tips belajar di rumah
goKampus Tips Belajar Upskill

8 Tips Belajar Di Rumah Yang Cocok Buat Kamu

Meskipun selama tahun 2020 ini sedang ada pandemi covid-19 di Indonesia, seluruh sekolah dan universitas di Indonesia menerapkan belajar dari rumah atau yang biasa dikenal dengan School From Home (SFH) nih guys. Meskipun kita memiliki gaya belajar masing-masing, tapi beda banget nih kalau kita belajar di rumah. Nah, kalau kamu kesulitan untuk beradaptasi dengan gaya belajar di rumah, ini dia ada tips belajar di rumah khususnya selama masa pandemi!

1. Berkomunikasi dengan orang lain di rumah!

Tips belajar di rumah adalah kamu penting banget untuk memberitahu anggota keluargamu kalau kamu sedang belajar secara online dan sebisa mungkin menghindari gangguan yang gak perlu. Ini bisa memberikan kesempatan untukmu untuk berkonsentrasi.

2. Jangan belajar terlalu lama di depan laptop!

Tips belajar di rumah yang kedua adalah kamu jangan belajar terlalu lama di depan laptop ya karena penggunaan ponsel dan laptop yang berlebihan bisa menimbulkan gangguan mata dan kesehatan juga loh! Kamu harus bisa meluangkan waktumu untuk beristirahat. Jadi, jangan forsir belajarmu terlalu lama dan intens ya.

3. Berikan reward atau hadiah kepada dirimu sendiri!

Tips belajar di rumah yang selanjutnya adalah meskipun kamu sangat giat belajar tapi kamu juga gak boleh lupa nih untuk menghargai diri sendiri. Kamu bisa memberikan dirimu sendiri apresiasi jika sudah selesai mengerjakan tugas yang padat atau baru selesai mengerjakan kuis yang membutuhkan duduk menatap laptop dalam waktu yang lama.

4. Belajarlah secara berulang!

Tips belajar di rumah yang selanjutnya adalah belajar secara berulang-ulang, nah kamu bisa menggunakan cara ini untuk memaksimalkan gaya belajarmu. Kamu bisa belajar dalam kurun waktu 5-10 menit aja, tapi bisa sering. Hal ini bisa membantumu mengingat dan memahami banyak hal, kamu akan jauh lebih produktif untuk belajar secara teratur dan memiliki jam istirahat yang pas. Meskipun gaya belajar seperti ini gak terlalu cocok untuk semua orang, tapi gak ada salahnya kalau kamu mencoba loh. 

Maksimalkan waktumu selama 10 menit untuk duduk dan fokus belajar topik yang ingin kamu pelajari selama setiap harinya dalam seminggu.

Baca Juga: 10 Tips Belajar Efektif Yang Bisa Kamu Terapkan

5. Cari tau gaya belajarmu sendiri!

Tips belajar di rumah selanjutnya adalah kamu harus bisa menemukan gaya belajarmu sendiri nih guys. Meskipun hal ini memang agak sulit dan biasanya selalu berubah-ubah, tapi kalau kamu sudah menemukan gayamu sendiri pasti semuanya akan berasa lebih mudah loh.

Sering-sering mencoba gaya belajar yang baru untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Misalnya aja kamu ingin mencoba belajar di siang hari secara tenang tanpa gangguan musik atau suara apapun, bisa juga kamu coba belajar di siang hari namun di tempat umum seperti taman/cafe biar memiliki suasana yang oke. 

Tapi, bisa juga nih kalau kamu mencoba belajar di malam hari sambil mendengarkan lagu, atau menonton tutorial video, atau mungkin kamu ingin mencoba belajar setelah selesai berolahraga untuk menjaga tubuhmu dan otakmu lebih fokus untuk menyerap pelajaran. Ada banyak sekali caranya guys! Kalian bisa mencoba gaya belajar yang lain sambil mencari gaya belajar seperti apa yang cocok untuk kamu ya!

6. Fokus dong!

Tips belajar di rumah yang selanjutnya adalah kamu harus fokus dengan pelajaranmu! Kalau kamu ada orang yang mudah selalu terganggu atau kamu adalah orang yang suka menunda-nunda ketika ingin belajar seperti main game dulu. Maka, kamu harus rela untuk mematikan seluruh perangkat elektronik kamu demi mendapatkan cara belajarmu sendiri. Kamu bisa pergi ke perpustakaan untuk bisa mendapatkan suasana belajar yang kondusif agar kamu bisa lebih fokus untuk memahami pelajaran.

7. Gunakan teknik Pomodoro

Mungkin sebagian dari kamu udah mengenal teknik pomodoro ini untuk menjaga aktivitasmu biar cara belajar efektif semakin terbukti dan semakin produktif. Buat kamu yang belum mengenal teknik pomodoro ini gampang banget. Atur timer kamu selama 25 menit dan gunakan waktu tersebut untuk belajar.

Namun, ketika timer berbunyi, gunakan waktu 5 menit untuk istirahat agar pikiranmu jauh lebih tenang dan rileks. Dan kalau 5 menit sudah berlalu, set timer 25 menit kembali dan mulai belajar lagi.

Kamu bisa mengatur waktu kamu sesuai target yang kamu inginkan, yang penting adalah kamu harus bisa mencoba on time dan produktif selama timer belum berbunyi.

8. Kerjakan hal yang sulit terlebih dulu

Cara belajar efektif yang selanjutnya adalah kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu yang sulit lebih dulu setiap harinya. Jadi ketika kamu telah menyelesaikan hal yang lebih susah, kamu akan memiliki perasaan dan percaya diri yang jauh lebih tinggi di hari tersebut. Kamu juga akan termotivasi untuk menyelesaikan hal-hal lain yang relatif jauh lebih mudah dan lebih gampang untuk diselesaikan secara cepat.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa loh klik halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *