proker kkn
Tips Belajar

5 Langkah yang Harus Dilakukan Agar Proker KKN Berjalan Lancar

Dalam menjalani Kuliah Kerja Nyata alias KKN, kamu wajib memiliki program kerja alias proker KKN. Agar proker KKN kamu berhasil, inilah beberapa langkah yang wajib kamu lakukan. Yuk, simak lebih lanjut!

Riset dan Riset!

Pada dasarnya, proker KKN adalah perpaduan dengan apa yang sudah kamu pelajari di kampus dengan permasalahan yang terjadi di masyarakat tempat kamu melakukan KKN. Nah, makanya riset sangat perlu saat kita menyusun proker KKN. 

Pastikan situasi dan kondisi di lokasi kamu melakukan KKN. Cobalah untuk googling, atau malah kalau bisa kamu riset langsung ke lokasi desa KKN. Coba tanya-tanya warga sekitar, ada permasalahan seperti apa yang melanda desa mereka. Apakah kamu bisa tinggal di desa, apakah bakal mengganggu, dan masalah apa yang bakal muncul.

Memilih Masalah

Setelah riset, kamu akan menemukan masalah yang bisa kamu intervensi dan jadikan sebagai materi KKN. Mungkin kamu akan menemukan beberapa masalah sekaligus, apalagi kalau desa tempat kamu KKN memang lokasi yang terpencil, misalnya. 

Namun, gak mungkin kamu menyelesaikan semua masalah di desa tempatmu KKN. Nah, coba kamu bikin prioritas terhadap penyelesaian masalah tersebut ya. Jangan lupa untuk berdiskusi dengan teman kelompokmu.

Menyusun Rancangan

Setelah memilih masalah yang akan kamu intervensi, kamu bisa menyusun rancangan proker. Jika kamu mengerjakan KKN secara kelompok, inilah saat yang tepat bagi kamu untuk mulai membagi tugas dan tanggung jawab setiap anggota, sesuai dengan keahlian masing-masing. 

Setelah itu, kamu bisa menyusun jadwal. Mulai dari persiapan, pelaksanaan, evaluasi, hingga penyusunan laporan KKN.

Menyusun Anggaran Proker KKN

Soal duit jelas merupakan masalah penting. Pastinya akan ada biaya yang kamu lakukan selama kamu menjalankan KKN. Cobalah menyusun lebih dulu kira-kira menghabiskan dana berapa selama kamu menjalani KKN. Pastikan anggarannya masuk akal dan tentu sesuai kantongmu.

Sebab, ada kampus yang memberikan anggaran KKN, tapi ada juga yang gak memberi anggaran. Jika sudah begitu, kamu bisa patungan dengan teman kelompok. Atau, kamu bisa mencari sponsor untuk KKN kelompokmu.

Baca Juga: Tips Membuat dan Contoh Laporan KKN, Ternyata Mudah!

Siapkan Keperluan 

Umumnya, KKN akan berlangsung selama 1-2 bulan. Wah, itu waktu yang cukup lama loh! Sudah begitu, kemungkinan proker KKN akan menjadi waktu terlama bagi sebagian mahasiswa untuk berada di luar rumah. 

Nah, makanya persiapkan segala keperluan yang akan kamu butuhkan mulai dari kebutuhan pokok seperti makanan, pakaian, obat-obatan, perlengkapan mandi dan cuci, perlengkapan tidur, laptop, charger, alat tulis, dan lain-lain. 

Juga bolehlah persiapan kebutuhan untuk hiburan seperti kartu permainan, konsol game portable, headphone untuk mendengarkan musik, dan sebagainya. Pastinya, kamu harus mendiskusikan dengan teman sekelompok setelah melakukan survei lokasi ya. Sebab biasanya di lokasi tersebut ada barang-barang yang baru terungkap.

Itulah berbagai hal yang harus disiapkan sebelum kamu melakukan proker KKN. Siapkah kamu menjalani Kuliah Kerja Nyata? Selain mempersiapkan KKN, kamu jangan lupa untuk terus upgrade skill ya! Tujuannya agar siap menghadapi tantangan dan persaingan di dunia kerja nih. Ada cara cepat dan mudahnya. Kamu bisa mengikuti program online course dari goKampus.

Bermodalkan gadget, kamu bisa upgrade skill dan menambah nilai jualmu untuk masuk perusahaan dengan program sertifikasi. Jangan tunda-tunda lagi ya? Cek info detailnya dengan klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *