entrepreneur muda
Kategori Kelas

5 Jurusan Kuliah Para Entrepreneur Muda Sukses Indonesia

Tahukah kamu bahwa gak semua entrepreneur muda Indonesia itu berlatar belakang jurusan bisnis saat kuliah. Beberapa dari mereka bahkan memilih jurusan yang cenderung jauh dari rumpun ilmu bisnis. 

Jurusan Kuliah Entrepreneur Muda Di Tanah Air 

1. Statistika – Iqbal Azhari (PT Kampung Properti Group)

Iqbal Azhari adalah CEO dari PT Kampung Properti Group. Pria kelahiran 1994 ini sukses berbisnis di dunia properti sejak usia belia. Nah, Iqbal kuliah di Institusi Teknologi Sepuluh November Surabaya dan mengambil jurusan Statistika. 

Jurusan Statistika itu mempelajari bagaimana proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan penganalisisan data yang nantinya bisa digunakan untuk mengambil keputusan. Nah rupanya, kemampuan mengolah data tersebut bisa jadi bekal yang bagus juga untuk jadi entrepreneur

2. Multimedia Komunikasi – Putri Tanjung (Creativepreneur)

Sukses menjadi entrepreneur hingga menjadi staff kepresidenan paling muda. Mungkin banyak nih dari kamu yang berkeinginan mengikuti jejak Putri Tanjung. Perempuan kelahiran 1996 ini adalah pendiri Creativepreneur Event Creator.

Menginspirasi, Putri mendapatkan gelar sarjana S1 sebagai lulusan dari Jurusan Multimedia Komunikasi, di Academy of Art University, San Francisco. Jurusan ini adalah kombinasi dari sistem informasi dan ilmu komunikasi. Berkaitan banget dengan perkembangan zaman yang ke depannya akan semakin membutuhkan keahlian komunikasi melalui sistem informasi terkini.

3. Ilmu Hukum – Intan Anggita Pratiwie (Setali Indonesia)

Sukses melahirkan brand fashion yang mengedepankan budaya Indonesia sekaligus menyelipkan tema kecintaan terhadap lingkungan. Produk fashion Setali Indonesia milik Intan Anggita Pratiwie ini memang panutan. Namun, siapa sangka, latar belakang pendidikan Intan sendiri adalah lulusan Fakultas Ilmu Hukum dari Universitas Parahyangan Bandung.

Di Jurusan Ilmu hukum sendiri, biasanya kamu akan mendapatkan pelajaran terkait perundangan-undangan. Di dalamnya terdiri dari hukum dasar yang terdiri dari hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana, juga konstitusi). Selain itu juga ada hukum internasional yang cakupannya lebih luas lagi.

4. Ilmu Komputer – Rafi Putra Arriyan (flip)

Aplikasi flip adalah aplikasi yang menawarkan jasa transfer uang antar bank tanpa biaya. Yup! Rafi inilah sang pencetusnya. Entrepreneur muda kelahiran 1994 ini menempuh jalur sarjananya di Jurusan Ilmu Komputer, Universitas Indonesia. Kalo kamu tertarik buat aplikasi juga seperti Rafi, jurusan ini sangat cocok untuk ditempuh.

Di Jurusan Ilmu Komputer kamu akan diajarkan bagaimana caranya menyusun algoritma dan programming untuk bisa mengembangkan sebuah aplikasi perangkat lunak. Ada banyak bekal ilmu dari jurusan ini yang sangat relate dengan perkembangan teknologi. Bekal ilmunya, bisa bantu kamu mengeksekusi ide-ide kreatifmu di dunia informasi digital yang semakin pesat ini.

5. Marketing Fashion Dan Manajemen – Charina Prinandita

Menu salted egg yang beberapa tahun belakangan menjadi trend ini ternyata di antaranya dipopulerkan juga oleh Charina Prinandita. Ia adalah pendiri dari gerai makan siap saji Eatlah. Siapa sangka, meski bidang usahanya berkecimpung di dunia kuliner. Latar belakang pendidikan Charina ternyata sedikit beda, nih.

Nah, kalau bicara tentang Jurusan Marketing Fashion dan Manajemen sendiri, lebih mengkhususkan pembelajaran bisnis di dunia mode. Kamu bisa belajar cara membuat strategi pemasaran, memahami serta memecahkan masalah dalam penjualan, menganalisa perilaku konsumen, cari tahu cara berkomunikasi yang baik dengan konsumen, hingga gimana menetapkan harga yang sesuai dalam industri mode.

Gimana? Kamu tertarik menjadi seorang pebisnis? Selama kamu memiliki ketertarikan pada bisnis, selalu ada cara untuk mewujudkannya. Sekarang tinggal gimana memanfaatkan bidang ilmu yang kamu tekuni menjadi sebuah peluang bisnis, misalnya mengikuti program-program kelas online singkat untuk menambah pengetahuan dan skill kamu dalam berbisnis yang saat ini sedang diadakan goKampus. 

Ada empat kelas online menarik yang dapat kamu ikuti. Program ini merupakan kerja sama goKampus dengan universitas terbaik Singapura, Nanyang Technological University (NTU). Di kelas ini, kamu bisa mendapatkan sertifikat profesional bertaraf internasional yang dapat meningkatkan nilai jual profilmu. Tertarik? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *