siap kerja
goKampus Tips Belajar Upskill

8 Tips Efektif Cara Menjadi Pintar Zaman Now!

Seiring dengan bertambahnya kesibukan semenjak lulus SMA, pasti kita akan merasakan kesulitan menemukan waktu yang benar-benar pas untuk duduk dan menambah wawasan. Rasanya kadang-kadang kita ingin mencari cara agar menjadi pintar dan aktif dalam banyak hal. Namun, karena kesibukan yang melanda, jangankan mengikuti les atau kursus lainnya, membaca buku aja mungkin sedikit kesulitan.

Sebenarnya kamu gak perlu bingung, meskipun sibuk tapi ada banyak cara loh yang bisa kita lakukan biar otak kita bisa jadi lebih pintar daripada biasanya. Tentunya harus memaksimalkan waktu untuk belajar dan latihan-latihan khusus nih. goKampus akan kasih kamu 8 tips gimana cara menjadi pintar di tengah kesibukan! Cek artikel ini ya!

1. Banyak membaca ya!

Cara menjadi pintar yang pertama adalah kamu harus perbanyak pengetahuanmu dengan membaca buku atau apapun! Diyakini harusnya semua orang sepakat kalau semakin banyak membaca tentunya bakal membuat wawasan kamu semakin luas.

Gak harus membaca koran aja loh, kamu bisa membaca apapun yang bisa membantu otakmu bekerja, misalnya kamu membaca buku digital di handphone atau komputer, membaca novel fiksi atau non-fiksi, bahkan membaca artikel-artikel online yang ada di media. Dan waktu membaca pun juga gak harus kamu selesai satu hari, kamu bisa mencicil bacaanmu sesuai waktu yang kamu bisa.

2. Memanfaatkan waktu secara tepat!

Cara menjadi pintar yang kedua adalah dengan memanfaatkan waktu secara tepat dan bijak. Sering-sering membuka media sosial dan internet bukan berarti harus dihabiskan dengan hanya menonton youtube atau video-video lucu loh!

Mumpung di jaman now kamu bisa mencari segala sesuatu di internet, kamu harus memanfaatkan hal itu ya. Kamu bisa membaca blog, mengikuti kursus online, menonton seminar, atau siaran langsung yang bermanfaat.

3. Tulis ulang materi apa aja yang udah di baca!

Cara menjadi pintar yang ketiga adalah kamu bisa menyempatkan beberapa menit setiap harinya untuk menulis segala materi yang baru aja kamu pelajari. Dengan menulis ulang materi yang kamu pelajari, itu bisa membantu kamu untuk mengingat materi tersebut lebih lama dan lebih mudah. 

Apalagi kalau kamu menulisnya dengan tangan di atas kertas, karena syaraf motorik akan ikut bekerja dan kamu jadi lebih fokus pada apa yang kamu tulis dibanding menulisnya dengan keyboard komputer atau touchscreen. Menulis dengan tangan selama 7 menit per hari adalah latihan agar otak tetap terasah.

4. Belajar untuk jelaskan hal yang kamu pelajari ke orang lain

Cara menjadi pintar yang selanjutnya adalah selain kamu menulis, kamu juga harus bisa menjelaskan seluruh materi yang telah kamu pelajari kepada orang lain. Hal ini bisa membantu kamu untuk mencerna ulang apa yang telah kamu pelajari. Zaman sekarang, mendapat informasi baru sangat mudah, tapi yang lebih penting adalah bagaimana kamu bisa tetap menyimpan informasi itu dan membaginya ke orang lain.

5. Membuat list!

Cara menjadi pintar yang selanjutnya adalah membuat list atau daftar yang berhasil kamu raih. Jadi, hal ini berbeda dengan membuat bucket list ya. Hal ini sangat direkomendasikan karena membuat list ini bisa membangun rasa percaya diri dan rasa bahagia dengan melihat pencapaian apa aja yang sudah kamu raih nih.

Baca Juga: Lulus SMA Mendingan Kuliah Atau Kerja Ya?

6. Main games yang mengasah otak!

Main games gak melulu berakibat negatif loh! Cara menjadi pintar yang selanjutnya adalah dengan bermain games yang bisa mengasah otak dan kemampuan. Kamu bisa mulai mencoba game-game yang ngetren dengan mengasah otak misalnya saja seperti game catur, atau puzzle. Jadi, daripada kamu menghabiskan banyak waktumu dengan membuka media sosial, kamu bisa bermain game aja.

7. Pintar pilih circle pertemanan!

Cara menjadi pintar yang selanjutnya adalah kamu harus pintar-pintar memilih untuk berteman dengan orang yang memiliki wawasan yang luas. Tentunya hal ini bisa membantu kamu untuk menambah wawasan juga loh dengan bergaul dengan mereka! Punya teman yang memiliki wawasan luas, kamu akan lebih termotivasi untuk keep up dengan pembicaraan mereka dan terdorong untuk terus menambah wawasan.

8. Mencoba hal baru!

Cara menjadi pintar yang terakhir adalah dengan mencoba berbagai hal baru di dalam kehidupanmu. Jangan pernah berkata “Gak bisa” dulu! Karena semakin banyak kamu mempelajari banyak hal, maka skill dan kemampuanmu juga bertambah loh! Justru siapa tau bisa berguna di masa depan.

Misalnya aja nih kamu ada seorang penulis yang memiliki skill menulis yang oke, tapi kamu gak mengerti soal desain. Gak ada salahnya kamu mengambil kursus desain loh! Karena bisa jadi nanti itu akan membantu kamu di masa depan!

Selain cara menjadi pintar, goKampus juga akan kasih tau kamu  juga gimana caranya memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuanmu! Simak tips ini yuk!

1. Pahami potensi dirimu sendiri!

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk mengambil jurusan dan program studi tertentu untuk masuk ke kampus yang kamu inginkan, alangkah baiknya untuk kamu bisa mencari tau dulu nih apa yang kamu minati di masa depan.

Misalnya aja sih kalo kamu merasa bahwa kamu memiliki potensi di bidang bahasa asing atau sastra, mungkin jurusan Ilmu Komunikasi, jurusan sastra inggris atau jurusan Hubungan internasional bisa kamu ambil sesuai dengan kemampuanmu.

Cara memilih jurusan kuliah lainnya adalah kalau memang kamu merasa bahwa kamu sudah mempersiapkan diri dari jenjang sebelumnya untuk fokus di mata pelajaran IPA, yang dimana memang kamu memfokuskan diri untuk pendidikan Dokter. 

Nah untuk memahami potensi dirimu, kamu bisa juga melakukan berbagai hal seperti mengikuti bimbel, atau ikut komunitas yang memiliki potensi yang sama,dan banyak cara lainnya.

2. Kenali passion utamamu!

Modal utama sebelum kamu fokus untuk berkarir di satu tujuan itu adalah passion atau hasrat yang kamu miliki. Jika kamu merasa kamu memiliki passion di bidang komunikasi, maka kamu jangan memaksakan diri untuk mengambil bidang kedokteran, karena kamu gak bisa mengambil jurusan yang berseberangan dengan kemampuan. 

Tapi, ada satu hal yang perlu diingat adalah passion yang dimiliki harus benar-benar kuat bahkan menjadi salah satu hobi. Kalo kamu memang benar-benar memilih jurusan kuliah sesuai dengan passion, pastinya saat kamu kuliah pun kamu akan bisa melewatinya dengan penuh kegembiraan.

3. Sesuaikan biaya kuliah

Cara memilih jurusan kuliah yang ketiga adalah kamu harus menyesuaikan budget kuliah yang kamu punya dengan biaya kuliah di kampus yang kamu inginkan. Nah, untuk biaya kuliah di setiap jurusan itu berbeda-beda, ada yang mahal banget hingga ratusan juta tapi ada juga yang kurang dari puluhan juta.

Kalau kamu ingin kuliah di jurusan apapun, penting banget untuk pertimbangkan keuangan dari orang tua atau uang kamu sendiri. Jangan sampai kamu mengambil jurusan yang biayanya sangat mahal namun kamu dan orang tua tidak punya persiapan budget yang cukup. 

Jadi, sebaiknya kamu diskusi dengan orang tua dulu terkait jurusan yang mau kamu ambil dan pertimbangkan biayanya. Kalau semuanya sudah sesuai dengan diskusi, pastinya kamu gak akan bisa kebingungan untuk mendaftarkan diri ke kampus yang memang kamu inginkan.

Buat kamu yang ingin mencari informasi lebih lanjut mengenai tips-tips dari goKampus mengenai dunia perkuliahan. Kamu bisa kunjungi halaman ini ya.

Semoga artikel dari goKampus bisa berguna untukmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *