cara mengatasi stres
Tips Belajar

8 Cara Mengatasi Stres yang Terlanjur Datang

Sebenarnya ada banyak cara mengatasi stres yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Namun sayangnya banyak orang justru meremehkan rasa stres itu sendiri. Padahal jika tidak segera diatasi, stres bisa berakibat fatal untuk kesehatan. Kita bahas yuk. 

Terkadang stres memang sulit untuk dihindari. Faktor penyebabnya ada banyak. Mulai dari padatnya jadwal dan kesibukan sehari-hari, kegagalan yang dialami, hingga faktor-faktor internal seperti masalah keluarga juga bisa membuat kita stres. 

Secara sederhana, pengertian stres sendiri adalah adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri. Stres adalah bagian alami dan penting dari kehidupan. Tetapi apabila berat dan berlangsung lama, stres dapat merusak kesehatan.

Baca Juga: Stres Akademik, Apa Itu dan Bagaimana Mengatasinya?

Efek Stres Pada Hidup Kamu

Nah reaksi yang timbul akibat stres ini berbeda-beda, meski merasakan stres yang sama. Ada yang langsung berpengaruh pada fisiknya seperti mudah sakit, berat badan turun, muncul jerawat, dan lain-lain. Ada juga yang berpengaruh ke psikis dan mentalnya seperti mudah marah, mudah lupa, atau kehilangan motivasi. Pokoknya macam-macam deh.

Namun sebenarnya ada juga stres yang gak berorientasi buruk pada hidup. Malah ada juga yang justru butuh rasa stres agar memiliki kekhawatiran, sehingga memotivasinya untuk melakukan hal baik. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara mengatasi stres dan cara menghadapinya dengan baik. Nah, bagi mereka yang tidak tahu inilah yang bahaya.

Stres yang tidak terkendali dalam jangka panjang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, contohnya tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau depresi. Selain itu, stres juga bisa menimbulkan berbagai gangguan, seperti sakit kepala, nafsu makan menurun atau binge eating, nyeri otot, insomnia, dan sulit untuk konsentrasi.

Sayangnya lagi, banyak orang justru gak aware sama kadar stres yang mereka alami. Mereka merasa kadar stresnya tidak terlalu besar sehingga tidak akan terlalu berdampak pada kesehatannya. Maka dari itu, jangan meremehkan begitu kamu merasa stres itu datang. Kamu bisa melakukan beberapa tips mitigasi berikut agar stres tidak berlarut dan mengganggu kesehatanmu.

Cara Mengatasi Stres yang Sederhana Tapi Ampuh

1. Berenang atau Mandi Air Hangat

Ada sebuah studi dari Swedia yang dipublikasikan dalam International Journal of Management Stress mengatakan bahwa berendam di air hangat baik buat relaksasi tubuh. Hal ini dapat membantu menekan tingkat hormon pemicu stres. Berendam juga mengurangi ketegangan dan rasa tertekan. 

Kalau di rumah gak ada fasilitas untuk berendam air hangat, kamu bisa sekadar staycation di hotel yang memilikinya. Bisa juga dengan pergi ke tempat relaksasi yang biasanya dilengkapi dengan lilin aromaterapi, alunan musik lembut, dan semacamnya. Contoh lain yang sederhana bisa juga dengan mandi air hangat di rumah. 

2. Menari, Menyanyi, Atau Bermain Musik

Mengistirahatkan mental dan fisik dengan menari, menyanyi, atau bermain musik bisa menyelamatkan kamu dari suasana hati yang buruk. Coba mainkan lagu favorit kamu dan lakukan beberapa gerakan tarian. Menggerakkan tubuh sambil bernyanyi dengan mengikuti irama adalah cara sederhana untuk menghilangkan stres. 

3. Corat-Coret

Gambar, tulisan, bahkan coretan juga bisa jadi ajang pelampiasan positif loh. Inilah yang pernah menjadi tren kalangan remaja dan orang dewasa yang umumnya dikenal dengan istilah doodling.

4. Menikmati Makanan Lezat

Sediakan waktu untuk menikmati makanan dan minuman yang sangat enak. Makanan dan minuman tinggi vitamin C, seperti jus jeruk, mampu secara fisiologis mengurangi stres dengan menurunkan kadar hormon stres, termasuk kortisol. Selain itu, vitamin ini juga dapat memerangi kerusakan akibat stres oksidatif.

5. Menonton Yang Mengundang Tawa

Tertawa juga bisa menjadi cara mengatasi stres yang sederhana. Tertawa mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh, kortisol, dan sebagai gantinya melepaskan hormon bahagia, yaitu endorfin sehingga dapat mengubah cara pandang kamu terhadap hal-hal yang membuat stres. Tontonan yang mengundang tawa banyak kok. 

6. Bermain Dengan Hewan Peliharaan

Salah satu alasan mengapa seseorang memiliki hewan peliharaan karena dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia, yaitu untuk mencurahkan kasih sayang. Bermainlah dengan mereka. Belai, peluk, ajak mereka bicara. Hal ini bisa cepat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin, yakni hormon yang berguna bagi tubuh untuk menenangkan pikiran dan otot. 

7. Ibadah

Penulis buku The SuperStress Solution, Dr Roberta Lee, bilang “Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang lebih banyak menggunakan agama atau spiritualitas mereka untuk menghadapi beratnya kehidupan. Mereka lebih mampu mengatasi stres, lebih cepat sembuh dari sakit, dan mereka mengalami peningkatan manfaat kesehatan dan kesejahteraan pribadi mereka.” Setuju? 

8. Diskusikan Stresmu

Cara mengatasi stres berikutnya adalah diskusi. Curahkan masalahmu, terutama hal yang membuatmu stres. Misalnya kamu stres karena mengalami kebuntuan pada pekerjaan di kantor mengenai satu hal tertentu. Kamu bisa kok mencari jawabannya dengan mengikuti kelas-kelas online. 

Penelitian mengungkap, ketidaktahuan seseorang untuk memecahkan suatu problem juga bisa menyebabkan stres. Rasa stres tersebut sulit hilang selama dia belum menemukan jawabannya. Nah, dengan mengikuti kelas-kelas online, kamu bisa mencari jawaban dari masalah yang kamu hadapi. Sebab kamu berkesempatan berdiskusi dengan pengajar atau ahli di bidangnya sehingga dapat membantu kamu memecahkan suatu masalah. 

Sudah tahu bahaya stres berkepanjangan kan? Lebih baik persiapkan diri kamu kapan pun dan di mana pun agar tidak mengalami stres dan sejenisnya ya. Caranya? Tambah wawasan dan skill kamu dengan ikutan kelas online di goKampus. Ada banyak kelas online di goKampus yang dapat kamu pilih sesuai minat dan kebutuhanmu dengan harga dan sertifikat menarik. Tertarik? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *