jurusan perbankan syariah
Kategori Kelas

7 Prospek Kerja Jurusan Perbankan Syariah, Ternyata Banyak Loh!

Saat ini, jurusan perbankan syariah menjadi salah satu jurusan yang cukup banyak peminatnya loh! Kamu salah satunya? Selain termasuk jurusan baru, prospek kerjanya ternyata menjanjikan, guys. Penasaran apa saja contohnya? Kita bahas yuk.

Secara umum, perbankan syariah adalah salah satu jenis perbankan yang kegiatannya berdasarkan syariah Islam. Sistem operasional perbankan syariah ini memang berbeda dengan perbankan konvensional. Sebab pada dasarnya, bank-bank syariah menggunakan prinsip bagi hasil pada semua produk perbankannya.

Selain itu, mulai dari penyaluran dana, sumber dana, hingga penawaran pembiayaan atau pinjaman juga memiliki ciri khas. Di bank syariah juga ada penerapan wakaf dan zakat yang tidak ada di bank konvensional. 

Meski berbeda, tentunya kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di industri perbankan syariah juga lebih spesifik. Fokus pencariannya lebih condong kepada lulusan yang memiliki pengetahuan dan memahami prinsip bank syariah, mengerti ekonomi Islam secara keseluruhan, dan semacamnya. Itulah alasan jebolan jurusan perbankan syariah lebih kompetitif untuk bidang ini.

Namun, layaknya jurusan perbankan biasa, mereka yang lulus dari jurusan perbankan syariah juga gak terbatas bekerja di bank syariah ya.

Baca Juga: 5 Prinsip Utama Pada Sistem Ekonomi Syariah! Simak Yuk

Apa Karier yang Cocok Buat Lulusan Jurusan Perbankan Syariah? 

1. Akuntan

Saat ini akuntansi syariah makin berkembang. Bidang akuntansi ini berbeda dengan jenis akuntansi pada umumnya, sehingga pasti butuh keahlian spesifik. 

2. Internal Auditor

Perusahaan yang membutuhkan internal auditor semakin banyak. Selain melakukan pengawasan, kamu juga bertugas mengelola keuangan perusahaan tersebut. 

3. Analis Keuangan

Tugas seorang analisis keuangan adalah melakukan analisis pada setiap kondisi finansial perusahaan. Saran dan rekomendasi dari kamu akan sangat dibutuhkan. 

4. Staf Lembaga Islam

Saat ini, makin banyak lembaga Islam yang bermunculan. Tentunya lembaga-lembaga ini sangat butuh SDM yang memang ahli di bidang syariah. 

5. Staf Keuangan Syariah

Selain bisa bekerja di bank-bank syariah, lulusan jurusan ini juga banyak yang bekerja di lembaga keuangan yang menerapkan prinsip syariah.  

6. Pengusaha

Gak melulu jadi karyawan, kamu juga bisa kok jadi pengusaha. Apalagi kamu juga pasti belajar ilmu manajemen syariah di jurusan ini kan? Kamu bisa membuka perusahaan sendiri ataupun menjadi ahli ekonomi Islam yang nantinya dibutuhkan perusahaan-perusahaan syariah.

7. Pegawai Bank Syariah

Pegawai bank syariah tentu jadi profesi yang sudah pasti cocok untuk lulusan jurusan ini. Seperti pembahasan di awal, perkembangan bank syariah saat ini begitu pesat dan membuka banyak lapangan kerja.

Nah, itulah tadi sejumlah profesi yang umumnya didapatkan seorang lulusan jurusan perbankan syariah. Kamu tetap bisa bekerja di bidang lain meski jurusannya berbeda kok. Gimana caranya? Kamu bisa mengasah skill, menggali ilmu dan potensi terbaikmu dengan menciptakan peluangmu di dunia kerja dengan ikutan course di goKampus.

Join course goKampus, selain upgrade skill, kamu juga akan mendapatkan insights dari pakar dan ikutan courses dari mana pun secara online. Selesai course, kamu akan mendapatkan sertifikat dari institusi terbaik dunia yang memberikan kamu nilai lebih untuk diterima perusahaan. Asyik kan!

Ada promo menarik dari goKampus nih guys! Mumpung lagi ada momen World Youth Skills Day 2022, goKampus bagi-bagi voucher potongan buat kamu yang daftar courses menggunakan kode voucher GOWYSD22 selama periode 15-31 Juli 2022. Jangan lewatin kesempatannya biar bisa #LearnBetterGoFaster bareng goKampus ya! Yuk, cek kelas special promo World Youth Skills Day 2022 di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *