Apakah kamu memiliki permasalahan dana untuk menggapai pendidikan yang lebih tinggi? Jangan khawatir karena dana kini tak lagi jadi kendala dalam melanjutkan pendidikan karena ada banyak sekali jalur beasiswa S1 dalam negeri yang bisa kamu coba dan dapatkan untuk mengatasi permasalahan dana dalam hal meraih gelar sarjana S1.

Tertarik untuk dapatkan beasiswa S1 dalam negeri? Berikut adalah beberapa beasiswa S1 dalam negeri bergengsi yang setiap tahunnya diselenggarakan dan bisa kamu coba!

1. Beasiswa BCA Finance

Pilihan Beasiswa S1 pertama adalah Beasiswa BCA Finance yang rutin diselenggarakan oleh BCA. Pesyaratan yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa ini cukup standar, yaitu nilai IPK minimal 3.00 untuk PTN dan 3.40 untuk PTS dan bisa diikuti semua mahasiswa S1 di seluruh Indonesia. Hanya saja, untuk bisa mengikuti beasiswa ini, kamu setidaknya harus berada di semester 2 perkuliahan atau lebih tinggi. Program beasiswa ini akan memberikanmu sejumlah dana setiap semesternya kepada mahasiswa pemegang beasiswa selama maksimum semester 8.

2. Djarum Beasiswa Plus

Alternatif beasiswa S1 dalam negeri lainnya adalah Djarum Plus yang bisa diikuti oleh semua mahasiswa S1 ataupun D4 yang telah berada di semester 4 dan terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi yang telah menjadi mitra Djarum Beasiswa Plus.

Setiap pemegang beasiswa S1 dalam negeri satu ini akan mendapatkan dana pendidikan setiap bulan selama satu tahun. Tak hanya dana pendidikan, program Djarum Beasiswa Plus juga akan membekali mahasiswa dengan berbagai program pelatihan untuk mengembangkan soft skills dari para mahasiswa pemegang beasiswa.

3. Beasiswa Cendekia Baznas

Beasiswa Cendekia Baznas merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional. Program beasiswa S1 ini diperuntukkan khusus untuk mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu. Selain itu persyaratan lain untuk mendapatkan beasiswa ini antara lain adalah mahasiswa telah berada di semester 5 dan berasal dari Universitas atau Perguruan Tinggi dengan akreditasi minimal B.

Pemegang beasiswa akan mendapatkan dana pendidikan setiap semesternya dan uang saku setiap bulannya hingga mahasiswa lulus atau semester 8.

4. Beasiswa Astra 1st

Pilihan beasiswa S1 dalam negeri selanjutnya adalah program Astra 1st yang diselenggarakan PT Astra Internasional yang bisa diikuti oleh mahasiswa yang berada di Pulau Jawa semester 2,4, atau 6, khususnya yang berada di jurusan jurusan Teknik, Ekonomi, Psikologi, IT, dan Statistik. Seperti Djarum Beasiswa Plus, tak hanya dana pendidikan, peserta program Astra 1st juga akan dibekali dengan berbagai pelatihan-pelatihan oleh tenaga profesional.

5. Beasiswa Sampoerna Foundation

PT HM Sampoerna, Tbk juga merupakan salah satu perusahaan yang memiliki program beasiswa S1 yang diselenggarakan melalui Sampoerna Foundation. Program beasiswa S1 yang ditujukan untuk mahasiswa-mahasiswa berprestasi ini memiliki tujuan untuk membangun pelajar yang memiliki semangat tinggi membangun negeri.

Pemegang beasiswa ini tak hanya akan menerima dana untuk biaya kuliah penuh selama 4 tahun, namun juga mendapatkan uang saku dan berbagai dana lainnya untuk menunjang pendidikan seperti tunjangan buku hingga internet untuk fasilitas belajar.

6. Beasiswa BFI Finance

Program beasiswa kuliah S1 selanjutnya adalah program beasiswa dari BFI Finance dimana pemegang beasiswa tak hanya mendapatkan dana pendidikan untuk menyelesaikan kuliah tapi juga jaminan untuk bisa bekerja di perusahaan BFI Finance sebagai peserta Management Trainee Program (MTP) BFI Finance.

Semua mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia bisa mendaftar beasiswa ini asalkan berada minimal di semester 4. Tak hanya biaya kuliah hingga maksimal semester 9, peserta beasiswa juga akan dibekali uang saku dan tunjangan lainnya untuk mendukung program pendidikan mahasiswa.

7. Beasiswa Unggulan

Tak hanya perusahaan swasta, lembaga pemerintah juga memiliki program beasiswa S1 yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah Beasiswa Unggulan yang merupakan program beasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program beasiswa S1 ini terbagi menjadi 3 jenis beasiswa, yaitu “Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi”, “Beasiswa Unggulan 3T”, dan “Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud”

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi adalah program beasiswa yang bisa diikuti mahasiswa yang maksimal berada di semester 2 dalam negeri untuk jenjang pendidikan S1 hingga S3 dan memiliki prestasi di berbagai bidang. Sedangkan program Beasiswa Unggulan 3T ditujukan bagi masyarakat yang berasal dari daerah 3T di beberapa provinsi di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri pada jenjang S1 hingga S3.

Dan untuk program Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud hanya bisa diikuti Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di pemerintahan.

8. Beasiswa BidikMisi

Program beasiswa S1 dari pemerintah lainnya selain Beasiswa Unggulan adalah program BidikMisi yang diselenggarakan Dikti. Program beasiswa ini bisa diikuti mahasiswa program D3, D4, dan juga S1 dan bisa diikuti oleh pelajar yang masih calon mahasiswa atau masih dalam proses pendaftaran kuliah atau telah diterima hingga mahasiswa yang telah berkuliah selama mahasiswa tersebut belum memasuki semester 2 perkuliahan.

9. BBP-PPA

Tak cuma program BidikMisi, Dikti juga memiliki program beasiswa kuliah BBP-PPA yang bisa diikuti mahasiswa yang berada di semester semester 2 hingga semester 8 perkuliahan. Program beasiswa ini akan memberikan bantuan dana pendidikan selama 2 semester bagi mahasiswa terpilih. Tentunya program beasiswa ini bisa menjadi alternatif bagi mahasiswa yang telah melewati batas untuk mendaftar beasiswa BidikMisi.

Itulah beberada daftar beasiswa S1 dalam negeri yang diselenggarakan baik oleh pemerintah maupun swasta yang bisa menjadi solusi untuk kendala dana pendidikan.

Ingin dapatkan lebih banyak info seputar beasiswa dan cara mendaftar beasiswa? Gunakan aplikasi goKampus untuk bisa mendapatkan banyak kesempatan untuk mendaftar ke berbagai program beasiswa. Tak cuma itu, goKampus juga memiliki layanan dana pendidikan yang bisa jadi solusi lain untuk kendala finansial pendidikanmu. Download aplikasi goKampus sekarang!

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like