ilmu perpustakaan
Tips Belajar

Belajar Ilmu Perpustakaan, Cocok Buat Kamu yang Rapi dan Teliti

Hampir dari kita semua pasti paham kalau perpustakaan adalah tempat kita bisa membaca dan meminjam buku. Namun, tahukah kamu kalau perpustakaan juga punya ilmunya tersendiri? Mari kita bahas mendalam mengenai Ilmu Perpustakaan, siapa tahu nantinya kamu malah tertarik jadi pustakawan atau librarian.

Ilmu Perpustakaan adalah bidang yang mempelajari mengenai cara pengumpulan, pengorganisasian, pengawetan, dan penyebarluasan sumber informasi yang ada di suatu perpustakaan, serta berkaitan dengan nilai ekonomi dan politis dari informasi pada umumnya.

Bidang ini bersifat interdisipliner, karena ilmu ini menggabungkan ilmu sosial, hukum, dan terapan untuk mempelajari topik yang berkaitan dengan perpustakaan. Dalam bahasa Inggris, Ilmu Perpustakaan disebut sebagai Library Science. Selanjutnya, kita bahas mengenai sejarah ilmu ini.

Pada 1880-an, ilmu perpustakaan mulai ditetapkan sebagai disiplin ilmiah. Perintisnya adalah Columbia School of Library Economy di Universitas Columbia, New York, Amerika Serikat. 

Selang beberapa tahun, sekolah tinggi lainnya mulai membuka program studi ilmu perpustakaan. Ilmu ini menyeberang ke Eropa pada akhir abad ke-19 tepatnya di University College London dan di London School of Economics; keduanya di London, Inggris. Pada abad ke-20, ilmu ini mulai menyebar ke seluruh dunia.

Belajar Apa Saja di Ilmu Perpustakaan?

Ilmu perpustakaan tentu banyak membahas mengenai dokumentasi dan pengarsipan. Sebab, perpustakaan pastinya punya koleksi buku yang sangat banyak dan beragam. Klasifikasi dan pengarsipan yang rapi sangat dibutuhkan, tapi aspek lain yang nggak kalah penting adalah etika dalam penataan dan pelayanan informasi, serta status legal dari suatu perpustakaan sebagai sumber informasi.

Mata kuliah dalam ilmu ini biasanya meliputi hal-hal yang berkaitan dengan manajemen koleksi, sistem informasi dan teknologi, kataloging, klasifikasi, cara pengawetan, referensi, statistika dan manajemen. 

Sejak tahun 1950-an, mulai terjadi perkembangan pesat di bidang teknologi komputer. Ini membuat perpustakaan semakin berkembang dan mulai memanfaatkan komputerisasi untuk memudahkan SDM dalam menata perpustakaan. Bahkan, perpustakaan digital sudah mulai marak dalam era internet sekarang ini.

Imbasnya, dalam ilmu ini kamu juga akan mempelajari topik tentang sistem informasi manajemen, manajemen basis data, arsitektur informasi, dan manajemen pengetahuan. 

Prospek Kerjanya Juga Banyak!

Lulusan Ilmu Perpustakaan kerjanya jadi apa saja? Wah, banyak prospek ternyata. Pertama, tentu kamu bisa jadi pustakawan dalam perpustakaan yang tersebar di berbagai sekolah dan kampus.

Kamu juga bisa menjadi Konsultan Perpustakaan. Kamu bisa menjadi mitra akademisi dan peneliti dalam menggali ilmu dan informasi. Atau, kamu juga bisa jadi akademisi, sehingga bisa mengajar di sekolah atau di kampus.

Punya jiwa entrepreneur? Kamu bisa menjadi Konsultan Informasi atau membuka perusahaan jasa pengelola serta penyimpanan arsip dan dokumen karena hal-hal itu dipelajari sewaktu kuliah di jurusan ini.

Ingin hidup stabil sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)? Kamu bisa menjadi pustakawan di berbagai instansi pemerintah seperti Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) dan Perpustakaan Umum. 

Selain itu, para lulusan ilmu ini bisa menjadi ahli di bidang Administrasi dan Kearsipan. Tentu saja ini cocok untuk kamu yang teliti dan mampu mengelola arsip secara detail dan tepat sehingga bisa ditemukan dengan mudah ketika dibutuhkan.

Itulah sekilas informasi mengenai Ilmu Perpustakaan. Kamu juga ingin punya wawasan luas dan memudahkan kamu dalam mengembangkan karir hingga bisnis? Tenang, kamu bisa mendapatkan itu semua dengan mengikuti kelas-kelas online dari goKampus yang bisa kamu lihat di sini!

Oh iya, goKampus juga memiliki kelas-kelas rekomendasi yang update tiap bulan loh. Jadi, kamu nggak perlu bingung saat memilih kelas-kelas yang saat ini paling banyak dicari. Penasaran? Yuk, pilih kelas favoritmu di link ini dan jadilah #LearnBetterGoFaster bareng goKampus.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *