internship adalah
goKampus Tips Belajar Upskill

Jurusan Yang Paling Banyak Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Pastinya sebelum kamu menentukan jurusan yang akan kamu ambil di perguruan tinggi, kamu pernah berpikir gak sih kalau kamu mengambil jurusan yang mungkin akan menjadi jurusan yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja? Tentunya memilih jurusan gak boleh membuatmu menyesal di kemudian hari, jadi penting banget nih buat kamu memilih jurusan yang memang benar-benar kamu yakini untuk jadi bekal di masa depan.

Buat kamu yang memiliki prestasi belajar yang tinggi, kamu akan memiliki sedikit keistimewaan karena kamu akan jauh lebih leluasa untuk memilih jurusan tertentu ketika masuk ke jenjang perkuliahan. Untuk membantu kamu memilih jurusan yang tepat, goKampus akan kasih tau kamu 12 jurusan yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja. Check this out!

1. Jurusan Teknik Perminyakan Dan Pertambangan

Jurusan yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja yang pertama adalah jurusan teknik perminyakan dan pertambangan nih. Khususnya di Indonesia, cukup terbatas kampus-kampus yang memiliki jurusan ini. Jadi, gak heran nih kalau setiap tahun peminatnya selalu tinggi. 

Biasanya untuk mahasiswa lulusan teknik perminyakan dan pertambangan, kamu akan menjadi incaran banyak perusahaan besar yang siap memberikanmu karir yang bagus serta gaji yang besar loh karena bekerja di perusahaan ini sangat gak gampang.

2. Jurusan Oseanografi

Jurusan yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja yang kedua adalah jurusan oseanografi. Dimana seperti yang kamu tau kan lebih dari 62% kepulauan Indonesia terdiri dari lautan. Jadi, prospek kerja untuk mahasiswa lulusan oseanografi bakal besar banget. 

Oseanografi sendiri adalah ilmu yang mempelajari fenomena fisis dan dinamis air laut yang dapat diaplikasikan ke bidang-bidang lainnya seperti rekayasa, lingkungan, perikanan, bencana laut dan mitigasi (pengelolaan dan pencegahan). Nantinya ketika kamu mengambil jurusan ini, kamu akan diajari ilmu tentang laut mulai dari arus sampai ke fenomena laut teraneh di dunia. Tentu saja kamu akan menjadi tenaga langka yang dibutuhkan negara loh!

3. Jurusan Astronomi

Jurusan yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja selanjutnya adalah jurusan Astronomi. Astronomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit. Jurusan yang satu ini berasal dari pemikiran orang-orang yang memikirkan bagaimana alam semesta ini terbentuk. 

Untuk ilmu astronomi, Indonesia bisa dibilang masih harus berlari kencang untuk mengejar kemajuan. Gak heran nih kalau negara kita sangat membutuhkan tenaga ahli untuk mengetahui aneka fenomena yang terjadi di antariksa bumi kita. Sehingga, jika ada peristiwa-peristiwa tertentu, kita bisa mendapatkan informasi terkini.

Untuk peluang kerja, kamu tidak usah meragukan jurusan yang satu ini. Karena ada banyak lembaga yang membutuhkan Astronom handal, seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

4. Jurusan Kedokteran

Jurusan yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja selanjutnya adalah jurusan kedokteran. Mengambil jurusan kedokteran memang masih jadi salah satu yang favorit di Indonesia. Menjadi seorang dokter akan memberikan kamu kesempatan yang luas untuk memiliki penghasilan yang tinggi, karena gaji dokter yang berkarir di sebuah rumah sakit swasta saat ini bisa saja mencapai puluhan juta rupiah per bulannya rupiah.

5. Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja selanjutnya adalah jurusan ilmu hukum. jurusan yang satu ini juga akan memberikan kamu kesempatan yang luas untuk berkarir sendiri atau bahkan melalui kantor-kantor pengacara (Advokat) besar di Indonesia. Hampir seluruh perguruan tinggi di tanah air memiliki jurusan ini dan menjadi favorit bagi para calon mahasiswa. 

