jurusan kebidanan
Kategori Kelas

Prospek Kerja Jurusan Kebidanan, Bukan Hanya Jadi Bidan Loh!

Lulusan Jurusan Kebidanan tentu jadi bidan, memangnya mau jadi apa lagi, sih? Eits, tunggu dulu. Ternyata, Jurusan Kebidanan punya prospek kerja yang cukup luas, gak cuma jadi bidan. Yuk, kita bahas beberapa di antaranya.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kebidanan yang OKE banget!

1. Bidan

Ini tentu sangat obvious ya. Kuliah D3 Kebidanan ya tentu bisa berpraktik jadi bidan, entah itu di lembaga medis swasta ataupun instansi kesehatan milik pemerintah mukai dari rumah sakit, klinik, dan Puskesmas.

Indonesia membutuhkan banyak sekali tenaga kesehatan, salah satunya adalah bidan.Ini disebabkan wilayah negara kita yang sangat luas. Masih banyak daerah terpencil yang sukar dijangkau tenaga medis. Bagi kamu yang terpanggil untuk melayani saudara-saudara kita yang kekurangan akses untuk fasilitas kesehatan, kamu bisa menjadi bidan di daerah mereka.

Baca Juga: Calon Maba Merapat! Ini Perbedaan Gelar D3, D4, dan S1 Kebidanan

2. Dosen

Kamu-kamu yang suka mengajar bisa mengejar karier sebagai dosen. Tentunya, dosen yang mengajar di Jurusan Kebidanan juga. Namun, untuk menjadi dosen, kita wajib menyelesaikan pendidikan S2 terlebih dahulu. Sebab syarat ini memang sudah ketentuan.

3. Buka Praktik

Jika kamu punya modal, kamu bisa buka praktik bidan secara mandiri. Pendapatannya lumayan, tapi tentunya kamu juga mesti punya modal dan kemampuan manajemen yang bagus.

Tentunya kamu perlu mengurus sertifikasi dan surat-surat terkait perizinan usaha. Setelah semua surat lengkap maka kamu bisa membuka praktik. Hindari praktik secara ilegal, ya!

4. Pengasuh Anak

Ternyata, prospek kerja D3 Kebidanan tak hanya jadi bidan saja, loh! Kamu juga bisa menjadi pengasuh anak. Sebab, saat kuliah Kebidanan kamu akan mempelajari perawatan bayi dan balita. Contohnya, ada mata kuliah yang berjudul Asuhan Kebidanan Neonatus Bayi, Balita, dan Anak pra Sekolah. Cocok banget jadi pengasuh anak, kan?

5. Pelatih Senam Persalinan

Selain buka praktek, lulusan kebidanan juga bisa berwiraswasta dengan mendirikan tempat untuk senam persalinan. Kamu bisa menjadi pelatih, atau sekedar menjadi pengelola.

6. Instruktur Meditasi Persalinan

Seperti senam persalinan, meditasi persalinan juga merupakan usaha yang berprospek cerah. Sebab semakin banyak orang yang sadar untuk mempersiapkan persalinan yang sehat sejak dini. Tak hanya secara fisik, tapi juga mental. Dengan melakukan meditasi persalinan, para ibu hamil akan dipersiapkan mentalnya untuk menghadapi persalinan.

7. Penyuluh Kesehatan Kehamilan dan Reproduksi

Dengan ilmu yang telah dipelajari, seorang lulusan D3 Kebidanan dapat menjadi konsultan atau penyuluh kesehatan di bidang kehamilan dan reproduksi. Selain memberikan penyuluhan kepada ibu hamil, lulusan D3 Kebidanan juga bisa memberikan edukasi kepada perempuan mulai dari anak-anak sampai lansia mengenai kesehatan reproduksi.

Gimana? Kamu tertarik menjalani pendidikan Kebidanan? Pilih universitasnya di goKampus ya! Di goKampus, kamu bisa memilih kampus-kampus favorit dengan mudah, berpeluang dapat program beasiswa senilai total Rp10 miliar, dan CASHBACK up to Rp500.000 untuk setiap pendaftaran melalui Instant Approval di aplikasi goKampus. Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *