Pertanyaan klasik: “Pilih universitas atau jurusan kuliah dulu ya?” ternyata masih menghantui lulusan SMA dan sederajatnya. Mereka bingung harus mendahulukan atau mementingkan yang mana, apakah universitas dulu, atau terpenting jurusan kuliah dulu. Kebingungan itu tentu saja juga didasari akan rasa takut dalam mengambil keputusan yang salah untuk masa depan.

Seperti diketahui bersama bahwa baik itu memilih kampus maupun program studi, bukanlah pekerjaan yang mudah. Tidak sedikit yang pada akhirnya menyesali keputusan yang sudah dibuat sedari awal sebelum berstatus sebagai mahasiswa.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah Pilih Jurusan Kuliah, Ini Tipsnya!

Penyesalan itu datang karena merasa keputusan memilih universitas dan jurusan kuliah yang sudah dijalani, tidak sesuai dengan minat dan bakat, serta kemampuan yang dimiliki. Rencana masa depan pun berubah.

Untuk itulah, penting memikirkan secara matang-matang dalam memilih pilihan yang tepat antara universitas dan program studi karena hal ini akan menentukan bagaimana kamu menjalani masa perkuliahan nanti.

Lantas, apa sebenarnya yang melatarbelakangi pertanyaan klasik: “Pilih universitas atau jurusan kuliah dulu ya?” masih juga menghantui para calon mahasiswa di era digital seperti sekarang ini?

Nama Universitas Jadi Primadona

Sebagian dari lulusan SMA dan sederajatnya, memilih untuk mementingkan universitas dibandingkan jurusan. Nama universitas masih jadi primadona bagi calon mahasiswa dalam merencanakan masa depan mereka.

Tidak sedikit yang lebih mengutamakan nama universitas dibandingkan jurusan kuliah itu sendiri. Tidak menjadi masalah pula apapun program studi yang akan dijalaninya, asal universitas yang jadi tempat mengenyam pendidikan merupakan yang terbaik.

Bagi mereka, nama universitas akan menjadi modal berharga untuk melamar kerja setelah lulus nanti. Dengan menjadi lulusan dari universitas terbaik, maka akan memperbesar peluang untuk diterima saat melamar kerja di perusahaan ternama pula.

Dan bagi mereka juga, apapun jurusan kuliah yang diterima, mereka akan menjalaninya secara sungguh-sungguh. Hal ini didasari dari keyakinan bahwa semua itu bisa dikuasai asalkan berusaha semaksimal mungkin dalam prosesnya.

Mereka yang mementingkan universitas tujuan daripada sekadar program studi semata, akan mencoba semua cara untuk memastikan diterima. Mulai dari SNMPTN, SBMPTN, hingga jalur seleksi Mandiri yang biasanya dilaksanakan oleh masing-masing perguruan tinggi.

Jurusan Kuliah Adalah Jati Diri

Tidak penting nama universitas, karena jurusan kuliah menggambarkan jati diri sendiri. Terasa percuma jika diterima di universitas ternama tapi tidak sesuai dengan program studi yang diinginkan.

Bagi mereka yang mementingkan jurusan kuliah, tentu didasari dengan pertimbangan rencana masa depan dari segi kemampuan serta minat dan bakat yang mereka miliki. Dengan begitu, mereka dapat mengembangkan segala potensi yang dimilikinya.

Dan bagi mereka, pada dasarnya, di mana pun tempat untuk belajar, tergantung pada diri sendiri. Jika bersungguh-sungguh, maka hasil tidak akan pernah mengkhianati prosesnya.

Universitas dan Jurusan Kuliah itu Satu Paket

Sejatinya, jawaban atas pertanyaan klasik tentang pilih universitas atau jurusan kuliah dulu adalah bahwa kedua hal tersebut saling berkaitan. Dengan kata lain, universitas dan jurusan kuliah itu satu paket.

Bukan permasalahan lebih mementingkan mana antara kampus atau program studi dulu, karena memang keduanya berkaitan satu sama lain. Terpenting adalah memilih keduanya dengan tepat.

Misalnya, kamu ingin kuliah di jurusan bisnis. Sebaiknya, pilih universitas yang menawarkan kualitas terbaik pada program studi tersebut. Sebaliknya juga demikian, jika kamu benar-benar ingin kuliah di universitas A, maka sebaiknya pilih jurusan terbaik di kampus tersebut.

Terpenting baik universitas maupun jurusan kuliah yang akan dipilih adalah diri sendiri. Tanyakan jauh di dalam lubuk hati kamu tentang apa yang sesungguhnya ingin kamu raih. Apa yang ingin kamu rencanakan untuk masa depan. Dan apa yang ingin orang lain mengenal siapa diri kamu.

Dan tahukah kamu? Cukup download aplikasi goKampus di App Store dan Google Play Store, kamu langsung bisa daftar kuliah! Ya benar, bisa daftar kuliah sambil rebahan dan di rumah aja. Bahkan, kamu bisa langsung diterima di kampus pilihan hanya dengan kirim rapor semester saja!

Selain daftar kuliah, melalui aplikasi goKampus, kamu juga berkesempatan untuk meraih beasiswa kuliah. Tak hanya itu, ada fitur lain seperti dana pendidikan, promo mahasiswa, magang, dan event kampus di dalam aplikasi goKampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like