Baca Juga: Langka! 10 Jurusan Yang Jarang Diminati

6. Jurusan Akuntansi

Jurusan yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja selanjutnya adalah jurusan akuntansi. Kepopuleran jurusan yang satu ini memang sudah tidak usah kamu ragukan lagi. Hampir di seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, jurusan akuntansi menjadi jurusan yang paling diminati terutama bagi mereka yang sangat suka hitung-hitungan.

Peluang kerja untuk lulusan jurusan akuntansi pun sangat luas, karena hampir seluruh perusahaan membutuhkan jasa seorang akuntan. Para lulusan dari jurusan akuntansi pun dapat berkarir di perusahaan-perusahaan swasta atau bahkan menjadi seorang profesional dan bergabung di sebuah kantor akuntan publik.

7. Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen bisa jadi salah satu jurusan yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja nanti nih guys. Bagi kamu yang berniat untuk memilih kuliah jurusan yang satu ini, kamu juga memiliki kesempatan kerja cukup luas. Jurusan manajemen pada umumnya bisa dan dapat dengan mudah diterima untuk bekerja di perusahaan-perusahaan swasta. 

8. Jurusan Tata Bahasa dan Sastra

Jurusan yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja selanjutnya adalah jurusan tata bahasa dan sastra. Meskipun jurusan ini sering dipandang sebelah mata, tapi prospek kerja jurusan ini cukup menjanjikan loh. Berbagai perusahaan besar sangat membutuhkan jasa seorang penerjemah untuk melancarkan komunikasi antara perusahaan mereka dengan perusahaan lain, pejabat maupun para investor.

Selain itu juga penerjemah gak hanya ada di kalangan-kalangan atas saja, banyak sekali lowongan kerja sebagai jasa penerjemah bahasa Online, Penerjemah subtitle film, penerjemah komik dan lain-lain.

9. Jurusan Pendidikan

Jurusan yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja selanjutnya adalah jurusan pendidikan. Dimana kamu bisa melanjutkan pendidikan menjadi guru di Indonesia loh. Seperti yang kamu tau, setiap tahunnya profesi guru selalu meningkat dan keberadaannya selalu di apresiasi oleh pemerintah. jadi, kamu tak perlu ragu untuk mengenyam pendidikan dengan mengambil jurusan pendidikan ini.

10. Jurusan Psikologi

Jurusan yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja lainnya adalah jurusan psikologi. Bagi kamu yang memiliki minat kuliah di jurusan psikologi, kamu juga tidak perlu khawatir dengan perkembangan karir kedepannya. Hampir semua perusahaan akan membutuhkan tenaga di bidang ini, terutama perusahaan-perusahaan berskala besar. 

Gaji seorang lulusan ilmu psikologi juga cukup tinggi loh. Ditambah lagi kamu bisa membuka layanan konsultasi pribadi sendiri nantinya ketika sudah mengambil profesi setelah kamu menyelesaikan pendidikan sarjana kamu.

11. Jurusan Ilmu Bisnis

Jurusan yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja selanjutnya adalah jurusan ilmu bisnis. Dimana jurusan yang satu ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk bekerja pada perusahaan milik orang lain, tapi juga bisa mengembangkan karir sendiri sebagai pebisnis. Bayangkan, berapa besar penghasilan yang bisa kamu dapatkan saat menjadi seorang pebisnis.

12. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja yang terakhir adalah jurusan teknik informatika. Jurusan ini masih sangat berhubungan dengan industri digital dan peluang kerjanya bisa dibilang sangat luas nih guys. Para lulusan teknik informatika inilah lah yang nantinya bertugas mengolah dan menginterpretasikan data-data tersebut, sehingga menjadi sebuah informasi yang terstruktur dan berguna buat perusahaan. 

Gimana menurutmu mengenai 12 jurusan kuliah yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja? Jangan lupa untuk kunjungi halaman ini untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *