahulu apa yang kamu punya di kepalamu! Ide bisnis bisa terus berkembang beriringan dengan itu semua.

4. Phil Knight – Shoe Dog

Buku dari pendiri brand populer Nike ini sayang kalau terlewatkan. Ada banyak pembelajaran berharga dan cukup detail dari buku Shoe Dog ini. Dikemas seperti sebuah memoir dari perjalanan bisnis Phil Knight yang tentunya gak mudah. Bahkan, butuh waktu hingga 20-an tahun hingga publik akhirnya mengenal dan menerima perusahaan Nike itu sendiri. Mulai dari perjalanannya menemukan ide bisnis, hingga menentukan logo yang sesuai.

Merintis di tahun 1960-an dan mendapatkan pengakuan pasar tahun 1980-an, kisah suksesnya bisa menjadi contoh entrepreneur yang menanamkan nilai-nilai pantang menyerah dalam bisnis. Gagal itu hal yang wajar. Sama seperti makna kehidupan itu sendiri, berbisnis juga ada kalanya bisa seperti roda yang berputar.

5. Anne Boden – Banking On It

Ada banyak kutipan menarik yang bisa kamu ambil di salah satu buku contoh entrepreneur inspiratif ini. Misalnya, “Tidak ada gunung yang terlalu tinggi untuk didaki”. 

Anne Boden adalah sosok pengusaha sukses yang berada di balik kisah buku ini. Namun, CEO Starling Bank ini sendiri mengatakan bahwa ini bukan buku memoar. Di dalamnya kamu akan lebih berfokus pada cerita sukses dibangunnya Starling Bank itu sendiri.

Starling Bank adalah sebuah bank digital Inggris yang memulai langkah revolusionernya di dunia perbankan di sekitar tahun pasca-2008. Seru untuk dibaca, bahkan kisah dalam buku ini pun dirasa akan sukses jika diangkat ke cerita layar lebar. Melalui buku Banking On It ini kamu diajarkan untuk berpikir menjadi revolusi yang ingin kamu lihat ada di sebuah industri.

6. Peter Tiel – Zero to One

Dikenal sebagai tokoh yang blak-blakkan, melalui buku pendiri PayPal yakni Zero to One ini kamu akan menemukan banyak tips bisnis yang menarik.  PayPal sendiri adalah aplikasi transfer online paling populer. Bahkan, menjadikannya sebagai ikon dari Silicon Valley. Sesuai dengan perkembangan zaman, buku ini berfokus pada bagaimana caranya merintis bisnis teknologi dengan berbagai risiko yang harus dipertimbangkannya.

Melalui kisah suksesnya kamu bisa ambil pelajaran bahwa untuk menjadi entrepreneur sukses kamu juga harus menjadi unik. Jadilah berbeda, maka kamu akan menemukan peluang yang baru dan fresh. Diiringi dengan ide yang bernilai. Maka, usaha yang kamu jalankan bisa menjadi inovasi baru yang menjual.

Tentunya, belajar dari kesuksesan pengusaha gak hanya dari buku saja ya. Kamu juga bisa belajar dari rumah lewat berbagai media lainnya seperti film ataupun kelas-kelas online, salah satunya kelas online goKampus.

Saat ini, goKampus akan mengadakan 4 Kelas Live Eksklusif yang bekerja sama dengan kampus terbaik Singapura, Nanyang Technological University (NTU). Dengan mengikuti salah satu kelas ini, kamu berkesempatan mendapatkan sertifikat berlisensi NTU yang bergengsi dan bertaraf internasional! Penasaran? Info lengkapnya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *