entrepreneur
Tips Belajar

5 Skill Wajib Bagi Kamu yang Ingin Jadi Entrepreneur

Saat ini makin banyak orang yang ingin menjadi entrepreneur. Beberapa beranggapan menjadi pengusaha dapat mengubah nasib mereka. Faktanya semua tak semudah yang dibayangkan. Artinya kamu akan lebih banyak bermain dengan risiko. 

Ya, entrepreneur atau wirausahawan adalah seseorang yang membangun atau menjalankan bisnis mereka sendiri. Berbeda dari karyawan-karyawannya, jiwa pengusaha harus memiliki mindset hingga karakteristik khusus yang mendukung kinerjanya. 

Gak hanya satu, bentuk risiko yang harus dihadapi meliputi risiko keuangan, risiko karier, risiko emosional, hingga risiko bisnis secara keseluruhan. Untuk itu, sebelum memulai, baiknya bekali dulu diri kamu dengan karakteristik pengusaha sukses. Lalu, apa saja sih skill wajib seorang entrepreneur?

Definisi Penting Entrepreneur

Arti entrepreneur sendiri adalah individu yang menciptakan bisnis baru, menanggung sebagian besar risiko, dan juga menerima sebagian besar imbalannya. Atau bisa bermakna sebagai seorang yang memulai dan menjalankan bisnis dengan keterbatasan sumber daya.

Ide bisnis ini cenderung pada suatu produk atau layanan jasa yang baru atau belum pernah ada. Seorang entrepreneur umumnya dipandang sebagai inovator, sumber ide, barang, jasa, dan bisnis/prosedur baru.

Entrepreneur terbilang memainkan berbagai peran kunci dalam bentuk ekonomi apapun. Keterampilan inisiatifnya bisa membantu antisipasi kebutuhan sekaligus membawa ide-ide baru yang bagus ke pasar. Kalau mau berhasil, berarti sudah mampu menghadapi dan mengatasi berbagai risiko.

Saat entrepreneur sudah berhasil dalam bisnis dan menciptakan startup, penghargaannya berupa keuntungan, ketenaran, serta peluang pertumbuhan yang berkelanjutan. Namun, untuk mereka yang gagal akan alami kerugian, hingga ditinggalkan pasar.

Komunikasi Efektif

Jika kamu tertarik menjadi seorang entrepreneur, maka kemampuan paling dasar yang harus kamu miliki adalah mampu berkomunikasi dengan baik. Mampu berkomunikasi di sini maksudnya bukannya kamu sekadar jadi orang yang cerewet ya, tetapi komunikatif dan pandai berbicara sesuai tempat dan kebutuhannya.

Bayangkan, jika kamu membawahi 500 lebih karyawan. Jika kamu tidak punya skills untuk berkomunikasi efektif terhadap mereka dalam menjalankan perusahaan, maka bagaimana perusahaan bisa berjalan dengan baik? Apalagi jika kamu harus berhadapan dengan orang-orang penting yang berpotensi memperluas berkembangnya perusahaan. Kamu bisa jadi kewalahan.

Jadi, jangan sepelekan kemampuan komunikasi ini. Kamu harus bisa menguasai berbagai bentuk komunikasi sebagai entrepreneur. Mulai dari percakapan satu lawan satu atau tatap muka, percakapan kelompok, komunikasi tertulis, termasuk komunikasi dalam bentuk e-mail maupun jenis pesan online lainnya. Terkadang, kamu juga harus mampu membedakan cara komunikasi dengan orang yang berbeda. 

Keterampilan Dalam Penjualan

Kemampuan dasar lain yang bisa mendukung terbentuknya karakteristik seorang entrepreneur yang kuat adalah memiliki skill sales atau melakukan penjualan. Hal ini penting, karena akan percuma jika entrepreneur hanya bisa berkomunikasi saja, tetapi tidak tahu bagaimana caranya menjual ide yang dimilikinya kepada calon investor.

Seorang entrepreneur idealnya mampu menjual ide, produk, layanan, baik kepada investor, pelanggan, maupun para karyawan mereka sendiri. Nah, keterampilan penjualan inilah yang akan menjadi nilai plus seorang entrepreneur di mata banyak para pemangku kepentingan, yang nantinya bisa memengaruhi kemajuan perusahaan juga. Sebab pada prinsipnya, seorang entrepreneur sejati harus mampu menjual apapun kepada siapa pun. 

Fokus Mendalam

Seorang entrepreneur juga penting untuk selalu fokus dengan apa yang dikerjakan. Jalan menuju entrepreneur yang sukses penuh dengan lika-liku. Siap atau tidak siap, kamu akan menemukan berbagai macam situasi naik turun yang sedikit banyak akan mempengaruhi kondisi mental. 

Jika kamu sulit fokus pada apa yang sebenarnya ingin kamu raih ketika menghadapi segala rintangan, bukan tidak mungkin kamu akan lebih mudah menyerah.Maka dari itu, fokus jadi kunci penting nih untuk kamu miliki. 

Kemauan Untuk Selalu Belajar

Mungkin kamu pernah mendengar, orang sukses adalah mereka yang selalu menjadikan dirinya sebagai seorang siswa seumur hidupnya. Artinya, orang yang sukses adalah orang yang selalu mau belajar. Nah, poin ini juga penting dimiliki seorang entrepreneur. 

Perjalanan jatuh bangun seorang entrepreneur tidak mungkin dihindari. Malah ada yang bilang, seseorang harus jatuh dulu untuk bisa melompat lebih tinggi. 

Jika kamu ingin terus kuat melaluinya hingga akhirnya sampai puncak, kamu harus menanamkan mindset entrepreneur yang selalu miliki kemauan untuk belajar yang kuat. Belajar bangkit setelah jatuh, belajar berlari setelah bangkit, belajar melompat saat berlari, dan seterusnya. Seorang entrepreneur harus memahami bahwa kegagalan yang dialami bisa jadi pembelajaran baru untuk menjadikanmu lebih maju ke depannya. 

Terampil Menyusun Strategi Bisnis

Ya, tentu saja untuk mencapai sesuatu, apapun itu, tidak hanya dalam dunia bisnis, kamu akan selalu membutuhkan sebuah strategi yang matang. Suatu tujuan tanpa ada perencanaan, hanya akan membuatmu kebingungan dan justru tersesat di tengah jalan. Keterampilan dalam membuat strategi bisnis ini bahkan terbilang sebagai yang terpenting di antara kelima skill entrepreneur yang harus kamu miliki.

Di sisi lain, saat kamu menyusun dan mengembangkan bisnis ini juga harus berbarengan dengan struktur dan strategi pertumbuhan yang berdasarkan naluri dan keterampilan bisnis yang baik. Seorang entrepreneur yang sukses harus memiliki strategi bisnis yang solid untuk membawa bisnis mereka dari baik menjadi hebat. 

Nah, ada banyak cara mengasah karakter entrepreneur yang mungkin masih terpendam di diri kamu. Salah satunya kamu bisa mengikuti berbagai kelas online menarik di goKampus seperti kelas Managing Business Strategy.  

Saat ini goKampus dan universitas terbaik di Singapura, Nanyang Technological University (NTU) menyediakan 4 kelas sertifikasi bertaraf internasional. Jadi, selain dapat ilmu bisnis yang sebelumnya belum kamu dapatkan di manapun, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat profesional langsung dari NTU! Yuk, buruan gabung! Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *