produk bioteknologi modern antara lain
Kategori Kelas

3 Contoh Produk Bioteknologi Modern! Bisa Memperbaiki Kehidupan Manusia?

Pada era modern, seluruh bidang ilmu sudah semakin berkembang. Termasuk ilmu bioteknologi. Produk dari bidang ini bahkan meningkatkan kehidupan manusia ke taraf yang lebih baik. Seperti apa contohnya? ? Yuk, kita bahas seputar produk bioteknologi modern yang antara lain.

Produk Bioteknologi Modern Antara Lain Adalah Vaksin

Bioteknologi modern adalah cabang ilmu yang bisa bermanfaat dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah vaksin, sediaan biologis yang digunakan agar tubuh kita bisa menghasilkan kekebalan adaptif terhadap penyakit infeksi tertentu. 

Pada 1796, Edward Jenner, seorang ilmuwan asal Inggris telah menemukan vaksin. Ia menyadari bahwa pasien yang telah terinfeksi cacar takkan terkena penyakit tersebut di masa depan, karena tubuhnya sudah menghasilkan kekebalan terhadap virus cacar. 

Pengaruh vaksin terbilang sangat besar dalam kehidupan manusia untuk melawan penyakit bersifat pandemik seperti influenza, cacar, rabies, pes, difteri, tetanus, polio, campak, hepatitis B, serta COVID-19. Jika industri medis tidak bekerja keras untuk menciptakan vaksin COVID-19 secepatnya, mungkin saat ini pandemi Corona memiliki dampak yang jauh lebih buruk.

Mikroba Bakteri Pengurai Sampah Plastik

Sampah plastik adalah warisan buruk dari manusia untuk lingkungan karena butuh waktu bertahun-tahun supaya hancur . Namun, pada 2016 beberapa ilmuwan di Jepang menemukan bahwa ada jenis mikroba bakteri yang telah berevolusi untuk memakan plastik di sebuah tempat pembuangan limbah pabrik.

Penemuan ini ternyata bermanfaat bagi ahli biologi struktural bernama John McGeehan asal Universitas Portmouth, Inggris. Bersama timnya, McGeehan meneliti mikroba pengurai plastik dan merekayasa muatan enzim dalam bakteri tersebut, membuatnya lebih cepat dan lebih efektif hingga 20 persen dalam mengurai plastik.

Tapi meskipun ada bakteri pengurai plastik, kamu mesti tetap peduli lingkungan lho! Yuk, sebisa mungkin membatasi penggunaan bungkus plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 4 Tindakan Berikut Ini Dilakukan Dalam Bioteknologi Modern

Tanaman Transgenik

Sejak ribuan tahun lalu, leluhur kita bercocok tanam dengan bioteknologi konvensional, seperti memilih biji-bijian unggul. Kini, petani modern sudah menggunakan teknologi canggih seperti rekayasa genetika, kultur jaringan, dan DNA rekombinan untuk menghasilkan tanaman dengan sifat lebih unggul dari sebelumnya. Hal ini untuk mengatasi krisis pangan.

Salah satu produk bioteknologi modern untuk industri pertanian adalah tanaman transgenik. Tanaman yang menggunakan DNA asing sebagai pembawa gen sifat dari tanaman lain sesuai keinginan.

Contohnya adalah Jagung Bt, jagung hasil rekayasa genetika yang disusupi gen dari bakteri Bacillus thuringiensis. Gen yang diambil dari bakteri itu membuat jagung dapat membunuh hama lepidoptera, yang mampu mengurangi hasil panen hingga 30 persen. 

Nah, itu beberapa contoh produk bioteknologi modern. Gimana, keren-keren kan? Contoh-contoh tersebut membuktikan bahwa dengan mempelajari bioteknologi modern, kamu bisa melakukan sesuatu yang berdampak baik bagi umat manusia. Untuk mengetahui semua informasi tentang kuliah bioteknologi, langsung cari tahu di sini ya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *