tips belajar di rumah
goKampus Tips Belajar Upskill

Tips And Trick Saat Mengambil Kuliah Online S1

Siapa yang sangka kalau di tahun 2020 hingga awal 2021 ini kita mengalami kondisi di mana semuanya harus dikerjakan dari rumah. Mulai dari bekerja dari rumah hingga sekolah dari rumah. Semenjak itu, banyak sekali kampus-kampus yang langsung mengganti struktur pembelajarannya menggunakan kuliah online, khususnya kuliah online S1.

Selain itu, semakin berkembangnya teknologi, orang-orang juga bisa dengan mudah memperoleh pengetahuan dan wawasan dari internet.

Perkembangan teknologi ini juga dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan dan institusi yang bergerak di bidang pendidikan untuk menyelenggarakan program kuliah online S1 atau yang biasa disebut dengan sistem online learning.

Dikarenakan kuliah online S1 ini adalah hal yang baru di Indonesia, goKampus akan membahas lebih lanjut nih mengenai kelebihan dan apa aja sih yang harus kamu persiapkan sebelum kuliah online. Simak yuk!

A. Kelebihan kuliah daring

Nah, meskipun yang kamu tau sekarang kuliah di Indonesia bisa langsung kuliah offline yaitu langsung datang ke kampus. Tapi, ada juga loh beberapa pelajar di Indonesia yang menjalankan kuliah online sesuai dengan program kurikulum dari kampusnya sendiri.

Misalnya aja nih ada para pelajar lulusan SMA/SMK yang ingin berkuliah di suatu kampus favoritnya yang terletak di luar pulau, tetapi karena beberapa kondisi tertentu jadinya gak bisa ikut perkuliahan tanpa meninggalkan rumah. Jadi, kamu memilih untuk mengikuti program kuliah S1.

Khususnya dengan bantuan dari teknologi sekarang, kuliah online pun juga bisa tetap memiliki interaksi dua arah loh antara dosen dan mahasiswanya walaupun gak bisa tatap muka secara langsung.  

Media komunikasi yang banyak memungkinkan dosen memberikan perkuliahan secara langsung melalui video conference atau rekaman. Dan juga, pada proses selanjutnya, mahasiswa dapat memutar kembali video atau rekaman tersebut berulang kali sebagai materi pembelajaran bilamana ada materi yang susah untuk dipahami.

Mahasiswa yang mengikuti program kuliah daring dapat lebih menghemat waktu dan tenaga. Sehingga waktu dan tenaga yang tersisa dapat digunakan untuk hal-hal lainnya diluar jam perkuliahan. Misalkan saja, dapat digunakan untuk bekerja atau memulai bisnis. 

Hal tersebut dapat dilakukan karena pada dasarnya masa-masa kuliah bukan hanya soal belajar materi perkuliahan saja. Masa-masa kuliah  juga dapat digunakan untuk  menggali potensi atau keterampilan dalam berbagai bidang  selain dalam bidang akademik.

B. Persiapan kuliah online S1

Untuk persiapan sistem kuliah online S1, berbagai kampus harus banyak melakukan persiapan dan inovasi agar proses pembelajarannya gak membosankan guys. Persiapan yang harus dilakukan oleh berbagai kampus bisa meliputi:

1. Sarana dan prasarana

Salah satu yang harus dipersiapkan saat kuliah online S1 adalah dari segi sarana prasarana, seperti platform dan juga tools yang dipakai oleh perguruan tinggi dalam melaksanakan kuliah daring, serta data dan informasi kampus harus bisa tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa.

2. SDM yang berkualitas

Untuk bisa memanfaatkan program kuliah online S1, tentu aja kampus harus mempersiapkan SDM yang mengetahui tentang sistem yang akan digunakan, misalnya aja seperti mempersiapkan platform yang digunakan saat kuliah online serta harus memiliki pemahaman yang cukup mengenai kesalahan teknis dan juga bisa mempersiapkan penanggung jawab bahan materi yang akan dibicarakan di kuliah online.

3. Akreditasi

Faktor akreditasi juga bisa menjadi salah satu hal yang harus dipersiapkan secara matang karena dengan akreditasi kampus yang baik tentunya akan dipercaya oleh calon mahasiswa baru. 

Baca Juga: 20 Pertanyaan Kepo Tentang Cloud University!

Nah, kalau tadi dari sisi persiapan yang harus dipersiapkan oleh kampusnya, ini saatnya goKampus berbagi tips buat kamu biar kuliah online S1 nya bisa menjadi efektif. Simak informasinya dibawah ini yuk!

1. Buat daily reminder untuk kuliah online

Membuat daily reminder sangat penting untuk mengurangi rasa malas dan mager akibat perkuliahan yang sekarang dilakukan dari rumah. Kalau misalnya kamu mencatat dan mengatur kegiatanmu secara terjadwal dan baik tentunya akan meningkatkan produktivitas.

Daily reminder bisa dimulai dari catat jadwal perkuliahanmu setiap hari tanpa melewatkan satu kelas pun. Meskipun kamu kuliah secara online, kamu harus bisa memposisikan dirimu sama seperti sedang mengikuti perkuliahan biasanya ya. 

Rapikan tempat belajar, pastikan sudah mandi dan gunakan pakaian rapi, serta hindari rebahan di kasur! Buat suasana yang nyaman untuk menjaga konsentrasi kamu selama perkuliahan online. Tulis juga kegiatan lain yang ingin kamu lakukan di hari itu. Misalnya memasak, berkebun atau olahraga.

Intinya selain mengisi hari-harimu dengan kegiatan yang bermanfaat, pastikan untuk tetap menjalankan kewajibanmu mempelajari materi dan mengerjakan tugas kuliah online ya!

2. Jangan nugas mepet “deadline”

Menghadapi kuliah online, pasti kebanyakan dosen memilih untuk memberikan tugas-tugas sebagai pengganti perkuliahan tatap muka serta melatih mahasiswa untuk belajar secara mandiri. Jujur, metode ini pasti akan memberatkan kamu sebagai mahasiswa kan. Tapi kenyataannya, masih banyak loh dosen yang melakukan hal ini. Maka kamu jangan ngerjain tugas mepet-mepet deadline ya atau yang biasa disebut Sistem Kebut Semalam (SKS).

Buat list tugas setiap mata kuliah bisa kamu prioritaskan mana yang harus dikerjakan lebih dulu. Lebih baik mencicil sedikit demi sedikit dibandingkan gak mengerjakan sama sekali. Kamu harus menghindari Sistem Kebut Semalam. Jaga kesehatan dengan istirahat yang cukup ya guys khususnya di masa pandemi seperti saat ini!

3. Simak dan catat hal-hal penting seperti perkuliahan biasa

Kamu wajib untuk mencatat berbagai hal-hal penting di dalam materi perkuliahan tersebut seperti pertemuan tatap muka biasanya, sehingga meskipun kuliahmu dilaksanakan online, kamu tetap bisa memahami materi dan mengetahui berbagai poin-poin penting di mata kuliah tersebut.

Menulis catatan sudah terbukti menjadi salah satu teknik belajar yang efektif untuk memperdalam pemahamanmu. Jangan sampai ketinggalan kebiasaan yang kamu lakukan saat perkuliahan biasa guys. Tetap aktif bertanya kalau kamu kurang paham tentang materi yang diberikan, tetap catat materi perkuliahan, aktif mencari sumber bacaan, dan lain-lain.

4. Olahraga secara rutin itu perlu!

Selama masa kuliah online S1, kamu bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan untuk membantu kamu mengelola stress serta mampu membuat pikiranmu lebih fresh. Contohnya seperti olahraga! 

Selama masa pandemi, sangat disarankan untuk tetap berolahraga secara rutin karena olahraga terbukti dapat meningkatkan imun, mengurangi rasa stress dan depresi. Olahraga juga mampu mempercepat proses informasi serta meningkatkan rentang perhatian dan kemampuan pemecahan masalah. Pikiran fresh, materi gampang masuk, proses pembelajaran jadi efektif deh!

5. Ubah mindset dan nikmati kuliah online!

Ubahlah mindset dalam dirimu bahwa kuliah dan belajar dari rumah itu sama aja dengan kuliah tatap muka pada umumnya. Justru yang berbeda adalah hanya tempat, sistem, dan suasana aja kok! 

Nikmati prosesnya, lama-lama pasti akan terbiasa. Ciptakan rasa enjoy dan usahakan tidak merasa terbeban sehingga pembelajaran bisa berjalan efektif. Kelola stressmu dengan melakukan hobi dan kegiatan yang menyenangkan.

Buat kamu yang pengen daftar kuliah online, kamu juga bisa mengikuti program pembelajaran kuliah online S1 di Cloud University! Kamu bisa mengikuti kuliah secara online dari rumah dan mendapatkan gelar sarjana dari USA, UK, atau Australia! Kunjungi halaman ini untuk mencari informasi lebih lanjut yuk!

Selain itu, kamu bisa mencari informasi kampus lebih lanjut di website dan aplikasi goKampus. Tenang aja, karena seluruh persoalan tentang dunia perkuliahanmu bisa kamu konsultasikan lagi bersama goKampus! 

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu dan menjawab seluruh permasalahanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *