masalah lingkungan hidup
Tips Belajar

5 Masalah Lingkungan Hidup Akibat Ulah Manusia

Manusia adalah makhluk paling cerdas di Bumi. Namun, sayang rasanya kalau alam terkena akibatnya karena kecerdasan itu. Inilah 5 masalah lingkungan hidup yang akibat ulah manusia, serta bisa berujung dampak negatif bagi manusia itu sendiri. Simak yuk agar kamu bisa mencegah hal-hal ini di masa depan.

Baca Juga: Inilah 5 Teori Pembentukan Bumi Menurut Ahli

Polusi

Salah satu masalah terbesar dalam lingkungan hidup adalah polusi (pencemaran). Polusi adalah kondisi ketika senyawa kimia atau energi masuk ke lingkungan yang menyebabkan bahaya bagi kesehatan manusia dan merusak sistem ekologi. Polusi ada berbagai macam yaitu polusi udara, air, tanah, suara, radioaktif, bahkan ada juga polusi sinar dan visual.

Saking banyak dan kompleksnya polusi, jika kita bahas polusi udara saja cakupannya sudah sangat luas, loh! Masalah lingkungan hidup yang kita alami akibat polusi udara penyebab utamanya dari sektor industri dan asap buangan kendaraan bermotor. Jika memungkinkan, sepedaan saja sebagai transportasi utama.

Pencemaran air bisa diakibatkan oleh limbah, tumpahan minyak, logam berat, sampah plastik, dan hujan asam. Coba saja kamu bandingkan laut di Teluk Jakarta yang sudah sangat tercemar dengan laut di daerah Indonesia Timur yang masih relatif bersih seperti Labuan Bajo. Yang satu butek, yang satu lagi biru banget.

Sementara, penyebab polusi tanah adalah dari limbah industri yang merusak unsur hara. Akibatnya, tumbuhan gak bisa tumbuh maksimal, dan lagi-lagi manusia bisa terkena dampaknya. 

Perubahan Iklim, Masalah Lingkungan Hidup yang Mengancam!

Apa sih yang menyebabkan pemanasan global? Ternyata penyebabnya adalah kita-kita juga. Penggunaan barang-barang elektronik menyebabkan perubahan iklim seperti pemanasan global. Akibatnya, suhu lautan meningkat, sehingga es di kutub cair. Lalu, permukaan laut akan naik. Makanya gak heran kalau ada prediksi Jakarta akan tenggelam beberapa puluh tahun mendatang.

Pemanasan global juga merupakan masalah besar bagi lingkungan hidup sebab mengubah pola alami musim dan curah hujan. Akibatnya, musim kering akan berkepanjangan dan memperbesar peluang terjadinya kebakaran hutan. Selain itu, produksi pertanian bisa gagal panen dan bisa terjadi bencana kelaparan.

Overpopulasi

“Banyak anak banyak rezeki” adalah cara berpikir yang kuno dan ketinggalan zaman. Sebab, dunia ini sedang dilanda bahaya overpopulasi (populasi penduduk yang berlebihan). Jika populasi meledak, sementara sumber daya seperti air, makanan, dan bahan bakar semakin langka, apa yang akan terjadi? Tentu saja bencana besar. Kamu gak mau kan, anak cucumu mengalami derita seperti itu?

Kepunahan Spesies Lain

Sebagai predator puncak (apex predator), manusia adalah mimpi buruk bagi spesies lain di planet ini. Banyak sekali aktivitas manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab dan mempercepat kepunahan spesies lain. Enggak sampai seabad lalu, masih ada harimau di Pulau Jawa dan Bali. Akibat perburuan dan kegiatan lain yang dilakukan manusia, harimau Jawa dan Bali tersingkir dari habitat dan akhirnya punah. 

Padahal, punahnya satu spesies bisa mengganggu keseluruhan ekosistem alam. Contohnya, kalau tidak ada predator seperti harimau, hewan buruannya seperti rusa akan tumbuh tak terkendali. Overpopulasi rusa bisa menyebabkan vegetasi di hutan lebih cepat habis. Akibatnya, polusi tak terkendali karena hutannya gundul.

Kerusakan Alam

Hutan yang gundul juga bisa disebabkan ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Deforestasi alias penggundulan hutan biasa dilakukan untuk mengembangkan sektor perkebunan. Padahal, hutan berperan menyerap racun karbon dioksida akibat pencemaran udara.

Masalah lingkungan hidup lainnya adalah kerusakan terumbu karang di laut. Misalnya, oknum nelayan yang menggunakan pukat harimau. Padahal keanekaragaman hayati di laut bisa terganggu jika terumbu karang pada rusak. Ketersediaan ikan berkurang. Yang rugi kita-kita juga manusia.

Itulah beberapa masalah lingkungan hidup yang terjadi akibat ulah manusia. Kamu bisa kok, menjadi agen perubahan untuk lingkungan yang lebih baik.

Yuk, peduli lingkungan mulai dari diri sendiri, sebab perbuatan kecil akan menjadi berarti kalau banyak orang yang berpartisipasi. Kamu tertarik mencari jurusan yang berhubungan dengan lingkungan? Saatnya cari tahu informasi mengenai jurusan yang kamu minati dengan pilihan Jurusan atau klik di sini untuk jurusan yang berhubungan dengan lingkungan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *