berapa hari lagi lebaran
Tips Belajar

5 Maksud Terselubung di Balik Berapa Hari Lagi Lebaran, Kamu Sudah Tahu?

Berapa hari lagi lebaran selalu menjadi pertanyaan menarik setiap tahunnya. Biasanya topik ini mulai banyak orang bicarakan setelah umat Islam menjalani beberapa hari ibadah puasa. Tapi, tahukah kamu kenapa sih banyak orang menanyakannya? Bukankah sebenarnya itu pertanyaan yang mudah dijawab? Kita bahas maksud dari pertanyaan tersebut, yuk!

5 Maksud dari Berapa Hari Lagi Lebaran 

Tanpa kita sadari, pertanyaan berapa hari lagi lebaran sebenarnya punya banyak maksud terselubung. Yuk, simak penjelasannya satu per satu di bawah ini!

1. THR

Berapa hari lagi lebaran rupanya berkaitan erat dengan Tunjangan Hari Raya (THR). Di Indonesia, umumnya THR akan perusahaan bagikan 1-2 minggu menjelang lebaran. Nah, saat seseorang bertanya hal ini, bisa jadi ia sebenarnya lagi menantikan tanggal pembagian THR. 

2. Libur

Libur lebaran biasanya banyak orang nantikan. Selain sebagai ajang silaturahmi bersama keluarga, masa tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk berlibur. Apalagi bekerja atau belajar sambil berpuasa, terkadang hal tersebut menjadi terasa lebih berat dari sebelumnya. Maka dari itu, orang cenderung bertanya berapa hari lagi lebaran untuk mendapatkan motivasi agar kembali semangat melakukan aktivitas karena sebentar lagi akan libur. 

3. Persiapan mudik

Mereka yang berencana mudik biasanya akan bertanya berapa hari lagi lebaran. Hal ini penting untuk ia ketahui karena berkaitan dengan kapan waktu yang ideal untuk berangkat dan pulang lagi. Mereka yang hendak memesan tiket transportasi juga akan bertanya kapan lebaran untuk mengatur jadwalnya. 

4. Belanja

Setelah dapat THR, biasanya orang akan mulai merencanakan berbelanja, entah itu pakaian, sepatu, makanan atau lainnya. Nah, biasanya orang tersebut juga akan menanyakan kapan lebaran karena khawatir mendekati harinya, pusat perbelanjaan akan lebih padat dari biasanya. Selain itu, belanja mendekati lebaran biasanya akan lebih sulit karena stok persediaan barang cenderung sudah habis. 

5. Deadline

Bagi para pekerja, selain THR dan libur, mereka biasanya akan mempertimbangkan deadline atau tugas yang harus segera selesai. Banyak pekerjaan yang harus segera rampung sebelum lebaran tiba. Maka dari itu, mereka juga akan bertanya berapa hari lagi lebaran untuk membuat strategi agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu. 

Itulah beberapa maksud terselubung dari orang-orang yang bertanya berapa hari lagi lebaran. Tentunya masih banyak alasan lainnya. Menurut kamu alasan apa lagi yang belum ada nih, guys? 

Penentuan Kapan Lebaran 2022 

Biasanya jawaban dari pertanyaan tersebut baru kita ketahui setelah melakukan pengecekan hilal bulan untuk menentukan pergantian bulan Ramadan ke Syawal. Kegiatan melihat hilal untuk menentukan kapan hari raya Idul Fitri biasanya pemerintah lakukan dengan mengadakan sidang Isbat.

Namun, jika mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, yakni Nomor 963 Tahun 2021 Menteri Agama (Menag), Nomor 3 Tahun 2021 Menteri ketenagakerjaan (Menaker), dan Nomor 4 Tahun 2021 Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2022, hari raya lebaran jatuh pada 2-3 Mei 2022. 

Oh iya, kamu bisa loh upgrade skill di goKampus melalui kelas online sekaligus mendapatkan sertifikat berlisensi Nanyang Technological University Singapura atau Trent Global College sebagai modal kamu mencari pekerjaan terbaik! Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *