utbk 2022
Upskill

UTBK 2022: Materi Tes, Persyaratan hingga Cara Mendaftar

Bagi kamu yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), kamu mesti mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) lebih dulu. Nah, salah satu syarat utama untuk mengikuti SBMPTN adalah kamu harus lebih dulu mengikuti UTBK. Apa itu UTBK? Seperti apa mekanisme UTBK 2022? Yuk, kita bahas!

Sekilas tentang UTBK

UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), yang menjadi salah satu syarat utama untuk mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). 

Sejak tahun 2019, SBMPTN menggunakan hasil UTBK dan/atau kriteria lain yang PTN tetapkan bersama. UTBK merupakan tes masuk ke perguruan tinggi oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) sebagai penyelenggara. 

Sebagai “saringan awal” dari seleksi PTN, UTBK bertujuan untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu serta memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel, yaitu memilih lokasi dan waktu tes.

Gimana gak fleksibel, ada 74 pusat UTBK yang tersebar di berbagai universitas dari Sabang hingga Merauke. Kamu tinggal pilih yang terdekat dari tempat tinggalmu saja.

Materi UTBK 2022

Sederhananya, ada 3 tes dalam UTBK 2022, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Bahasa Inggris dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Yuk, pelajari dulu seperti apa materi dalam masing-masing tes agar kamu bisa melakukan persiapan dengan baik sehingga bisa mencapai hasil maksimal.

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif yang penting untuk keberhasilan siswa di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Materi TPS di antaranya Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. 

Wajib kamu ingat bahwa Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar tercakup dalam Kemampuan Kuantitatif. Jadi, siap-siap dengan soal hitungan, ya!

Baca Juga: Ini Jenis Soal Tes Potensi Skolastik agar Sukses UTBK

2. Tes Kemampuan Bahasa Inggris 

Kalau Tes Kemampuan Bahasa Inggris, rasanya cukup jelas, yaitu untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa dalam berbahasa Inggris karena kemampuan bahasa Inggris penting untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.

3. Tes Kemampuan Akademik (TKA)

TKA merupakan tes untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang sekolah selama ini ajarkan dan penting untuk calon mahasiswa agar bisa berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. Tes ini juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran di sekolah. Penekanan tes ini ada pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Dalam UTBK, ada 3 jenis prodi yang bisa kamu pilih. Tiap prodi akan dites dengan TPS dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris. Untuk TKA, kamu akan dites sesuai dengan prodi yang kamu pilih. Ketiga prodi tersebut antara lain:

– Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris dan TKA Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi). Alokasi waktu tes selama 195 menit.

– Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).  Alokasi waktu tes selama 195 menit.

– Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek dan TKA Soshum. Alokasi waktu tes selama 285 menit.

Baca Juga: Mau Tahu Potensi Karier Terbaikmu? Ikutan Aptitude Test Yuk!

Persyaratan untuk UTBK 2022

Menurut situs resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Berikut berbagai persyaratan yang harus kamu ikuti sebelum mengikuti UTBK 2022!

  1. Memiliki akun di situs LTMPT yang sudah permanen.
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2022 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022).
  4. Surat Keterangan Siswa Kelas 12 beserta foto terbaru (berwarna), stempel/cap sekolah dan tanda tangan Kepala Sekolah.
  5. Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2020 dan 2021 atau lulusan Paket C tahun 2020 dan 2021 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022). Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah setara.
  6. Tidak lulus jalur SNMPTN pada tahun 2020, 2021 dan 2022.

Persyaratan Tambahan untuk UTBK

  1. Persyaratan Tes Peserta: (1) Peserta yang akan memilih prodi Saintek maka mengikuti TPS, Bahasa Inggris dan TKA Saintek; (2) peserta yang akan memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS, Bahasa Inggris dan TKA Soshum; (3) peserta yang akan memilih prodi Campuran (Saintek dan Soshum), maka mengikuti TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek dan TKA Soshum.
  2. Khusus Program Studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi hanya dapat siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA yang memilih.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  4. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio. Ada 10 jenis portfolio, yaitu Olahraga; Seni Rupa, Desain, dan Kriya; Tari (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Tari); Teater (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Teater/Drama); Musik (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Musik); Seni Karawitan; Etnomusikologi; Fotografi; Film dan Televisi; Seni Pedalangan.
  5. Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra.
  6. Membayar biaya UTBK melalui bank Mandiri, BNI, BTN dan BRI. Untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, biayanya Rp200 ribu. Sementara itu, untuk kelompok biaya ujian campuran sekitar Rp300 ribu.

Cara Melakukan Pendaftaran UTBK 2022

Secara umum tahapan pendaftaran UTBK-SBMPTN adalah sebagai berikut:

  1. Registrasi Akun LTMPT.
  2. Wajib bagi semua calon pendaftar UTBK-SBMPTN menggunakan NISN, NPSN dan Tanggal Lahir pada laman ini
  3. Login.
  4. Menggunakan akun LTMPT pada laman ini.
  5. Memilih Menu Verifikasi dan Validasi Data.
  6. Mengisi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru dan verifikasi biodata.
  7. Memilih Menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN.
  8. Melengkapi (1) Biodata, (2) Memilih Program Studi, (3) Mengunggah Portofolio, (4) Memilih Pusat UTBK PTN dan (5) mendapatkan Slip Pembayaran.
  9. Membayar di Bank yang menjadi mitra UTBK 2022 (Bank Mandiri, BNI, BTN dan BRI) menggunakan slip pembayaran yang harus dilakukan paling lambat 2×24 jam.
  10. Mencetak Kartu Peserta UTBK-SBMPTN
  11. Login ke laman ini untuk memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN untuk mencetak Kartu Peserta UTBK
  12. Panduan Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022 dapat dilihat di menu unduhan atau klik di sini.
  13. Setiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada 2 PTN.

Pada tahun ini, pelaksanaan gelombang pertama UTBK ialah pada tanggal 17-23 Mei 2022, sedangkan pelaksanaan gelombang berikutnya pada 28 Mei-3 Juni 2022.

Buat kamu yang bertekad bulat masuk PTN, UTBK 2022 memang sudah harus kamu persiapkan dari jauh-jauh hari. Sebab, UTBK 2022 adalah salah satu momentum penting untuk masuk kuliah. Kamu harus mempersiapkan mental untuk berjuang dan usaha dengan perbanyak latihan, ya! Semoga dengan usaha yang konsisten, kamu bisa lolos di kampus impian lewat UTBK-SBMPTN ini.

Baca Juga: Tes Bakat Itu Apa Saja? Yuk, Cek Jenis-jenisnya!

Oh iya, kamu juga bisa loh cari informasi seputar jurusan yang kamu minati atau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Ga percaya? Yuk, cobain di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *