jenis kanker
Tips Belajar

5 Jenis Kanker Berdasarkan Lokasi Kemunculannya, Kita Cegah Yuk!

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Berawal dari sel yang proses regenerasinya berjalan tidak normal, kanker bisa menyebabkan tumor ganas yang dapat mengancam nyawa penderitanya. Apa saja sih jenis-jenis kanker? Ternyata, sudah ada penemuan lebih dari 200 jenis kanker loh.

Baca Juga: 5 Manfaat Donor Darah Bagi Generasi Muda

Jenis Kanker Berdasarkan Lokasi Awal Kemunculan 

1. Karsinoma

Karsinoma adalah jenis kanker paling umum. Sekitar 80-90 persen kasus kanker merupakan jenis kanker karsinoma. Karsinoma adalah kanker yang berkembang dari jaringan kulit atau jaringan penyusun dinding organ yang mengalami kerusakan atau mutasi DNA, menyebabkan sel tumbuh dan berkembang dengan tidak terkendali. Contohnya, kanker payudara, kanker pada lapisan lambung.

2. Leukemia

Penyakit leukimia atau kanker darah adalah kanker pada sumsung tulang yang menghambat produksi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Penyakit ini berbahaya sebab menyerang sistem kekebalan tubuh, sebab sel darah putih berguna untuk mengatasi infeksi, sementara sel darah merah diperlukan untuk mencegah anemia.

3. Limfoma

Limfoma, atau kerap disebut kanker kelenjar getah bening merupakan kanker darah yang dapat mengakibatkan pembengkakan kelenjar getah bening (limfadenopati). Padahal, kelenjar getah bening berfungsi untuk menghasilkan sel darah putih dan membersihkan cairan tubuh pada organ kita.

4. Myeloma

Myeloma adalah sejenis kanker yang berkembang pada sel plasma sumsum tulang. Dalam kondisi ini, sel plasma menggandakan diri tanpa terkendali dan mendesak sel darah putih dan sel darah merah, sehingga sel-sel tersebut keluar dari sumsum tulang dan menyebabkan kerusakan organ.

5. Sarkoma

Sarkoma adalah jenis kanker yang tumbuh pada jaringan ikat/penyambung seperti tulang rawan, lemak, otot, saraf, jaringan fibrosa, pembuluh darah, atau jaringan kulit dalam. Kerap menyerang orang dewasa muda, penyakit kanker ini bisa muncul pada jaringan lunak mana pun, tapi paling sering di sekitar lengan, tangan, atau kaki.

Wah, ngeri ya! Kamu bisa menghindari terkena kanker kok! Hanya saja, kamu harus membiasakan diri menerapkan gaya hidup sehat seperti menjaga konsumsi makanan, rajin berolahraga, dan tidur teratur.

Gimana? Tertarik untuk mendalami dan mempelajari seputar kanker? Kamu bisa mengambil jurusan kesehatan atau ilmu sejenis ya! Kalau kamu masih mencari jurusan lain yang kamu minati, kamu bisa memilihnya di Direktori Jurusan gokampus di link ini ya! Atau klik di sini untuk cek jurusan yang berhubungan dengan kesehatan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *