ciri-ciri kepribadian ganda
Tips Belajar

Apa Ciri-Ciri Kepribadian Ganda? Yuk, Kenali!

Kamu mungkin pernah mendengar istilah kepribadian ganda, entah dari film atau informasi terkait selebriti yang memiliki kepribadian ganda. Masih banyak yang menganggap kepribadian ganda sama dengan bipolar. Meski sekilas terlihat mirip, namun gangguan bipolar bukanlah kepribadian ganda. Nah, biar semakin paham dan gak bingung lagi, yuk kenali ciri-ciri kepribadian ganda!

Ciri-Ciri Kepribadian Ganda

Kepribadian ganda adalah kondisi di mana seseorang memiliki kepribadian yang berbeda-beda lebih dari satu dalam tubuhnya. Perbedaan ini memengaruhi tingkah laku, perasaan serta pikiran penderitanya. Ketika mengalami kondisi tersebut orang-orang dengan gangguan kepriadian ini juga akan mengalami gangguan ingatan dan kesadaran, baik pada identitas diri atau kejadian di sekitarnya.

Orang-orang dengan gangguan kepribadian ganda tidak akan menyadari jika ia mengidap gangguan tersebut. Setiap masing-masing kepribadiannya muncul, maka orang tersebut akan memiliki pola pikir, cara bicara, perilaku, jenis kelamin, serta usia yang berbeda-beda. Masing-masing kepribadian tersebut sangat berpengaruh dan bisa mengambil alih tubuh orang-orang dengan gangguan kepribadian ini. Mengutip Hello Sehat dan Alodokter, berikut ciri-ciri kepribadian ganda yang perlu kamu tahu!

1. Memiliki perilaku dan ingatan yang berbeda-Beda

Orang dengan gangguan kepribadian ganda sering kali tidak menyadari perbuatan apa saja yang telah mereka lakukan. Masing-masing perilaku cenderung berlawanan. Umumnya, mereka juga akan merasa amnesia, alias lupa ingatan. Mereka tidak akan mengingat dan menyadari apa yang terjadi di sekitar mereka.

Orang-orang dengan gangguan kepribadian ini tidak ingat pernah melakukan tindakan tertentu atau berada di suatu tempat, begitu juga dengan alasannya. Hal ini karena masing-masing kepribadian tidak mengetahui apa yang terjadi ketika tubuh diambil alih oleh kepribadian yang lain. Seolah-olah orang tersebut akan ‘tidur’ saat karakter lain mengendalikan tubuhnya.

Baca Juga: Apa Itu Entrepreneur? Simak Pembahasan dan Tantangannya

2. Fisik akan merasakan sakit ketika berpindah kepribadian

Meski belum tahu pasti apa alasannya, namun saat berpindah kepribadian, tubuh penderita akan mengalami rasa lelah atau sakit kepala yang luar biasa. Karena perpindahan karakter ini akan sangat menguras tenaga penderita.

3. Mengalami gangguan psikologis

Perbedaan karakter juga menyebabkan suasana hati penderita berubah-ubah. Misalnya, di suatu waktu penderita bisa saja merasa tidak berharga, depresi, hingga ingin bunuh diri. Sementara, di waktu lainnya, ia bisa saja marah tanpa alasan yang jelas serta merasakan berbagai gejolak batin. Oleh karena itulah, orang-orang dengan gangguan kepribadian ini akan plin-plan dan sulit mengambil keputusan.

Beberapa gangguan psikologis lain yang bisa terjadi adalah rasa cemas yang berlebihan, serangan panik, serta gangguan pada pola makan dan tidur. Karena berbagai gangguan psikologis ini, orang-orang dengan gangguan ini menjadi sulit untuk menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitarnya, baik menjalin hubungan secara personal maupun profesional.

4. Sering kali lupa terhadap diri sendiri

Karena terdapat banyak karakter yang ada dalam tubuhnya, penderita kepribadian ganda sering kali tidak dapat mengenali diri sendiri. Misalnya, mereka bisa tidak mengetahui nama aslinya sendiri ketika tubuh diambil alih kepribadian yang lain. Mereka juga tidak akan ingat apa saja yang telah kepribadian lainnya lakukan sehingga jika ada luka memar atau berdarah di tubuhnya, mereka tidak akan ingat penyebabnya. Tidak jarang, mereka juga akan merasa asing dengan orang-orang dan tempat di sekitarnya.

5. Mengalami gejala depersonalisasi

Depersonalisasi adalah perasaan seolah-olah jiwa terlepas dari raganya. Orang-orang dengan gangguan kepribadian ini merasa bisa menonton diri sendiri dari luar tubuhnya. Seakan-akan mereka tidak berdaya saat kepribadian lainnya mengambil alih tubuhnya. Tidak hanya itu, penderita juga akan sulit membedakan antara halusinasi dengan kenyataan.

Baca juga: 5 Skill Wajib bagi Kamu yang Ingin Jadi Entrepreneur

Apa Saja Penyebab Kepribadian Ganda?

Mengutip Halodoc dan Alodokter, umumnya penyebab kepribadian ganda ialah adanya trauma psikis yang berulang-ulang. Trauma tersebut bisa berupa:

1. Penganiayaan atau penyiksaan

2. Kecelakaan

3. Musibah atau bencana alam

4. Pelecehan seksual secara fisik atau emosional

5. Peperangan

6. Kehilangan orang yang dicintai

7. Pola asuh orang tua

8. Adanya riwayat penyakit kepribadian ganda dari keluarga

Nah, jika kamu atau orang di sekelilingmu ada yang mengalami ciri-ciri kepribadian ganda di atas, ada baiknya segera perika kepada ahlinya. Hal ini karena kepribadian ganda dapat mengganggu kehidupan sehari-hari penderitanya.

Oh iya, kalau kamu punya minat tentang kesehatan mental dan ingin tahu seputar psikologi atau ingin mencari jurusan psikologi ada di kampus mana saja, kamu bisa cari infonya dengan klik di sini loh. Selain itu, kamu juga bisa daftar kuliah pake aplikasi goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima loh! Yuk, langsung cek di link ini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *