business development
Tips Belajar

Mengenal Business Development, Harus Punya Kualifikasi Apa Saja?

Kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mudah berinteraksi dengan orang baru? Namun ketertarikanmu pada bidang bisnis? Mungkin business development bisa menjadi pilihan pekerjaan bagimu. Terlebih posisi ini sekarang banyak peminatnya dan menjadi incaran berbagai perusahaan.

Business development sendiri merupakan proses menciptakan nilai jangka panjang dari suatu perusahaan melalui pengembangan relasi bisnis, pasar, dan pelanggan. Nilai jangka panjang ini berhubungan dengan image perusahaan dan prestasi dari berbagai sisi dari suatu perusahaan, termasuk penghasilan perusahaan tersebut.

Perbedaan Business Development Dan Sales

Business Development memiliki tanggung jawab untuk membuat strategi pengembangan bisnis. Bisa dengan menciptakan pasar baru, mengubah target market, memperluas jangkauan pelanggan, hingga membangun relasi dengan sponsor atau klien yang sejalan dengan tujuan dari target pasar perusahaan tersebut. Semuanya bertujuan untuk jangka panjang.

Sementara itu, sales tujuannya meningkatkan keuntungan perusahaan secara jangka pendek. Untuk itu, sales lebih fokus pada kontrak kerja sama, pembelian atau penjualan dengan demonstrasi produk, hingga menindaklanjuti pembeli potensial untuk produk yang dikeluarkan perusahaan.

Namun dalam praktiknya, business development dan sales ini saling berkaitan pekerjaannya. Dengan tujuan yang sama-sama mengupayakan memperoleh keuntungan bagi perusahaan, dua posisi ini bisa bertukar strategi untuk mencapai target perusahaan, sehingga perkembangan yang diharapkan bisa tercapai lebih optimal.

Fungsinya Apa Saja Di Perusahaan?

Dalam menjalankan sebuah bisnis, perusahaan tentu membutuhkan pengembangan yang berkelanjutan untuk menghadapai tantangan di dunia bisnis. Keberadaan business development menjadi penting di sini untuk membantu pengembangan perusahaan tersebut ke arah yang lebih baik dan lebih meraup untung.

Untuk pengembangan bisnis ini, perlu adanya riset pasar, pengembangan dan memelihara hubungan dengan klien potensial baru, serta mendeteksi dan menciptakan peluang bisnis potensial. Business Development pun harus andal dalam berkomunikasi dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam membuat strategi bisnis perusahaan.

Apabila seorang business development gak dapat membuat strategi yang mampu membuat perusahaan berkembang atau bertahan melalui tantangan dan rintangan di dunia bisnis, maka perusahaan akan sulit melalui tantangan dan kendala yang ada. Dengan demikian, business development juga harus terampil dalam melakukan analisis mendalam untuk pengembangan perusahaan.

Kualifikasinya Apa Saja Sih?

Untuk menjadi seorang business development membutuhkan kualifikasi pendidikan tertentu. Namun, gak ada spesifikasi yang detail mengenai jurusan business development ini. Jadi kamu gak perlu khawatir, sebab peran business development ini sebenarnya bisa oleh orang-orang yang berasal dari latar belakang pendidikan:

  1. Ilmu Ekonomi
  2. Ekonomi Bisnis
  3. Akuntansi
  4. Teknik Industri
  5. Manajemen
  6. Ilmu Komunikasi

Malahan untuk mereka yang berasal dari jurusan lain yang gak berkaitan dengan ekonomi atau bisnis juga tetap bisa kok. Selama kamu memiliki sejumlah skills yang berguna dalam menjalankan tugas sebagai seorang business development, pasti bisa masuk pertimbangan juga. 

Apa saja skill yang dimaksud? Setidaknya ada 7 skill utama yang harus menonjol sebagai berikut.

1. Komunikasi

Skill komunikasi adalah hal wajib untuk menjadi seorang BD. Pasalnya kamu nantinya harus berkomunikasi dengan banyak kalangan, tidak hanya internal perusahaan tapi juga eksternal perusahaan. 

Mulai dari calon pelanggan, klien, tim, atau juga presentasi di depan kolega dan petinggi perusahaan. 

2. Marketing

Ketika bekerja menjadi business development kamu akan kerja bareng tim sales dan tim marketing. Hal ini guna mempromosikan brand perusahaan kepada target pasar. Untuk itu, mengetahui dasar-dasar marketing juga skill yang diperlukan.

3. Negosiasi

Dalam pekerjaannya, seorang business development akan sering bernegosiasi dengan klien atau juga calon klien dalam rangka membangun kerja sama. Negosiasi juga bukan hal yang mudah, karena jika salah justru akan merugikan perusahaan dan merusak citra. Akan jadi nilai plus tersendiri bila kamu mempunyai keahlian dalam bernegosiasi. 

4. Mampu Menganalisis

Seorang business development harus mampu menganalisis dan riset pola bisnis. Ini dapat dilakukan dengan melihat data pertumbuhan penjualan per bulan, data investor, data klien, sampai juga data dari kompetitor.

Dari analisis data tersebut, kamu harus bisa mempresentasikannya kepada petinggi perusahaan sebagai tolok ukur gimana perkembangan bisnis yang sedang berjalan.

5. Berwawasan Luas

Wawasan luas menjadi kunci seorang BD, mereka harus menganalisis tren dan membuat strategi pengembangan bisnis. Ada tuntutan di mana kamu mampu melihat posisi kompetitor dan strategi yang paling sesuai untuk membuat perusahaan kamu lebih unggul. 

6. Mampu Beradaptasi 

Kamu juga harus mampu menyesuaikan secara cepat kondisi bisnis. Selain itu, kamu harus sigap merancang kembali strategi dan taktik dengan melihat tren di pasaran. 

7. Financial Management

Sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap pengembangan bisnis, sudah pasti kamu juga harus melakukan financial management dengan tepat. Bagaimana mengalokasikan dana untuk setiap strategi agar bisa berjalan dan berkembang. Biaya apa saja yang perlu dikeluarkan dan disesuaikan, ini membutuhkan skill.

Tentunya masih banyak skill dan kemampuan lain dari seorang business development. Sekarang tinggal gimana kamu memanfaatkan waktu yang ada untuk selalu belajar dan meningkatkan skill.

Tips untuk kamu, rajin mengikuti kursus atau kelas profesional online untuk menaikkan image positif dirimu di hadapan rekrutmen. Misalnya dengan ikutan kelas Managing Business Strategy. goKampus saat ini sedang bekerja sama dengan kampus terbaik Singapura, Nanyang Technological University (NTU), menggelar kelas profesional bergengsi bertaraf internasional. Di sini, kamu bisa menambah skill dan knowledge dari para profesor kelas dunia dan mendapatkan sertifikat berlisensi NTU. Bergengsi banget nih! Info lengkap dan pendaftaran langsung klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *