antropologi kampus
Kategori Kelas

Mengenal Jenis Mahasiswa dengan Antropologi Kampus

Tonton Sekarang

Tahu gak sih kalau ternyata ada satu ilmu yang mempelajari seperti apa kehidupan di kampus beserta dengan segala aspeknya? Aspek tersebut meliputi mahasiswa, dosen, karyawan, hingga staf yang membantu sarana prasarana di kampus. Salah satu ilmu yang mempelajari kehidupan kampus beserta isinya adalah antropologi kampus. Yuk, kita mengenal antropologi kampus beserta jenis-jenis mahasiswa!

Masih ingatkah kamu bagaimana perasaanmu ketika ketika lulus SMA dan akan memasuki dunia perkuliahan? Atau mungkin sekarang kamu lagi merasakannya?

Berbagai macam pertanyaan dan kekhawatiran pasti terlintas di benakmu. Mulai dari kehidupan di kampus, rasanya menjadi mahasiswa, kegiatan di kampus, dan sebagainya. Atau mungkin kamu malah bersemangat dan tak sabar untuk segera duduk di bangku perkuliahan. Tenang saja, hal itu wajar banget kok.

Sebagai calon mahasiswa baru, perasaan campur aduk itu pasti akan terasa setiap harinya. Nah, ngomongin soal kampus, ada ilmu yang mempelajari segala aspek di kampus loh. Kerennya, ilmu ini bisa kamu dapatkan dan pelajari lebih dalam ketika kamu mengambil kuliah jurusan antropologi.

Antropologi adalah jurusan yang mempelajari segala sesuatu tentang manusia, beserta sosial dan budayanya. Antropologi memiliki beberapa cabang keilmuan, seperti antropologi sosial, antropologi hukum, antropologi budaya, dan lainnya.

Apa Sih Antropologi Kampus?

Singkatnya, antropologi kampus adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia, mulai dari asal-usul, kepercayaan, ras, budaya, hingga aturan yang berlaku di dalam kampus. Di sini mahasiswa adalah pemeran utama dan agen perubahan (agent of change) dalam kehidupan kampus.

Di dalam kampus kita dapat bertemu dan melihat langsung berbagai kebudayaan yang mahasiswa lainnya bawa. Selain itu, di kampus juga akan terlihat perubahan sikap serta kebiasaan.

Jenis Mahasiswa berdasarkan Antropologi Kampus

Uniknya, dalam antropologi kampus kita juga bisa mengetahui tipologi mahasiswa. Tipologi mahasiswa adalah pengelompokkan watak dan sifat mahasiswa berdasarkan apa yang mereka minati. Inilah beberapa jenis-jenis mahasiswa yang biasanya ada di kampus. Kira-kira kamu termasuk yang mana?

1. Mahasiswa pemimpin

Biasanya mahasiswa ini adalah seorang aktivis di kampus. Tipikal mahasiswa ini selalu terlihat mencolok dan aktif di berbagai kegiatan kampus. Dia juga aktif di berbagai organisasi, baik di dalam kampus, atau pun di luar kampus. Baginya, pengalaman menjadi pemimpin di kampus sangat berarti untuk masa depannya kelak.

2. Mahasiswa pemikir

Mahasiswa ini akan sering kamu temui di perpustakaan, atau ruang diskusi. Karena hobinya adalah membaca buku, berdiskusi dan menulis. Ia akan selalu mencari tahu jawaban-jawaban atas segala pertanyaan di otaknya. Biasanya mahasiswa ini memiliki cita-cita sebagai peneliti, ilmuwan atau akademisi.

3. Mahasiswa study-oriented

Selalu masuk tepat waktu dan tidak pernah terlewatkan untuk mengumpulkan tugas, adalah gambaran yang tepat untuk mahasiswa ini. Apapun akan mereka tempuh demi mendapatkan nilai yang gemilang di dalam kampus.

4. Mahasiswa hedonis

Umumnya mahasiswa ini banyak memakai pakaian branded. Karena tampil stylish di kampus itu adalah wajib baginya. Tentunya mahasiswa ini akan terlihat mencolok dibandingkan dengan mahasiswa lainnya.

5. Mahasiswa agamis

Mahasiswa agamis akan sering kamu temui di berbagai tempat ibadah yang di dalam kampus. Selain rajin belajar, mereka juga tak pernah melewatkan waktu untuk beribadah

6. Mahasiswa abadi

Ini adalah predikat bagi mahasiswa yang belum juga lulus di atas sepuluh semester atau lima tahun masa pembelajaran.

Seru kan mempelajari antropologi kampus? Tentunya kamu bisa belajar lebih banyak cabang keilmuan antropologi lainnya, seperti antropologi sosial, budaya, hukum, dan kesehatan kalau masuk ke jurusan antropologi. Jika kamu penasaran seperti apa cabang ilmu antropologi lainnya, langsung cek di website goKampus, ya!

Oh iya, apakah setelah lulus kuliah nanti kamu berencana untuk kerja di perusahaan startup? Kalau iya, kamu juga perlu membekali diri dengan ikutan kelas bersertifikat di goKampus! Kalau penasaran seperti apa bekerja di perusahaan startup, kamu bisa ikutan kelas Memulai Karier di Dunia Startup Digital di sini.

Tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020? Nah, salah satu posisi yang industri butuhkan adalah UX Writer. Agar kamu siap kerja, yuk ikutan kelas Memulai Karier sebagai UX Writer di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *