universitas airlangga
Upskill

5 Fakta Menarik Dari Universitas Airlangga

“Kejarlah pendidikan sampai ke negeri China” mungkin pepatah ini sudah sering kamu dengarkan, yang artinya adalah kejar pendidikanmu setinggi-tingginya. Nah, salah satu kampus yang bisa memberikan pendidikan tinggi yang berkualitas untuk kamu adalah Universitas Airlangga atau yang biasa dikenal dengan UNAIR.

Universitas Airlangga merupakan salah satu perguruan tinggi yang mampu menarik minat calon mahasiswa setiap tahunnya yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Coba deh tanyakan ke teman sekelas kamu, pasti mereka akan setuju kalau kampus ini menjadi kampus incaran para pelajar di Indonesia.

Hampir setiap tahunnya, Universitas Airlangga ini telah menerima lebih dari 5,000 mahasiswa baru melalui jalur-jalur pendaftaran yang dilakukan. Kampus ini juga menawarkan lebih dari 170 program studi yang bisa kamu pilih dari jenjang S1-S3. Mau tau fakta-fakta seru lainnya seputar Universitas Airlangga? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

1. Diresmikan Ir. Soekarno

Faktanya, dilansir dari web resmi universitas airlangga, sejarah Universitas Airlangga ini berawal dari cikal bakal lembaga pendidikan Netherlands Indische Artsen School (NIAS) dan School Tot Opleiding Van Indische Tandartsen (STOVIT). Masing-masing didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada 1913 dan 1928.

Pemerintah Republik Indonesia baru resmi membuka Universitas Airlangga Surabaya pada 1954 dan dilakukan oleh Ir.Soekarno dan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan yang ke-9.

2. Kedokterannya Terkenal!

Kampus ini berawal dari sekolah kedokteran yang diberi nama Dokter Java School pada 1851. Hingga saat ini, fakultas kedokteran di UNAIR terkenal menjadi primadona di kalangan pelajar mahasiswa guys. Hampir semua orang berlomba-lomba untuk bisa masuk ke jurusan kedokteran ini.

3. Dilengkapi Rumah Sakit Sendiri!

UNAIR memiliki rumah sakit berstandar Internasional. Selain menjadi tempat yang menjadi rujukan untuk melakukan riset terkait dunia medis internasional. RS UNAIR juga dilengkapi dengan tenaga medis profesional dan alat kesehatan canggih lainnya.

4. Memiliki Perpustakaan Yang Nyaman Dan Lengkap

Perpustakaan UNAIR memiliki jutaan koleksi buku, bahkan menjadi salah satu yang terlengkap di Indonesia. Selain fasilitasnya yang lengkap, ada American Corner yang bisa digunakan untuk belajar dan mengasah kemampuan bahasa inggris lebih dalam. Perpustakaan kampus ini juga menyediakan informasi mengenai pertukaran pelajar dan beasiswa dari Universitas luar negeri.

5. Selalu Masuk 100 Universitas Terbaik di Indonesia

Berdasarkan data Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi pada 2019, UNAIR termasuk 100 universitas terbaik di Indonesia dan berada di posisi tujuh. Selain itu, berdasarkan QS Top Universities, UNAIR termasuk peringkat 651-700 untuk World Class University.

Gimana? Sudah mulai terpesona dengan fakta-fakta unik dari kampus UNAIR? Kamu bisa berusaha untuk daftar kuliah ke kampus favorit di Indonesia tersebut ya. Tapi, sebelum kamu daftar ke UNAIR, kamu juga bisa loh cari-cari informasi seputar beasiswa, kampus favorit lainnya hanya di website goKampus. Daftar kuliah pake aplikasi goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *