unj
Upskill

5 Keseruan Yang Bisa Kamu Temui Di UNJ

Kalau dengar nama Universitas Negeri Jakarta, apa yang ada di pikiran kamu? Kampusnya lulusan para guru? Pencetak public figure? Semua benar kok. Tapi ada hal lain tentang UNJ yang bisa jadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah.

UNJ sendiri adalah salah satu PTN di Jakarta yang sudah terakreditasi unggul lho. Berlokasi di pusat kota Jakarta, membuat lokasi kampus yang berdiri pada 16 Mei 1964 cukup strategis bagi kamu pengguna transportasi umum. Asik ya!

Berkuliah di UNJ juga bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Soalnya, selain banyaknya jurusan, biaya kuliah di UNJ terbilang murah. Nggak hanya itu, ada beberapa hal seru yang bisa kamu dapatkan kalau kuliah di UNJ.

1. Lokasi UNJ Strategis

Kampus ini terletak di pusat kota Jakarta, tepatnya di Jalan Rawamangun Muka, Pulogadung, Jakarta Timur. Dengan lokasinya yang mudah dijangkau oleh beragam kendaraan, membuat UNJ sebagai perguruan tinggi yang merekam segala momen peristiwa yang terjadi di Jakarta.

Dengan nilai sejarah yang panjang, wajar kalau para mahasiswa UNJ sering berkunjung ke Perpustakaan Nasional, Kota Tua, Museum dan tempat-tempat lainnya dengan menggunakan transportasi umum.

2. Banyak Pilihan Jurusan

Dulunya, nama UNJ adalah kampus IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) yang menghasilkan lulusan calon guru. Namun, seiring berjalannya waktu, UNJ menyediakan banyak jurusan untuk mencetak generasi yang profesional di bidangnya. Setidaknya terdapat 9 fakultas dan 112 program studi. 

Jurusan yang paling difavoritkan yaitu Ilmu Komunikasi, Pendidikan Vokasional Seni Kuliner, Akuntansi, Manajemen, Psikologi, Sastra Inggris, Pendidikan Guru SD, Bimbingan dan Konseling, serta Manajemen Pendidikan.

3. Gedung Kokoh Dan Pembaruan Fasilitas

UNJ dibangun sejak tahun 1954 dengan menggunakan material yang kokoh serta rancangan arsitektur yang hebat. Hal tersebut membuat gedung UNJ awet dan tetap kokoh hingga saat ini. Meski bangunan tua, pihak kampus juga melakukan pembaruan fasilitas supaya mahasiswa tetap nyaman. Misalnya dengan pemasangan AC di setiap ruangan, fasilitas perpustakaan dengan sistem yang modern, dan lainnya.

4. Kemudahan Transportasi Umum

Nggak semua mahasiswa UNJ punya kendaraan pribadi. Itu sebabnya kemudahan akses transportasi umum sangat penting di kampus ini. Kamu bisa berangkat menggunakan transportasi umum karena lokasinya terletak di dekat jalan raya yang dilewati oleh bus Transjakarta. Apalagi, kini sudah ada Halte Busway di dekat kampus A dan Halte Busway Velodrome di dekat Kampus B.

Bagi mahasiswa yang tinggal di luar kota seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, bisa menggunakan Kereta Commuter Line. Jadi bisa lebih hemat waktu dan tenaga untuk kamu kuliah.

5. Biaya Kuliah Terjangkau Dan Ada Banyak Beasiswa

Bagi sebagian orang, biaya kuliah di UNJ cukup terjangkau lho. Bahkan biaya kuliah termurah di Universitas Negeri Jakarta adalah Rp500 ribu. Adapun Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semesternya dengan nilai tertinggi adalah Rp10.300.000 untuk kelompok VIII pada program studi Psikologi.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan UKT dengan nilai Rp1 juta, Rp4 juta, atau Rp6 juta, tergantung pada penghasilan kedua orang tuamu. Kalau kamu ingin meringankan beban orang tuat, kamu bisa mendapatkannya dengan cara beasiswa. Nah, di UNJ ada banyak beasiswa yang bisa kamu dapatkan, baik untuk keluarga nggak mampu, mahasiwa berprestasi, maupun beasiswa dari sponsorship.

Asik kan kuliah di UNJ! Kamu nggak perlu pusing memikirkan biaya hidup karena serba terjangkau. Apalagi bisa ambil jalur beasiswa. Nah, buat kamu yang masih ingin mencari-cari informasi seputar kampus favorit lain dan program beasiswa, kamu bisa cek di goKampus. Mau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Yuk, langsung klik link di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *