unsur seni rupa
Tips Belajar

8 Unsur yang Membentuk Karya Seni Rupa Dua Dimensi

Seni rupa merupakan sesuatu yang sulit digambarkan. Well, namanya juga seni, penilaiannya berdasarkan rasa, bukan dengan sains, logika, atau matematika. Namun, untuk memahami seni rupa, terutama versi dua dimensi, kita bisa memahami terlebih dulu beberapa unsur seni rupa. 

Unsur-unsur dalam seni rupa ini diolah oleh seorang seniman untuk membentuk karya seni dengan media yang berbentuk fisik, bisa ditangkap oleh mata, atau dirasakan dengan rabaan.

Baca Juga: Belajar Ilmu Seni Rupa Yuk! Cocok Buat Kamu yang Suka Estetika Tinggi

Apa Saja Unsur yang Membentuk Seni Rupa 2 Dimensi?

Titik

Titik merupakan unsur seni rupa yang pertama. Selanjutnya, titik bisa berkembang menjadi garis, bentuk, dan bidang.

Garis

Garis berkembang dari titik, lalu menjadi unsur seni rupa yang bergerak dalam sebuah ruang kosong. Untuk mengimplementasikan garis bisa dengan dua cara, yaitu garis dua dimensi dan garis tiga dimensi.

Bidang

Salah satu unsur seni rupa adalah bidang. Bidang ini merupakan implementasi dari garis dalam bentuk dua dimensi. Bidang terbentuk dari pertemuan antara ujung-ujung garis.

Bentuk

Bentuk merupakan implementasi dari bidang dalam bentuk tiga dimensi. Ada dua jenis bentuk yaitu geometris dan non-geometris. Contoh bentuk geometris adalah bentuk kubistis dan bentuk silindris. Sementara, bentuk non-geometris adalah bentuk dari objek yang ada di alam.

Tekstur

Bagian tekstur merupakan unsur seni rupa yang berkaitan dengan interaksi manusia tersebut. Tekstur bisa kamu raba melalui sentuhan, bahkan bisa terlihat oleh mata seperti halus, kasar, bergelombang, lembut, lunak, keras, dan sebagainya. Secara visual, tekstur dapat dibedakan menjadi tekstur nyata (terlihat kasar dan ketika diraba kasar, terlihat halus dan diraba halus) dan tekstur semu (dilihat kasar, diraba halus atau sebaliknya).

Ruang

Ruang menciptakan kedalaman dari sebuah karya. Untuk mendapatkan kedalaman ini harus memberikan kesan penggambaran seni rupa yang datar, pipih, menjorok, cekung, cembung, dekat, jauh, dan lainnya.

Warna

Warna membuat sebuah karya menjadi seperti benda dalam dunia nyata. Ada warna primer atau warna dasar, terdiri dari merah, biru, dan kuning, lalu ada warna sekunder yaitu hijau, ungu, dan jingga, serta warna tersier; yaitu pencampuran dua warna, misalnya biru dengan hijau menjadi cyan.

Gelap/Terang

Gelap/terang adalah unsur suatu karya yang timbul karena adanya perbedaan intensitas cahaya yang jatuh pada permukaan benda. Penggunaan unsur seni rupa ini untuk menonjolkan unsur tertentu, atau memberi kesan jarak atau volume dari sebuah karya seni.

Baca Juga: 5 Pertimbangan Penting Sebelum Ikut Seleksi Mandiri PTN

Gimana guys? Kamu tertarik untuk berkarier di bidang seni? Kamu bisa kuliah di jurusan seni di universitas favoritmu di platform goKampus di sini ya! Dapatkan beasiswa total Rp10 miliar dan DISKON UP TO 65% bagi kamu yang daftar kuliah melalui Instant Approval di aplikasi goKampus. Cek infonya dengan klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *