goKampus Tips Belajar Upskill

Manfaat dan Tujuan Dari Program Bidikmisi

Hai adik-adik kelas 12 SMA, setelah ini ada rencana untuk lanjut kuliah dimana nih? Buat kamu semua yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang perkuliahan tetapi kamu masih terbatas soal dana atau biaya. Jangan khawatir! Semua ada solusinya dengan mengikuti program Bidikmisi atau Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Pemerintah Indonesia sangat mendukung dunia pendidikan untuk seluruh anak-anak muda Indonesia agar bisa menempuh pendidikan ke jenjang setinggi-tingginya, dan salah satu program yang sangat bagus dan membantu masyarakat yang memiliki kendala biaya adalah program Bidikmisi.

Pastinya kamu sering dengar kan tentang program ini? Tapi apa sih sebenarnya detail dan penjelasan tentang program Bidikmisi tersebut? Nah, goKampus akan menjelaskan secara detail nih. Cek artikel ini yuk!

1. Pengertian Program

Bidikmisi merupakan salah satu bentuk beasiswa yang berupa bantuan biaya pendidikan kepada siswa-siswi yang akan menjadi calon mahasiswa di sebuah kampus tertentu. Program ini hanya berlaku kepada kamu semua yang memiliki latar belakang ekonomi namun kamu memiliki potensi Akademik yang sangat baik.

Nah, untuk kamu agar bisa mendapatkan biaya pendidikan dari Bidikmisi ini tentunya gak terlalu sulit kok namun bukan berarti mudah ya. Kamu harus melewati tahapan seleksi yang sangat ketat untuk bisa memastikan bahwa kamu pantas untuk menerima biaya pendidikan ini loh. Jadi, gak semua peserta yang terdaftar di program Bidikmisi tersebut bisa diterima.

2. Tujuan adanya program ini apa sih?

Pastinya bukan tanpa alasan dong pemerintah Indonesia memberikan dan menjalankan program Bidikmisi ini tetapi ada loh tujuan-tujuan yang ingin diraih oleh pemerintah dengan program ini. Tujuannya apa aja ya?

  • Program Bidikmisi memberikan semangat untuk kamu semua yang memiliki potensi baik di dunia akademik namun terkendala biaya untuk masuk ke perguruan tinggi agar bisa tetap optimis dan yakin kalau gak ada yang gak mungkin jika kamu gak berusaha.
  • Program Bidikmisi juga memberikan kesempatan di semua lapisan masyarakat untuk bisa merasakan pendidikan di perguruan tinggi yang terbaik.
  • Program Bidikmisi ini juga memberikan dukungan kepada para mahasiswa agar bisa lulus tepat waktu dan siap bersaing di industri 4.0
  • Dengan adanya program Bidikmisi ini tentunya diharapkan generasi muda bisa menjadi Agent of Change (Agen Perubahan) untuk Indonesia dan siap berkontribusi membangun Indonesia agar lebih baik.
  • Program Bidikmisi bisa memberikan kesempatan untuk kamu agar bisa berprestasi lebih dan menggapai apa yang menjadi mimpi kedepannya.
instan approval 1jam diterima
instan approval 1jam diterima

Baca Juga : Cara Daftar SNMPTN 2021 Buat Calon Mahasiswa

3. Kalau keterima program Bidikmisi, manfaat yang didapat apa aja sih?

Program Bidikmisi ini merupakan salah satu program yang sangat membantu untuk calon mahasiswa, jadi kalau kamu merupakan calon mahasiswa yang sudah resmi menjadi penerima program beasiswa ini, maka manfaat yang akan kamu dapatkan adalah:

  • Seluruh biaya pendidikan di bebaskan. Jadi kamu gak perlu membayar biaya kuliah per-semester dan hal ini sangat meringankan beban orang tua kita semua ya!
  • Mendapatkan uang saku secara gratis. Kamu semua akan mendapatkan uang saku secara gratis dan ATM khusus untuk uang saku ini. Pencairan uang saku Bidikmisi di beberapa kampus tentunya akan berbeda-beda, ada yang diberikan secara per bulan sekitar Rp 700,000/bulan, namun ada juga yang baru diberikan per-semester.

4. Tingkatan Pendidikan

Gak semua mahasiswa program Bidikmisi bisa diberikan, ada tingkatan-tingkatannya loh. Apa aja ya?

  • Program D I diberikan maksimal 2 semester.
  • Program D II diberikan maksimal 4 semester.
  • Program D III diberikan maksimal 6 semester.
  • Program SI/DIV diberikan maksimal 8 semester

Dan untuk jenis program profesi:

  • Dokter maksimal 4 semester.
  • Dokter gigi maksimal 4 semester.
  • Dokter hewan maksimal 4 semester.
  • Ners maksimal 2 semester.
  • Apoteker maksimal 2 semester.

5. Pendaftaran Bidikmisi 2021

Pastinya akan sangat sayang kan kalau kamu gak bisa mengikuti program ini karena ketinggalan informasi tentang persyaratan dan pendaftarannya. Cek proses pendaftaran Bidikmisi yuk:

  • Siswa bisa melakukan pendaftaran secara mandiri di web sistem Bidikmisi kuliah di halaman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP kuliah mobile apps.
  • Peserta harus melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP kuliah.
  • Jika proses validasi berhasil, sistem KIP kuliah selanjutkan akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.
  • Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP kuliah dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).
  • Bagi calon penerima KIP-Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi bisa melakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP-kuliah.

Gimana menurutmu tentang informasi program Bidikmisi? Udah siap belum bergabung menjadi salah satu penerima program Bidikmisi? Buat kamu yang ingin mencari beasiswa di universitas swasta, kamu bisa mengunjungi halaman goKampus untuk mencari informasi lebih lanjut ya.

Kamu juga bisa konsultasikan masalah perkuliahanmu dengan goKampus, kalau kamu ingin kuliah di dalam negeri atau di luar negeri, urusanmu bakal beres dengan goKampus! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *