FAQ goKampus Tips Belajar Upskill

Alasan Universitas Di Belanda Jadi Favorit Pelajar

Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pastinya sudah gak asing lagi kalau dengar negara Belanda? Berasa gak sih sebenarnya Indonesia itu dekat banget sama Belanda dari sisi sejarahnya? Jadi, gak heran juga kalo mahasiswa di Indonesia banyak yang menempuh pendidikan di universitas di Belanda, bahkan lumayan banyak loh komunitas pelajar Indonesia yang lagi kuliah di universitas-universitas di Belanda.

Sebagai mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri sih pastinya menjadi impian bagi banyak anak-anak muda di Indonesia kan. Pendidikan yang berkualitas dan ingin mendapatkan pengalaman hidup yang berbeda biasanya selalu menjadi alasan utama kenapa sih mereka rela untuk pergi jauh dari rumah.

Tapi, melanjutkan pendidikan di luar negeri gak bisa sembarangan juga loh. Pastinya akan banyak pertimbangan yang mesti dipikirkan salah satunya adalah soal negaranya sendiri.

Untuk negara kecil seperti Belanda, biasanya orientasi di bidang pendidikan dan pelatihan sangat penting. Selain itu, lebih dari 95% penduduknya berbicara bahasa inggris dan mudah sekali untuk bisa berbaur secara sosial. Menghormati pendapat dan keyakinan masing-masing individu adalah kebijakan nasional yang memberi kekuatan pada tatanan masyarakat di belanda yang majemuk dan beragam. 

Sistem universitas di Belanda juga berfokus pada kerjasama tim, dimana menciptakan lingkungan yang ideal untuk berteman dan membangun komunitas. Gaya mengajar di universitas di Belanda juga digambarkan dengan interaktif dan berpusat pada pelajar, serta memberikan para pelajar perhatian dan kebebasan yang dibutuhkan untuk mengembangkan pendapat dan kreativitas sendiri.

Dengan kamu kuliah di universitas di Belanda, kamu bisa mengembangkan pikiranmu jadi terbuka dan kehidupan sosial. Tapi, kamu tau gak sih ada tiga kota di Belanda yang jadi favorit pelajar Indonesia yang ingin masuk ke universitas di Belanda, kota mana aja ya?

1. Amsterdam

Kota pelajar pertama di Belanda yang bisa kamu pertimbangkan adalah kota Amsterdam. Nah, kota ini jadi satu-satunya kota di Belanda yang masuk ke dalam jajaran 100 kota pelajar terbaik di dunia loh. Bahkan di negara Eropa sendiri, Amsterdam juga termasuk paling banyak dikunjungi dan jadi tempat favorit pelajar internasional.

Di sini, kamu bisa masuk ke universitas di Belanda sambil merasakan atmosfer tinggal di kota besar tetapi gak akan kehilangan esensi kota kecilnya. Meskipun ini adalah ibu kota Belanda, kamu bisa merasakan kenyamanan dari atmosfer belajar disini loh.

2. Groningen

Kota selanjutnya yang bisa dikategorikan sebagai kota pelajar di Belanda adalah Groningen. Di kota ini, kamu bisa menemukan banyak pelajar asing atau lokal yang mudah untuk ditemui. Justru sekitar 30% dari total penduduk Groningen masih berstatus pelajar. Jadi, kamu gak akan kesulitan dengan untuk bersosialisasi atau bertemu dengan para pelajar lain di seluruh kota. Seru banget kan?

3. Rotterdam

Meskipun kota Rotterdam gak memiliki begitu banyak mahasiswa internasional layaknya Amsterdam. Tapi, Rotterdam memiliki populasi budaya yang beragam dan ramah pelajar loh. Untuk fasilitas dan gaya hidupnya gak jauh berbeda dengan Amsterdam, kamu juga bisa menemukan banyak sekali pelajar internasional dan bersosialisasi dengan mereka.

Namun, kehidupan di Rotterdam termasuk lebih murah dibandingkan dengan Amsterdam loh. Setiap kota sih pastinya memiliki keunggulan masing-masing ya, yang pasti ketiga kota ini ramah pelajar internasional banget!

Baca Juga : 10 Jurusan Kuliah Terbaik Di Indonesia Favorit Maba

Sistem pendidikan tinggi di Belanda juga banyak menghasilkan lulusan-lulusan bergengsi yang memiliki kualitas pendidikan tinggi dan sudah berkarya di seluruh belahan dunia. Kira-kira apa sih alasannya Belanda dilirik jadi pilihan studi?

1. Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar

Meskipun Belanda sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki bahasa lokalnya sendiri, namun Belanda gak mengharuskan calon pelajar internasionalnya bisa menggunakan bahasa Belanda loh untuk bisa mengikuti pelajaran di sana.

Kebanyakan bidang studi di universitas-universitas di Belanda gak menetapkan persyaratan harus bisa berbahasa Belanda sebagai syarat umum untuk masuk ke universitas mereka, karena setidaknya sudah tersedia lebih dari dua ribu pilihan program studi di Belanda yang sudah menggunakan bahasa pengantarnya bahasa Inggris.

2. Favorit pelajar Internasional

Bisa dibilang bahwa Belanda merupakan salah satu destinasi favorit dari pelajar internasional loh, bahkan setidaknya ada lebih dari 2.500 pelajar Indonesia yang sedang menempuh studi di Belanda. Bukan tanpa alasan kenapa pelajar Indonesia banyak yang lanjut ke negara kincir angin ini, karena di Indonesia sendiri juga membuka beasiswa untuk belajar di Belanda.

Biasanya pelajar Indonesia yang menuntut ilmu ke Belanda pergi menggunakan biaya sendiri untuk jenjang S1 atau memanfaatkan beasiswa.

3. Universitas Kelas Dunia

Bisa masuk ke universitas di Belanda pastinya menjadi mimpi tersendiri untuk kamu ya, yang menarik adalah ada lebih dari 200 universitas di Belanda yang masuk ke dalam peringkat universitas kelas dunia loh. Bahkan 13 kampus diantaranya masuk ke jajaran 50 kampus terbaik di dunia.

Wah.. berarti universitas di Belanda sudah gak perlu kamu ragukan lagi nih kualitas pendidikannya. Kapan lagi kan bisa masuk ke universitas di Belanda khususnya di jajaran kampus terbaik di dunia?

4. Kualitas Pendidikan Terjamin

Belanda hanya bisa menerapkan satu sistem akreditasi tanpa adanya pemeringkatan. Hal ini menjamin bahwa kualitas pendidikan tinggi di Belanda memiliki standar tinggi yang sama. Sebaliknya, pendidikan tinggi yang gak lulus akreditasi gak diperbolehkan menerima mahasiswa untuk menjamin kualitas pendidikan di sana. Jadi memang harus kampus-kampus yang sudah memiliki akreditasi terbaik untuk bisa menerima mahasiswa.

5. Biaya Pendidikan Terjangkau

Untuk biaya universitas di Belanda, kamu gak perlu panik dan takut mahal loh karena biaya universitas di Belanda dianggap paling masuk akal dan terjangkau dibandingkan dengan universitas lain di Eropa yang menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar.

Biaya pendidikan S1 saat kamu masuk di universitas di Belanda rata-rata menghabiskan enam ribu sampai 15 ribu poundsterling dan S2 berkisar sekitar delapan ribu sampai 20 ribu poundsterling. 

6. Kota Terbaik Untuk Generasi Milenial

Yang menjadi istimewa saat kamu kuliah di Belanda adalah Amsterdam, Belanda terpilih menjadi salah satu kota yang paling oke untuk anak-anak muda. Dan gak hanya itu, Amsterdam juga memiliki ekosistem bisnis yang baik dan memberikan ruang bagi generasi milenial untuk mengembangkan berbagai kreativitas, esensi, dan kualitas hidup di generasi milenial.

7. “Home Away From Home.”

Nah, kalo ikatan historis sejarah Indonesia dan Belanda juga membuat banyak banget orang Indonesia di sana, meskipun orang Indonesia lebih prefer untuk menetap ataupun memilih studi di sana. Hal inilah yang membuat Belanda menjadi terasa “jauh tapi seperti berasa di rumah” bagi para pelajar di Indonesia. Jadi, kamu akan banyak banget bertemu dengan masakan, oleh-oleh, atau komunitas Indonesia di Belanda.

8. Peluang Karir

Sistem perekonomian di Belanda menduduki peringkat ke 18 di dunia, beberapa perusahaan besar seperti Unilever, Philips, Shell, dan lain-lain merupakan kepemilikan dari orang Belanda.

Negara kincir angin ini bisa dibilang merupakan pemimpin dalam beberapa bidang keahlian diantaranya adalah pertanian, pengelolaan air, seni dan desain, logistik, dan energi. Jadi, buat kamu yang sudah menempuh pendidikan di Belanda, kamu bisa memiliki kesempatan dan peluang karir yang terbuka lebar loh.

Buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Belanda.. Kamu sudah menentukan belum mau ambil universitas apa? Kunjungi halaman ON Campus (University of Amsterdam) dan daftarkan dirimu melalui fitur instant approval di aplikasi goKampus ya!

Wujudkan mimpimu untuk kuliah di Amsterdam bersama goKampus! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *