indikator kepuasan pelanggan
Tips Belajar

Indikator Kepuasan Pelanggan yang Wajib Entrepreneur Muda Ketahui!

Ketika kamu menjalankan sebuah bisnis, tentu kamu berharap orang-orang dapat menyukai produk yang kamu buat. Namun, yang perlu kamu tahu, kepuasan pelanggan sangat berpengaruh dalam perkembangan bisnismu loh. Oleh karena itulah, kamu perlu memperhatikan berbagai indikator kepuasan pelanggan agar bisnismu semakin berkembang.

Indikator Kepuasan Pelanggan yang Perlu Kamu Tahu

Kamu bisa memiliki pelanggan setia karena rasa percaya mereka tinggi terhadap produk yang kamu tawarkan. Selain itu, pelanggan yang merasa puas cenderung akan merekomendasikan produkmu kepada orang lain. Artikel ini akan mengajakmu untuk mengenal lebih jauh apa saja indikator kepuasan pelanggan yang perlu banget kamu ketahui, apalagi kamu yang baru merintis bisnis atau kamu yang entrepreneur muda!

1. Kualitas produk

Kualitas dari produk yang kamu tawarkan adalah salah satu hal utama yang paling pelanggan perhatikan loh. Ketika pelanggan sudah rela mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli produkmu, maka mereka juga akan memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap produk yang kamu jual. Semakin berkualitas sebuah produk, maka semakin besar pula kepuasan pelanggan. Mengutip dari Niagahoster, terdapat beberapa elemen kualitas produk yang harus kamu perhatikan, di antaranya:

  1. Umur produk alias lama atau durasi produk dapat digunakan.
  2. Solutif atau dapat menjadi solusi dari masalah.
  3. Harga produk berbanding lurus dengan kebutuhan pelanggan.
  4. Seberapa aman dan nyaman produk tersebut dapat pelanggan gunakan.
  5. Tingkat kesulitan ketika menggunakan produk.
  6. Adanya anfaat lain yang pengguna rasakan ketika memakai produk tersebut, misalnya produk yang ramah lingkungan dan sebagainya.

2. Kualitas pelayanan

Pelayanan yang responsif, ramah, dan solutif adalah berbagai indikator kepuasan pelanggan yang perlu kamu perhatikan. Melalui pelayanan yang baik, ramah dan solutif, maka hal ini akan membangun engagement dan rasa percaya dengan pelanggan. Ketika pelayanan bagus, maka pelanggan akan merasa puas dan memberikan kesan yang baik terhadap bisnismu. Mengutip dari Salesforce, kualitas pelayanan yang bagus bisa membuat 78% pelanggan tetap setia terhadap suatu brand dan tidak mudah berpaling ke kompetitor bisnis serupa.

3. Harga produk

Ada harga, ada kualitas. Inilah pedoman yang harus kamu ingat. Harga yang sesuai dengan kualitas produk juga merupakan faktor penting yag memengaruhi kepuasan pelanggan loh. Pelanggan juga cenderung menyukai dengan produk yang relatif murah, namun kualitasnya tidak murahan. Jangan sampai kualitas produk tidak sepadan dengan harga yang kamu tawarkan karena jika seperti itu otomatis pelanggan akan meninggalkan brand yang kamu miliki.

4. Kemudahan untuk mendapatkan produk

Produk yang mudah pelanggan dapatkan akan memiliki nilai plus tersendiri di mata pelanggan. Misalnya, produk bisa pelanggan dapatkan tanpa biaya dan usaha tambahan. Semakin mudah produk bisa pelanggan dapatkan tanpa bersusah payah, semakin besar penilaian positif terhadap suatu brand.

5. Pengalaman pelanggan atau testimoni kepuasan pelanggan

Sebelum membeli suatu produk, pelanggan biasanya akan mencari tau terlebih dulu testimoni sebelumnya dari pelanggan lainnya. Testimoni adalah ulasan pembeli mengenai pengalamannya menggunakan produk tertentu. Semakin banyak testimoni positif, maka akan meningkatkan penjualan. Dengan begitu, pelanggan lainnya akan merasa lebih aman dan percaya terhadap produk yang kamu tawarkan. Terlebih jika produk yang mereka terima sesuai dengan ekspektasi.

Jika kamu memiliki bisnis, pastikan kelima indikator kepuasan pelanggan di atas terpenuhi, ya! Semoga artikel ini bisa membantumu untuk meningkatkan bisnis yang kamu punya.

Baca Juga: Kenapa Kepuasan Pelanggan Penting untuk Bisnis?

Oh iya, kalau kamu ingin membekali diri dengan pengetahuan dan pengalaman terbaik apalagi kalau kamu tertarik dan ingin membangun serta mempelajari bisnis, jangan sungkan untuk mengikuti kelas-kelas profesional terkait bisnis, misalnya kelas Managing Business Strategy dari Nanyang Technological University (NTU). Selain bisa menambah ilmu, kamu berkesempatan mendapatkan sertifikat profesional berlisensi NTU hanya dari rumah. Tertarik? Klik di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *