macam-macam akuntansi
Tips Belajar

Wajib! Kenali Berbagai Macam-Macam Akuntansi

Tonton Sekarang

Apakah kamu tertarik melanjutkan kuliah jurusan akuntansi? Kalau kamu suka dengan dunia keuangan, pembukuan, jurusan akuntansi bisa menjadi pilihan. Namun, sebelum benar-benar terjun ke dunia tersebut, kamu perlu mengenali macam-macam akuntansi. Apa sajakah itu? Yuk, simak!

Macam-Macam Akuntasi

1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)

Macam-macam akuntansi yang pertama adalah akuntansi keuangan atau financial accounting. Bidang ini berkaitan dengan akuntansi suatu unit ekonomi secara keseluruhan. Akuntansi keuangan berhubungan dengan pelaporan keuangan untuk pihak-pihak di luar perusahaan. Laporan yang berhasil ini bersifat serba guna (general purpose). 

Kegiatannya meliputi pencatatan kegiatan finansial yang bertujuan untuk dapat menyajikan laporan keuangan. Laporan keuangan meliputi neraca, laporan laba rugi, hingga laporan perubahan modal. Laporan keuangan dapat pihak-pihak yang membutuhkan manfaatkan untuk pengambilan keputusan dan kebijakan yang rasional dan relevan.

2. Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)

Macam-macam akuntansi selanjutnya adalah akuntansi pemeriksaan atau audit. Sebagai mahasiswa akuntansi, pasti gak asing lagi nih sama hal-hal yang berhubungan dengan audit. 

Dalam pemeriksaan akuntansi (auditing), kegiatan pemeriksaan terhadap hasil pencatatan dan laporan dalam keuangan. Bidang ini berhubungan dengan audit pada laporan dari akuntansi keuangan.

Meskipun tujuan utama audit agar informasi akuntansi yang disajikan dapat dipercaya, namun terdapat tujuan lainnya seperti ketaatan terhadap kebijakan, prosedur serta menilai efisiensi dan efektifitas suatu kegiatan. 

Dalam konsep tersebut, yang mendasari auditing adalah objektivitas dan independensi dari pemeriksa serta kerahasiaan dan pengumpulan bukti-bukti yang terbilang cukup relevan.

3. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Macam-macam akuntansi yang selanjutnya adalah akuntansi biaya. Akuntansi biaya merupakan bidang akuntansi yang mencatat dan menghitung serta menganalisis sebuah data biaya pada perusahaan industri dalam usaha menentukan besarnya harga pokok produksi suatu barang atau produk. 

Untuk itu, dengan adanya akuntansi biaya ini akan kamu peroleh laporan harga untuk menyusun laporan keuangan. Bidang ini menekankan penetapan dan kontrol atas biaya. Akuntansi biaya akan mengarah pada penetapan biaya berdasarkan aktivitas (activity based costing). Dengan fungsi utama mengumpulkan dan menganalisis data mengenai biaya, baik biaya yang telah terjadi maupun yang akan terjadi.

4. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Akuntansi manajemen adalah bidang akuntansi yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada manajemen dalam menjalankan usahanya. 

Banyak hal pada akuntansi biaya yang datanya bisa akuntansi manajemen manfaatkan. Meskipun kedua bidang akuntansi ini berbeda tujuan, namun dalam pelaksanaannya bisa secara bersamaan. 

Beberapa kegunaan akuntansi manajemen yaitu untuk mengendalikan kegiatan perusahaan, memonitor arus kas dan menilai alternatif dalam pengambilan sebuah keputusan. Pengendalian perusahaan melalui aktivitas yang dijalankan (activity based management) merupakan tren baru dalam akuntansi manajemen.

5. Akuntansi Perpajakan

Akuntansi perpajakan adalah akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan penentuan objek pajak yang menjadi beban perusahaan serta perhitungannya untuk kepentingan penyusunan laporan pajak. 

Kegiatan akuntansi perpajakan berfungsi membantu manajemen dalam menentukan pilihan-pilihan transaksi yang akan terjadi yang berhubungan dengan pertimbangan-pertimbangan perpajakan. Oleh karena itu, akuntansi yang bekerja dalam bidang ini harus mengetahui benar tentang undang-undang perpajakan yang berlaku.

Baca Juga: Jadi Akuntan? Simak Prospek Kerja Akuntansi Yuk

6. Budgeting

Bidang akuntansi ini menyusun anggaran baik pendapatan maupun biaya. Anggaran merupakan pedoman bagi perusahaan, perorangan atau pemerintah dalam melakukan kegiatan finansialnya di masa yang akan datang.

Bidang ini berhubungan dengan penyusunan rencana keuangan yang terkait dengan kegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu di masa yang akan datang serta analisis dan pengawasannya.

Anggaran bisa menjadi sarana untuk menjabarkan tujuan perusahaan dan berisi rencana kegiatan yang akan perusahaan laksanakan serta nilai uang di masa akan datang.

7. Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)

Akuntansi ini merupakan bidang akuntansi keuangan yang lembaga pemerintahan tetapkan. Tujuannya, menyajikan laporan keuangan, pengendalian dan pengawasan keuangan negara. 

Akuntansi dengan jenis ini dapat mengatur administrasi keuangan negara dengan baik. Bidang ini mengkhususkan diri dalam pencatatan dan pelaporan transaksi-transaksi di badan pemerintahan.

8. Sistem Akuntansi (Accounting System)

Macam-macam akuntansi adalah sistem akuntansi. Sistem akuntansi merupakan bidang akuntansi yang melaksanakan kegiatan dengan merancang cara melakukan pencatatan akuntansi agar aman, efektif dan efisien. Mulai dari organisir dokumen sampai menyusun prosedur pencatatannya.

9. Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Akuntansi anggaran adalah akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan pengumpulan dan pengolahan data operasi keuangan yang sudah terjadi, serta taksiran kemungkinan yang akan terjadi untuk kepentingan penetapan rencana operasi keuangan perusahaan (anggaran) dalam suatu periode tertentu.

10. Akuntansi Perbankan

Macam-macam akuntansi yang selanjutnya adalah akuntansi perbankan. Mengingat pengertian akuntansi sebagai proses pencatatan, pengklasifikasian, penganalisaan serta penafsiran data keuangan. 

Akuntansi perbankan adalah proses akuntansi bank yang juga meliputi pencatatan, pengklasifikasian, penganalisaan, penafsiran data keuangan bank secara sistematis untuk memenuhi kebutuhan pihak yang berkepentingan baik internal maupun eksternal.

Kamu ingin mendalami lebih jauh tentang akuntansi? Yuk, ikutan kelas Entri Akuntansi untuk Pemula di sini. Kamu gak hanya dapat beragam insight dari pengajar yang berpengalaman dan ahli, tetapi juga dapat sertifikat dari institusi ternama plus bisa ikutan kelasnya online dari mana saja. Cus, ikutan kelasnya sekarang!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *