contoh kalimat persuasif
Tips Belajar

10 Contoh Kalimat Persuasif yang Sering Kamu Temukan

Akhir-akhir ini mungkin kamu sering mendengar “Racun TikTok check!” dari influencer di media sosial. Ayo, siapa yang sering kena dan terpengaruh kata-kata tersebut? “Racun TikTok” adalah istilah untuk tren konten yang memberikan berbagai informasi menarik terkait produk sehingga orang yang menonton konten tersebut dapat tergerak untuk membeli produk tersebut. Menariknya, kata-kata tersebut merupakan salah satu contoh kalimat persuasif, loh.

Lalu, sebenarnya apa sih kalimat persuasif itu? Mengutip dari buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan karya Taufiqur Rahman (2017), kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan meyakinkan dan membujuk orang lain agar mau melakukan atau menerima gagasan terhadap suatu hal. Kamu bisa menemukan contoh kalimat persuasif pada iklan untuk mempromosikan produk.

10 Contoh Kalimat Persuasif

Ada berbagai contoh kalimat persuasif kekinian yang bisa kamu temukan di konten yang ada di media sosial, mulai dari ajakan, sekadar review hingga dalam bentuk tutorial. Karena dapat memengaruhi banyak pengguna media sosial, terutama TikTok, maka muncullah istilah “Racun TikTok”.

“Racun Tiktok” adalah salah satu bukti bahwa kalimat persuasif dari influencer memiliki peran yang sangat tinggi untuk mendorong orang lain penasaran, tertarik hingga membeli produk tersebut. Penasaran seperti apa contoh kalimat persuasif lainnya? Yuk, cek contohnya berikut ini!

  1. Mau tau rahasia kulit cerahku? Pakai skincare ini dan katakan bye-bye pada kulit kusam!
  2. Inilah satu-satunya smartphone dengan kecanggihan terbaru. Segera dapatkan dan coba kehebatannya!
  3. Ingin makan enak meskipun akhir bulan? Gak usah khawatir, dengan (nama produk) kamu bisa tetap makan enak dengan diskon gila-gilaan!
  4. Inilah saatnya kamu mengembangkan potensimu dengan mengikuti kelas character building di kampusmu!
  5. Ayo bersama-sama kita jaga dan rawat bumi ini!
  6. Lindungi dirimu dan orang sekitarmu dari virus Covid-19 dengan memakai masker!
  7. Gak ada alasan untuk gak berolahraga karena kesehatanmu adalah hal yang paling mahal!
  8. Masa muda gak datang 2 kali, manfaatkan waktumu semaksimal mungkin untuk mencoba berbagai hal yang positif!
  9. Gunakan hak pilihmu dengan bijaksana demi Indonesia yang lebih maju!
  10. Pempek Palembang terbaik, harga kaki 5, rasa bintang 5!

Baca Juga: Bagaimana Contoh Kalimat Persuasif? Cek Ciri-cirinya di Sini!

Itulah kumpulan contoh kalimat yang mungkin pernah atau sering kamu jumpai. Kamu tentu bisa membuat contoh-contoh lainnya. Oh iya, kamu juga bisa loh cari informasi seputar jurusan yang kamu minati atau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Gak percaya? Yuk, cobain di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *