Kuliah memang jadi satu fase hidup yang menyenangkan sekaligus membingungkan. Gimana enggak? Kamu udah cukup dewasa untuk menentukan jurusan, mata kuliah, dan jam belajar kuliah sendiri, tapi gak cukup dewasa dan berpengalaman buat berkarir, sehingga kamu masih bergantung sama orang tua. Tapi percaya deh, masa kuliah bisa dibilang masa paling “bebas” sebelum kamu terjun ke dunia kerja alias dunia yang “sesungguhnya”. Tapi, ada 5 hal yang jangan kamu lakukan saat terjun ke kuliah.

Buat kamu semua yang baru masuk kuliah, life has just begun! Jangan sampai masa-masa kuliah kamu jadi sia-sia dan gak berkesan! Sekarang, goKampus mau kasih tau kamu jangan lakukan 5 hal ini saat kuliah, ini dia!

1. Jangan cuma kejar nilai bagus

Namanya juga kuliah, pasti kamu ngejar nilai setinggi mungkin supaya nanti begitu lulus bisa cepat dapat kerja. Memang betul, IPK penting untuk cari kerja, tapi pengalaman juga penting loh buat modal karir kamu nanti. Jangan sampai terlalu sibuk kejar nilai, tapi kegiatan luar kampus kamu ‘nol’ ya!

2. Jangan khawatir tentang waktu

Pasti kamu semua banyak yang pengen lulus kuliah tepat waktu atau kalau bisa lebih cepat. Hal ini wajar banget kok! Namun, jangan sampai ambisi untuk lulus cepet-cepet ini bikin kamu jadi melewatkan banyak hal, kayak ikut kegiatan kampus atau pertukaran pelajar ke luar negeri. Kamu gak akan buang-buang waktu selama kuliah selagi digunakan dengan benar dan dimanfaatkan untuk menambah pengalaman.

3. Jangan menutup diri 

Jangan jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang kuliah-pulang) dan malu-malu untuk menambah teman ya! Punya banyak teman gak cuma akan menolong kamu saat kuliah, tapi bisa juga untuk dunia kerja nanti. Masa kuliah ini justru waktu yang tepat untuk menambah koneksi loh. Banyak-banyak senyum, sapa, dan beranikan diri untuk memulai pembicaraan sama teman-teman kampus kamu ya!

Baca Juga : 5 Tips Kuliah Online Agar Menyenangkan

4. Jangan takut mencoba hal baru

Kuliah memang beda banget sama sekolah, tapi justru disitulah tantangannya! Di kuliah, banyak banget kegiatan yang bisa kamu lakuin kayak ikut kepanitiaan, organisasi, komunitas, perlombaan, volunteer, magang, dan masih banyak lagi. Masih malu-malu dan takut nyoba karena nggak merasa mampu? Tenang, semua teman-teman kamu juga baru pertama kali nyoba kok kayak kamu. Yuk hapus keraguan dan mulai coba keluar dari comfort zone kamu.

jangan lakukan kuliah

5. Jangan ‘overthinking’

Intinya nih selagi jadi mahasiswa, kamu gak usah kebanyakan mikir, takut-takut, atau malu-malu deh. Banyak kesempatan dan pengalaman yang terbuka luas buat kamu di masa kuliah yang akan sulit kamu dapatkan nanti saat sudah kerja. Banyak-banyak berteman, ikut kegiatan kampus, dan berkarya bakal bikin kehidupan kampus kamu gak sia-sia. Ingat,  mikirnya cukup pas lagi belajar aja ya!

Nah, ini dia 5 hal yang gak boleh banget kamu lakukan selagi kuliah supaya kehidupan kampus kamu gak sia-sia! Jangan lupa buat download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, dan masuk kuliah cuma pakai raport lewat Instant Approval. Semua #PastiBisaKuliah sama goKampus!

Kontributor : Saeka Minami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like