Event

Tips Mengatasi Trust Issue Kepada Orang Lain

Pernah gak berpikir gini, “Kayaknya dia gak bakal balik deh kalo aku pinjemin uang ini!” Kalau urusan sensitif gini memang paling susah ya percaya sama orang lain. Gimana sih cara mengatasi trust issue? Di video goKampus kali ini, Sania Leonardo kasih tipsnya buat kamu. Tonton sekarang, yuk!

Belakangan ini, istilah trust issue memang sedang ramai dibicarakan. Trust issue sendiri merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan untuk meletakkan kepercayaannya kepada orang lain. Biasanya, sikap trust issue akan sangat terlihat ketika seseorang berada di dalam sebuah hubungan percintaan atau pertemanan.

Biasanya penyebab paling utama yang sering terjadi ketika seseorang mengalami trust issue adalah memiliki pengalaman disakiti atau dikhianati di masa lalu hingga sulit percaya dengan orang lain. Ada beberapa hal yang mesti kamu pelajari dulu nih untuk bisa membantu trust issue sama orang. Dilansir dari kumparan, ada 4 poin penting yang bisa membantu kamu membangun trust issue dengan orang lain, yaitu:

1. Pahami Konsep Percaya

Pertama-tama, kamu harus memahami apa itu konsep percaya. Tidak ada kepercayaan tanpa risiko di dalamnya. Saat kamu mulai percaya dengan orang lain, kamu juga harus siap akan risiko ke depannya.

Seperti halnya disakiti atau dikhianati. Kamu tidak bisa menghindari risiko tersebut, untuk itu kamu harus siap akan berbagai hal yang terjadi kedepannya.

2. Ada Kemauan untuk Belajar Percaya

Setelah kamu memahami apa itu konsep percaya, kamu juga perlu memiliki kemauan untuk belajar percaya kepada orang lain. Jika kamu terus menerus menahan dirimu untuk tidak percaya lagi kepada orang lain, maka kamu juga akan terjebak dalam ketidakpercayaan hingga jangka waktu yang lama.

Hal ini tentu akan menghambat kamu dalam membangun sebuah hubungan percintaan, pertemanan, dan pekerjaan.

Baca Juga: Kita Yang Jadi Toxic Friend? Harus Gimana?

3. Cari Teman untuk Membantu

Ketika dirimu merasa sulit untuk mengatasi trust issue, carilah teman untuk membantumu mengatasi hal ini. Carilah partner atau teman yang bisa membantu mulai belajar percaya kepada orang lain.

4. Belajar untuk Punya Batasan

Percaya kepada orang lain memang sulit. Untuk itu, saat kamu sedang mulai belajar untuk percaya kepada orang lain, kamu juga harus memiliki boundaries atau batasan yang sehat.

Penasaran gimana kelanjutannya? Pada 2 Oktober 2021 lalu, Sania Leonardo, Content Creator membahas seputar mental health dan toxic environment di GOEX nih! Isu mental health yang dikenal “serius” bisa dibawakan oleh Sania secara menyenangkan dan lebih mudah menyentuh khalayak Gen-Z. Yuk, simak videonya untuk cari tau jawabannya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *