seni pertunjukan
Tips Belajar

4 Seni Pertunjukan Tradisional Indonesia yang Mendunia

Dengan ragam budaya yang gak ada habisnya, Indonesia memiliki ragam jenis seni pertunjukan tradisional yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, lho. Kita bahas selengkapnya!

Baca Juga: 5 Cara Mencari Inspirasi Produk Kreatif Untuk Bisnis Kamu

Seni Pertunjukan Indonesia yang Mendunia

1. Tari Kecak

Bali merupakan salah satu destinasi utama dari wisatawan luar negeri yang ingin berlibur ke Indonesia. Salah satu alasannya adalah Bali masih kental dengan nuansa budaya termasuk seni pertunjukan tradisional. 

Salah satu seni pertunjukan yang paling terkenal asal Bali adalah Tari Kecak. Tarian ini menjadi salah satu highlight dalam Baraka (1992), film dokumenter yang menampilkan kehidupan manusia di Planet Bumi hanya dengan bahasa gambar dan suara, tanpa ada narasi seperti film dokumenter konvensional.

Tari Kecak memadukan iringan suara musik gamelan, dengan suara “Cak! Cak! Cak!” dari 50-70 orang penarinya. Seru, deh pokoknya!

Awalnya, Tari Kecak merupakan ritual kuno Bali yang terkenal sebagai Sanghyang yang bertujuan mengusir roh jahat. Namun saat ini Tari Kecak tidak hanya menjadi seni pertunjukan tradisional saja, tapi juga menjadi drama musikal yang indah. Soalnya, Tari Kecak menceritakan pewayangan Ramayana yang banyak menarik di mata wisatawan dalam dan luar negeri.

2. Sendratari Ramayana di Prambanan

Candi Prambanan yang terletak di DI Yogyakarta merupakan candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Tapi keunggulan candi yang berdiri pada abad ke-9 ini nggak hanya itu. Kita bisa menikmati seni pertunjukan tradisional Sendratari Ramayana di Candi Prambanan.

Pertunjukkan Sendratari Ramayana sendiri tampil lebih dari 200 penari serta para pemain gamelan tradisional. Berbeda dengan seni pertunjukan lainnya, Sendratari Ramayana menampilkan tarian dan drama tanpa dialog. Bahkan, pada 2020 Raja dan Ratu Belanda Willem-Alexander dan Maxima Zorreguieta Cerruti sempat menonton Sendratari Ramayana.

3. Pencak Silat

Ada di berbagai daerah Nusantara, pencak silat ternyata bukan cuma jenis olahraga bela diri. Pencak silat juga merupakan seni pertunjukan tradisional Indonesia yang mendunia. Pada 13 Desember 2019, Pencak Silat ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia (Intangible Cultural World Heritage).

Salah satu faktor pencak silat bisa mendunia adalah keberhasilan internasional dari film The Raid: Redemption (2011) dan The Raid 2 (2014) yang dibintangi Iko Uwais, Yayan Ruhian, dan Cecep Arif Rahman. Mereka bukan cuma aktor, tapi aslinya juga merupakan pesilat tangguh. Ketiganya bahkan ikut bermain dalam film Star Wars: The Force Awakens (2015).

4. Tari Saman dari Aceh

Tarian suku Gayo ini berdiri dan langsung berkembang di bawah Syekh Saman, ulama asal Aceh Tenggara. Tari Saman ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat, acara keluarga, maupun pemerintah. Tari Saman ikut mendunia ketika masuk daftar warisan dunia tak benda yang diresmikan oleh UNESCO pada tanggal 24 November 2011.

Tarian Saman cukup unik karena hanya menggunakan dua unsur gerak yakni tepuk tangan dan tepuk dada. Pada umumnya, permainan Tari Saman oleh belasan atau puluhan orang, tapi jumlah orangnya harus ganjil.

Itulah beberapa seni pertunjukan tradisional Indonesia yang telah mendunia. Ingin berperan serta memajukan seni pertunjukan di Indonesia? Kamu bisa memulainya dengan upgrade skill di goKampus agar kemampuanmu juga ikut mendunia ya!

Bertepatan dengan momen dunia, yaitu World Youth Skills Day setiap 15 Juli, goKampus bagi-bagi voucher potongan untuk kamu yang daftar courses menggunakan kode GOWYSD22 selama periode 15-31 Juli 2022. Di sini, kamu tinggal sign up, pakai voucher-nya, dan kamu bisa #LearnBetterGoFaster dengan sertifikat dari luar negeri bareng goKampus! Yuk, cek kelas promo World Youth Skills Day 2022 di link ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *