arti passion
Tips Belajar

Arti Passion dan Kata yang Serupa dalam Bahasa Indonesia

Dalam keseharian, kamu pasti sering menggunakan kata “passion”, terutama dalam hal minat jurusan hingga karier. Sebenarnya apa sih arti passion? Lalu apa kata lain yang serupa dalam bahasa Indonesia? Yuk kita bahas selengkapnya.

Baca Juga: Apa Itu Passion Kerja? Gimana Sih Cara Menemukannya? Cek Selengkapnya Yuk

Arti Passion Menurut Beberapa Kamus Luar Negeri

Mulai dari kamus Oxford. Passion bisa berarti: “strong and barely controllable emotion/emosi yang kuat dan hampir nggak dapat dikendalikan”. Sementara, menurut kamus Cambridge, ada beberapa arti kata “passion” dan kalimat yang menjelaskannya.

1. Very powerful feeling, for example of sexual attraction, love, hate, anger, or other emotion (perasaan yang sangat kuat, contohnya ketertarikan secara seksual, cinta, benci, marah, atau emosi lainnya). Contoh kalimat:

  • Football arouses a good deal of passion among its fans. (Olahraga sepakbola membangkitkan passion (semangat) dalam diri para penggemarnya).
  • At school, his early interest in music developed into an abiding passion. (Di sekolah, ketertarikan awalnya terhadap musik telah berkembang menjadi passion (gairah) yang tak kunjung hilang).
  • Politics and philosophy were his lifelong passions. (Politik dan filosofi telah menjadi passion (semangat)nya seumur hidup).

2. An extreme interest in or wish for doing something, such as a hobby, activity, etc (sebuah ketertarikan secara ekstrem, atau keinginan untuk melakukan sesuatu seperti hobi, aktivitas, dan sebagainya). Contoh kalimat:

  • Anton has a consuming passion for science fiction. (Anton memiliki passion (kegemaran) yang sangat besar terhadap fiksi ilmiah).

3. Something that you are strongly interested in and enjoy (sesuatu yang sangat kamu minati dan nikmati). Contoh kalimat:

  • She has two passions in life – her cats and opera. (Dia punya dua minat dalam hidupnya – kucingnya dan opera).

4. Dalam agama Kristiani, “passion” bisa juga diartikan sebagai penderitaan dan kematian Yesus Kristus. Ingat film The Passion of the Christ karya sutradara Mel Gibson? Kira-kira seperti film tersebut.

Kesimpulannya…

Dari contoh-contoh di atas, bisa disimpulkan bahwa passion bisa diterjemahkan sebagai “gairah”, “hasrat”, “semangat”, “nafsu”, atau “kegemaran” dalam bahasa Indonesia. Tapi ternyata ada satu kata tunggal dalam bahasa Indonesia yang benar-benar menjadi arti dari kata “passion” yaitu “renjana”.

Kata “renjana” memang belum populer, tapi memiliki arti yang mirip dengan definisi kata “passion”. Kata renjana berasal dari Sanskerta, yakni rañjana yang berarti ‘tindakan yang menyenangkan; pemberian kesenangan’. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi renjana adalah rasa hati yang kuat (rindu, cinta kasih, berahi, dan sebagainya)

Nggak beda jauh dengan passion, kan? Tapi kamu harus paham kalau renjana kurang sesuai dengan arti asli passion yang berasal dari kata Latin yaitu “passio”, berarti “penderitaan” – seperti definisi kata passion dalam Kristiani.

Meski begitu, bolehlah kita mulai menggunakan kata renjana untuk menggantikan kata passion. Jadi, kamu bisa mengganti kalimat “passion saya adalah melukis dan menulis” menjadi “renjana saya adalah melukis dan menulis”.

Gimana, sudah paham arti passion dan kata yang serupa dalam bahasa Indonesia? Kalau kamu mau mencari passion jurusan kuliah yang pernah/ ingin kamu tempuh atau cari tahu passion karier yang paling cocok buatmu, cari tahu lewat Tes Minat dan Bakat dari goKampus yuk! Tesnya GRATIS loh! Cus, ikutan tesnya di link ini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *