Pemerintah Indonesia telah mengambil sebuah keputusan guna mengurangi risiko penularan virus corona yang tengah mewabah secara global. Keputusannya adalah menghimbau masyarakat untuk belajar di rumah untuk sementara waktu, termasuk juga aktivitas lainnya seperti ibadah dan bekerja.

Sekolah diliburkan selama dua minggu, mengingat anak-anak memiliki risiko besar untuk tertular dari orang dewasa. Sejumlah perguruan tinggi juga telah menerapkan proses belajar jarak jauh atau darling. Belajar di rumah secara efektif pun menjadi tantangan besar tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi juga para orang tua di luar sana.

3 Keuntungan Kuliah Online Yang Patut Kamu Ketahui

Bukan perkara yang mudah untuk tetap memiliki rasa semangat yang tinggi dalam proses belajar di rumah, mengingat sebelumnya berlangsung di sekolah atau kampus, yang memang tempat khusus untuk melangsungkan proses belajar mengajar.

Rasa malas akan terasa seperti tembok yang sulit untuk dirobohkan begitu saja. Menunda-nunda tugas pun tidak ragu untuk dilakukan hingga pada akhirnya lupa waktu dan merasa rugi karena terlambat dalam pengumpulan tugas.

Untuk itu, dibutuhkan cara efektif dalam proses belajar di rumah agar tidak hanya merugi karena tidak mengerjakan tugas, tetapi juga tidak tertinggal dari segi ilmu pengetahuan yang akan mengantarkan kita menuju masa depan yang cerah.

1. Cari Tempat Ternyaman

Langkah pertama dalam belajar di rumah agar berjalan secara efektif adalah dengan mencari dimana tempat yang dirasa paling nyaman. Ini penting untuk dilakukan sejak awal, karena semua berawal dari rasa kenyamanan.

Dengan rasa nyaman yang tercipta dalam proses belajar, maka bukan hal yang sulit untuk memahami mata pelajaran yang sedang kita pelajari, sekalipun itu matematika yang hingga kini masih menjadi mata pelajaran menakutkan bagi sebagian pelajar.

Jika kesulitan mencari tempat yang nyaman untuk belajar, mengapa tidak menciptakan sendiri tempat itu? Misal, halaman rumah belakang yang sedikit kamu hias dengan bangku dan meja. Atau, bisa juga kamar tidur yang diubah tatanannya untuk menghadirkan space atau tempat belajar yang nyaman.

2. Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Setelah mendapatkan tempat yang nyaman, langkah kedua dalam proses belajar di rumah agar berjalan efektif adalah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Contohnya, dengan belajar secara kelompok secara video call.

Seperti diketahui bersama bahwa sekarang ini kita hidup di zaman serba canggih dan modern. Menjalin komunikasi antar sesama bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan. Cukup melalui smartphone yang hampir dimiliki oleh setiap individu, komunikasi sudah dapat terjalin. Daftar kuliah pun kini juga sudah dapat dilakukan hanya melalui smartphone. Itulah mengapa sangat penting untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi sebaik mungkin.

Ajak teman-teman untuk belajar kelompok secara online. Dengan melakukan langkah ini, tidak hanya akan meningkatkan rasa semangat dalam proses belajar di rumah, tetapi juga dapat membantu kita ketika mengalami kesulitan.

3. Lengkapi Pertempuran Dengan Amunisi

Langkah terakhir untuk efektif dalam proses belajar di rumah adalah melengkapi pertempuran dengan amunisi. Maksud dari pertempuran ini adalah belajar di rumah dan amunisi yang dimaksud adalah makanan.

Ketika berada di kampus atau sekolah, tentu kita tidak boleh makan dan minum selama proses pembelajaran berlangsung. Nah, inilah kesempatan berharga untuk kita mempersiapkan perbekalan selama belajar di rumah. Siapkan makanan ringan dan minuman kesukaan di sisi kita.

Dengan begitu, belajar di rumah bukan lagi tantangan yang sulit untuk ditaklukkan. Tempat belajar yang terasa lebih nyaman. Terbantu dengan belajar secara kelompok melalui online. Dan amunisi –makanan dan minuman- yang semakin melengkapi.

Satu hal yang patut untuk kita perhatikan. Selain tetap menjaga rasa semangat yang tinggi dalam belajar, jangan lupa juga untuk selalu jaga kesehatan. Cuci tangan setiap setelah melakukan kegiatan apapun.

Dan tahukah kamu bahwa sekarang ini telah hadir aplikasi bernama goKampus. Sebuah aplikasi yang memudahkan untuk melakukan pendaftaran kuliah. Tidak hanya itu, aplikasi yang telah tersedia di Google Play Store dan App Store juga menghadirkan ragam informasi seputar dunia perkuliahan. Mulai dari magang, beasiswa kuliah, hingga acara kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like