cara pintar bahasa Inggris
Tips Belajar

Tips Penting buat Kamu, Cara Pintar Bahasa Inggris

Siapa sih yang gak tahu kalau bahasa Inggris merupakan bahasa internasional? Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional karena merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di dunia. Lalu, bagaimana cara pintar bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan? Yuk, cek!

Cara Pintar Bahasa Inggris

Di zaman globalisasi ini, tentu semakin mempermudah kehidupan kita. Salah satu dampak dari adanya globalisasi adalah perdagangan bebas. Hal ini tentu akan menarik investor asing untuk menanam modal di Indonesia. Tidak hanya itu pesona alam Indonesia pun juga menarik banyak wisatawan asing untuk datang dan berlibur di Indonesia.

Buat kamu yang masih pemula dan ingin memperdalam bahasa Inggris, ada beberapa cara pintar bahasa Inggris loh. Apa sajakah itu? Simak artikel ini, yuk!

1. Melatih pendengaran bahasa Inggris

Cara pintar bahasa Inggris yang pertama adalah kamu bisa melatih kemampuan berbahasa Inggrismu dengan latihan mendengarkan atau yang biasa disebut dengan listening. Kamu bisa mendengarkan lagi-lagu dalam bahasa Inggris, radio, ataupun podcast, serta menonton film dengan subtitle bahasa Inggris. 

Cara pintar bahasa Inggris ini bisa bermanfaat banget biar telinga kamu peka dengan kosakata bahasa Inggris dan bagaimana cara penyebutannya. Jadi, kamu bakal gampang banget nih untuk membiasakan diri melakukan percakapan dalam bahasa Inggris.

2. Nonton YouTube

Cara pintar bahasa Inggris yang kedua adalah menonton YouTube. Emangnya bisa ya nonton YouTube bikin kamu jago bahasa Inggris? Jawabannya ya bisa dong! Asal yang kamu tonton adalah kanal-kanal edukasi yang sesuai dan bisa mengajarkan kamu bahasa Inggris. 

Kamu juga bisa loh memilih tingkat kesulitan yang nantinya bisa disesuaikan dengan kemampuanmu. Tapi, jangan terlalu lama menonton YouTube karena bisa membuatmu jadi bosan dan gak ingin menontonnya lagi! Lebih baik kamu jadwalkan kegiatanmu belajar bahasa Inggris melalui YouTube ya. Karena dengan membuat jadwal, kamu bakalan lebih semangat lagi mempelajari hal baru setiap harinya.

3. Mengumpulkan kata-kata bahasa Inggris yang kamu suka

Cara pintar bahasa Inggris yang selanjutnya adalah kamu bisa mengumpulkan kosakata bahasa Inggris yang kamu suka dan kamu dengar. Hal ini membantu banget buat kamu bisa memperluas pengetahuan tentang bahasa inggris. Selain mencatat, kamu juga harus jabarkan pengertiannya.

4. Menulis diary dalam bahasa Inggris

Hmm.. mungkin di era sekarang sudah jarang ya orang-orang menulis diary, tapi sebenarnya diary ini bisa jadi cara pintar bahasa Inggris yang selanjutnya loh. Kamu bisa menulis apapun yang kamu suka dan kamu bisa bercerita tentang hari-hari yang kamu lalui. Nah, supaya lebih afdol kamu bisa menulisnya dengan menggunakan bahasa Inggris. Cara ini bisa membantu kamu banget buat belajar bahasa Inggris ya khususnya belajar grammar.

Baca Juga: Pelajari Cara Menghitung Scoring TOEFL Yuk!

5. Membaca artikel bahasa Inggris juga bisa jadi salah satu cara

Cara pintar bahasa Inggris selanjutnya adalah kamu harus mulai aktif baca artikel berbahasa Inggris nih guys! Kamu bisa mulai browsing dan cari-cari artikel bahasa Inggris di internet. Dengan situs yang memiliki banyak tema artikel kamu tidak akan merasa terbebani untuk membaca beberapa artikel dalam sehari.

Kamu juga bisa belajar untuk membaca artikel itu loh! Itu bakal ngebantu banget buat kamu mengenal berbagai kosakata dan cara pengucapannya

6. Ikutin kursus online

Cara selanjutnya adalah dengan mengikuti kursus online. Kursus bahasa Inggris online memiliki banyak kelebihan seperti salah satunya biaya yang lebih murah dibandingkan dengan kursus konvensional.

7. Pelajari basic bahasa Inggris

Cara pintar bahasa Inggris adalah kamu harus mempelajari basic kata-kata bahasa Inggris nih. Kamu bisa mulai dari belajar bahasa-bahasa yang digunakan sehari-sehari.

8. Rajin baca kamus juga salah satu cara pintar bahasa Inggris

Cara pintar bahasa Inggris selanjutnya adalah kamu harus rajin juga membaca kamus bahasa Inggris. Jadi, gak hanya literatur hiburan seperti artikel, novel, atau berita berbahasa Inggris. Kamu juga perlu membaca kamus bahasa Inggris. Cara cepat belajar bahasa inggris otodidak ini untuk menambah vocabulary (kosakata).

Ngomong-ngomong soal prospek kerja, ternyata menguasai bahasa Inggris bisa menguntungkan buat jalan karirmu makin cerah, loh. Soalnya, banyak perusahaan-perusahaan besar yang mulai memadukan budaya kerja dari tenaga kerja berbeda negara.

Nah, jangan sampai kamu ketinggalan untuk bisa berkomunikasi dan berkolaborasi dengan rekan kerjamu dari berbagai negara tadi ya! Kamu bisa belajar percakapan Inggris dengan lancar dan instan dengan ikutan kelas bahasa Inggris di goKampus.

Ikutan kelas Cakap di goKampus, kamu bisa mendapatkan diskon hingga Rp30 ribu untuk setiap pembelian kelas minimal Rp250 ribu menggunakan kode voucher GOCAKAP. Kodenya bisa kamu pakai lebih dari 1 kelas. Buruan upgrade bahasa Inggrismua mumpung diskon berlaku dengan klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *