Event

Kita Yang Jadi Toxic Friend? Harus Gimana?

Video kali ini, goKampus dan Sania Leonardo bahas bagaimana kita harus bersikap kalau ternyata kita yang jadi toxic friend. Waduh… jangan tersinggung nih! Biar gak salah paham, langsung tonton video penjelasan Sania Leonardo di bawah ini.

Katanya sih banyak teman itu banyak rejeki, mungkin memang pepatah ini tepat banget untuk zaman sekarang. Dengan banyak berteman, kita bisa mendapatkan banyak informasi yang kita butuhkan tentunya menjalin relasi yang bisa kita pergunakan di masa depan. Tapi.. pepatah ini biasanya juga langsung gugur kalau ternyata teman kamu adalah teman yang toxic. Toxic friend adalah istilah yang mengacu pada teman yang tidak mendukung dan memberikan kontribusi positif untuk hidup kita.

Mereka selalu membawa efek negatif dalam kehidupan. Mereka sering membuat kita stres dan makan hati, seolah menjadi racun yang merusak kebahagiaan dan kesehatan mental. Teman seperti ini harus dihindari karena tidak bermanfaat. Jika kamu memiliki toxic friend, segera menjauh dari mereka.

Tapi, apa yang terjadi kalau kita yang toxic ya? Banyak yang bilang, kalau kamu punya masalah dengan satu orang, mungkin bisa jadi orang itu yang salah. Namun, jika kamu punya masalah dengan lima orang, mungkin kamu yang salah. Perhatikan beberapa ciri-ciri ini, jika ini ada di kamu. Maka kamu harus cepat-cepat mengubahnya menjadi lebih baik ya.

1. Gak ada timbal balik

Hal ini yang paling menyebalkan di dunia. Kalau teman-temanmu selalu mendukung kamu, sedangkan kamu lebih tidak peduli. Sebaiknya kamu mulai memperbaiki sikapmu ya. Bisa jadi kamu merupakan orang yang toxic di pertemanan kamu.

2. Kamu buat mereka gak nyaman

Kamu harus melihat apakah selama kamu ngobrol bareng mereka atau berada di lingkungan itu, mereka memperlihatkan sikap yang gak nyaman? Jika iya, kamu perlu berkaca ulang dengan dirimu nih.

Baca Juga: Ini Tanda Bahaya Menjadi Seorang People Pleaser

3. Sering kasih kritik, tapi enggan di kritik

Kalau kamu merasa kamu sering memberikan kritik ke mereka tapi pada saat kamu dikritik kamu memberikan respon yang defensif. Hati-hati mungkin kamu adalah orang yang toxic. Dengan membiasakan dirimu yang seperti itu akan merugikan kamu sendiri loh. Kamu akan kesulitan untuk mendapatkan teman, atau bahkan kamu bisa sampai kehilangan teman.

Penasaran gimana kelanjutannya? Pada 2 Oktober 2021 lalu, Sania Leonardo, Content Creator membahas seputar mental health dan toxic environment di GOEX nih! Isu mental health yang dikenal “serius” bisa dibawakan oleh Sania secara menyenangkan dan lebih mudah menyentuh khalayak Gen-Z. Yuk, simak video buat cari tau jawabannya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *