produk perbankan
Tips Belajar

5 Produk Perbankan yang Bermanfaat Untuk Mahasiswa

Dulu, banyak yang menganggap produk perbankan hanya untuk menguntungkan bank semata. Padahal kalau pemakaian produk-produk tersebut tepat, ada banyak manfaat yang bisa bikin hidup jadi lebih simpel dan praktis lho, tak terkecuali bagi para mahasiswa.

Saat ini, produk perbankan semakin dekat dengan mahasiswa lho. Coba lihat Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) zaman sekarang. Banyak kampus yang menyulap KTM jadi multiguna. Bekerja sama dengan bank, KTM sekarang bisa sekaligus berfungsi sebagai anjungan tunai mandiri (ATM). Dengan begitu para mahasiswa bisa sekalian menabung dan mengatur keuangannya dengan KTM. 

Selain itu, ada juga kampus yang KTM-nya bisa berfungsi sebagai uang elektronik. Jadi para mahasiswa ini bisa menggunakan KTM untuk naik commuter line, MRT, bus Trans, dan LRT yang sebentar lagi akan beroperasi. Terus, layaknya fungsi uang elektronik, penggunaan KTM mahasiswa pun bisa untuk transaksi di minimarket, supermarket, kafe, restoran, ataupun untuk pembayaran parkir dan lain-lain. 

Nggak cuma itu, sejumlah bank BUMN dan swasta, terus berinovasi mengeluarkan produk perbankan lainnya yang memang khusus untuk generasi muda. Bagi perbankan, anak muda memiliki potensi pasar yang besar untuk menjadi nasabah di masa depan. Jadi wajar saja kalau perbankan sekarang berlomba-lomba menarik perhatian anak muda untuk menjadi nasabahnya.

Baca Juga: 7 Prospek Kerja Jurusan Perbankan Syariah, Ternyata Banyak Loh!

Daftar Produk Perbankan Khusus Generasi Muda

1. Tabungan Pelajar/ Mahasiswa

Jika pada umumnya setoran awal untuk buka tabungan di kisaran Rp500 ribu, tabungan untuk anak muda biasanya hanya Rp100 ribu. Tabungan ini pun sudah dilengkapi dengan fasilitas e-banking dan mobile banking yang memudahkan para anak muda bertransaksi. Kartu debit yang diterbitkan juga biasanya memiliki desain yang keren dan menarik, seperti bergambar karakter kartun dan semacamnya. Beberapa bank malah menyediakan layanan custom untuk desain kartu ATM-nya. 

2. Pinjaman untuk Biaya Kuliah

Skema peminjaman biaya pendidikan kuliah, baik yang disponsori pemerintah maupun swasta ini sudah umum di luar negeri. Sayangnya, produk perbankan seperti ini masih sedikit di Indonesia. Mayoritas bank memberikan kredit atau pinjaman ini dengan agunan atau jaminan sertifikat rumah. 

3. Kartu Kredit

Kartu kredit untuk anak muda biasanya memiliki limit yang lebih kecil dibandingkan kartu kredit reguler. Penggunaannya pun terbatas pada sejumlah toko tertentu yang memang menjual produk-produk yang berhubungan dengan kegiatan belajar. Misalnya seperti toko buku, toko elektronik untuk pembelian laptop, dan lain-lain. 

4. Pinjaman Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Saat ini mulai banyak bank yang berinisiatif memberikan layanan pinjaman untuh mahasiswa yang ingin belajar jadi pengusaha. Biasanya pinjaman ini diberikan berbarengan dengan program inkubasi yang diadakan bank tertentu. Program ini sekaligus jadi bentuk dan komitmen perbankan dalam mendukung UMKM, Guys

5. Rekening Dana Nasabah (RDN)

Jenis ini sebenarnya gak bersifat eksklusif untuk anak muda, sebab pada dasarnya lebih banyak digunakan oleh nasabah yang sudah lebih dewasa. Namun tren belakangan, makin banyak anak muda yang sudah terjun ke dunia investasi seperti reksa dana, obligasi, maupun saham. Nah, untuk bisa berinvestasi di produk tersebut, kamu memang memerlukan RDN, guys

Sebenarnya masih banyak produk perbankan lain yang juga cocok untuk digunakan para mahasiswa. Sebut saja seperti tabungan berencana, deposito berencana, dan lain-lain. Produk-produk ini bisa jadi alternatif untuk para mahasiswa yang ingin belajar menabung dengan disiplin. Namun, karena rata-rata mahasiswa belum memiliki penghasilan tetap, produk perbankan seperti ini gak cukup populer ketimbang produk lainnya. 

Nah, itulah tadi beberapa jenis produk perbankan yang memang cocok bagi generasi muda. Kalau kamu sudah coba yang mana? Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Gimana guys? Tertarik untuk merintis karier di bidang perbankan? Pilih universitas dan jurusannya di goKampus dengan klik link ini ya! Dapatkan CASHBACK hingga Rp500.000 bagi kamu yang mendaftar dan program beasiswa total Rp10 miliar melalui Instant Approval di aplikasi goKampus. Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *